Cara Membasmi Wereng

Budidaya tanaman padi tidak akan terlepas dari ancaman hama wereng. Hewan penganggu ini hingga di daun sekaligus menyebarkan virus. Akibatnya padi bisa terinfeksi penyakit tungro bahkan terancam gagal panen. Bila padi sudah dihinggapi virus maka daun menjadi bengkok dan tidak tumbuh normal. Untuk mencegah serangan hama ini, simak cara membasmi wereng berikut ini.

Antisipasi Kerusakan Padi dengan Cara Alami

1. Aplikasikan Mina Padi

Mina padi merupakan istilah pertanian, gabungan dari budidaya ikan dan tanaman padi. Maksudnya petani memanfaatkan genangan air sawah yang ditanami padi untuk kolam ikan. Biasanya ikan yang diternakkan adalah jenis nila merah, sehingga membuat lahan pertanian menjadi lebih produktif. Selain itu, mina padi dapat mengatasi masalah hama tikus dan wereng.

Mina padi ini membuat sawah terendam air dengan ketinggian 60 cm, dan 80 cm di sudut sawah. Adanya genangan air memungkinkan hama wereng masuk ke dalam air, lalu menjadi santapan nila merah. Untuk mencegah ikan menarik perhatian burung pemangsa, petani perlu menutupi area sawah dengan paranet. Cara membasmi wereng ini terbilang aman dan tak merusak padi.

2. Beri Jarak Tanam

Meskipun tampak sepele ternyata penting memberikan jarak antar padi. Tujuannya untuk mencegah hama wereng menyebar ke tanaman lainnya. Lebar jarak kira-kira 5-7 cm setiap padi, agar daunnya tidak merunduk ke daun padi lain. Dengan begitu, wereng hanya berkumpul di satu tempat saja. Apabila ada kerusakan cukup satu atau dua padi, jadi tidak semuanya terkena hama.

3. Gunakan Bawang Putih

Siapa sangka salah satu bahan dapur ini mempunyai banyak khasiat. Selain membuat masakan semakin sedap, ternyata bawang putih ampuh mengusir wereng. Hal ini karena aroma bawang putih yang menyengat, sehingga tidak disukai oleh hama perusak padi ini. Cara membasmi wereng dengan menggantungkan bawang putih di kayu kecil dan dililit dengan benang.

4. Pakai Larutan Ekstrak Daun Sirsak

Bukan hanya bawang putih, daun sirsak juga bermanfaat untuk membasmi hama yang merugikan. Terutama wereng yang selama ini meresahkan hasil panen para petani. Tidak sulit untuk membuatnya, cukup beberapa lembar daun sirsak sesuai kebutuhan. Kemudian tumbuk dengan sedikit air, hasil tumbukan masuk ke dalam botol semprot berisi air.

Setelah dirasa cukup, anda tinggal menyemprotkan larutan tersebut ke padi. Tepat di bagian daun dimana koloni hama wereng berada. Cara ini lumayan efektif karena biasanya wereng langsung berjatuhan. Lakukan semprot larutan daun sirsak secara rutin, untuk mencegah hewan ini berkembang biak.

5. Manfaatkan Musuh Alami

Salah satu cara membasmi wereng ini sangat aman untuk kesuburan tanaman padi. Anda bisa memanfaatkan capung, kumbang, atau kepik yang menjadi musuh alami wereng. Ukuran tubuh yang jauh lebih besar membuat beberapa hewan tersebut mudah untuk memakan hama ini.

6. Gunakan Jamur Beauveria

Jamur Beauveria mampu mengusir hama wereng secara efektif tanpa melukai tanaman. Cara kerjanya ialah jamur menginfeksi hewan pengganggu ini, lalu membunuh wereng secara perlahan. Memang prosesnya tidak cepat namun mampu membuat hewan ini tidak kembali lagi.

Keberadaan hama wereng sangat mengganggu hasli panen dari tanaman padi. Pasalnya hewan ini memakan daun sehingga tanaman padinya berlubang. Apabila dibiarkan tanpa penanganan membuat petani terancam gagal panen. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mengandalkan FUMIDA, selaku jasa pembasmi hama. Tidak hanya wereng, bahkan tikus hingga rayap dan penyemprotan disinfektan.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123