fbpx
membasmi hama rayap

Membasmi Hama Rayap yang Mengganggu

Hama rayap adalah suatu hama yang membuat kerusakan pada beberapa perkakas yang terbuat dari kayu. Rayap sering membuat memakan sebagian atau bahkan semua bagian dari perkakas tersebut. Serangan rayap biasanya dimulai dari bagian dalam perkakas, hingga meninggalkan bagian tipis dari kayu yang dilapisi cat. Ada beberapa ciri-ciri jika rumah Anda telah terkena serangan rayap, berikut penjelasannya.

 

Serangan Hama Rayap Pada Perkakas Rumah

 

  1. Jenis perkakas yang menjadi sasaran

Hama rayap, adalah hama yang sering memakan perkakas yang terbuat dari material kayu. Hama ini sering menyerang perkakas seperti pintu, kusen jendela, meja, lemari pakaian, dan perkakas lain yang terbuat dari kayu. Serangan hama ini tidak begitu terlihat, sebab hama ini menyerang dari bagian dalam dan hanya menyisakan bagian luar dari perkakas tersebut.

 

  1. Tempat hidup hama rayap

Hama rayap biasanya tinggal di tempat-tempat gelap, yang terhalang oleh sinar matahari. Tempat-tempat ini bisanya sangat jarang bahkan tidak pernah terkena sinar matahari secara langsung. Tempat ini bisa berupa gudang, tumpukan kayu yang tidak digunakan, dan tempat-tempat lain yang gelap. Tempat hidup hama ini merupakan tempat yang gelap dan biasanya berada di sudut-sudut bagian rumah yang jarang disentuh oleh Anda.

 

  1. Mengenali gejala serangan hama rayap

Kadang serangan hama ini tidak kita ketahui secara pasti. Serangan rayap terjadi begitu tiba-tiba dan tidak ada gejala yang bisa dilihat secara langsung. Hama rayap menyerang dengan tiba-tiba dan selalu menimbulkan kerusakan parah pada beberapa perkakas rumah Anda.

Rayap biasa menyerang pada bagian perkakas terlebih dahulu, selain itu rayap juga selalu menyerang perkakas yang tidak terkena sinar matahari. Dari hal tersebut kita bisa mengenali gejala serangan dari hama ini dengan memeriksa seluruh perabotan yang terbuat dari kayu dengan menyentuh bagian luar. Anda bisa menekan bagian luar kayu, ketika bagian ini terasa lunak atau hancur, berarti hama tersebut sudah menyerang bagian dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa memeriksa perkakas-perkakas yang jarang terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu, hama ini terkadang meninggalkan kotoran berupa butiran seperti pasir berwarna coklat.

  1. Penanganan pada hama rayap

Setelah Anda yakin bahwa rumah terkena serangan rayap, maka segera lakukan tindakan untuk membasmi hama tersebut. Anda bisa melakukan penanganan pertama dengan menyingkirkan perkakas yang telah terkena serangan rayap. Setelah itu, Anda harus tahu di mana rayap-rayap itu bersarang dan berkembang bayak. Anda bisa membasmi dengan menggunakan solar atau sejenisnya. Hal ini efektif untuk penanganan sementara dari rayap-rayap yang telah merusak sebagian besar perabotan Anda.

***

Hama rayap merupakan hama yang mengganggu bagi sebagian besar orang. Hama ini bisa sangat berbahaya karena aktivitasnya yang merusak perabotan rumah tangga dari bahan kayu. Hal ini menjadi sangat berbahaya, karena ketika barang-barang yang menggunakan material kayu itu rusak, akan sangat membahayakan bagi Anda dan keluarga. Selain itu serangan rayap juga sangat merugikan Anda dalam hal ekonomi, sebab barang-barang yang rusak harus diganti dengan yang baru. Segala cara pemusnahan, mungkin tidak terlalu efektif untuk dilakukan, sebab hama tersebut akan kembali setiap saat. Maka dari itu Anda perlu jasa ahli untuk membasmi hama tersebut agar tidak kembali lagi. Anda bisa meminta tolong pada jasa anti rayap fumida untuk membasmi hama tersebut, sampai habis.

cara mengusir rayap

Cara Mengusir Rayap Secara Efektif yang Perlu Anda Coba di Rumah

Hingga kini cara mengusir rayap di rumah ataupun di lingkungan sekitar telah dilakukan. Rayap menjadi hewan yang sulit ditemukan keberadaannya, karena hidup di dalam tanah dan selalu berpindah-pindah sesuai dengan makanan yang dibutuhkan. Ada banyak cara agar rayap bisa dikendalikan habitatnya serta dibasmi keberadaannya. Rayap merupakan serangga yang menyukai kayu dan tanah sebagai makanannya. Rayap juga hidup berkoloni dan mengemban tugasnya masing-masing. jumlah rayap sangat banyak, maka dari itu jika rayap tidak dibasmi, bisa merusak segala jenis peralatan yang telah dibangun di atas tanah bumi ini, termasuk pepohonan sendiri.

 

Cara Mengusir Rayap Secara Efektif

Ada beberapa cara mengusir rayap secara efektif dan rayap tidak kembali lagi membentuk koloni. Cara tersebut dilakukan bisa secara fisiologis maupun secara kimiawi. Berikut ini beberapa caranya yang bisa Anda lakukan.

 

  1. Membuat Jebakan Kardus

Cara mengusir rayap yang perlu Anda lakukan sebelum membasmi rayap secara menyeluruh. Rayap menyukai barang berbahan kertas atau kayu. Anda bisa melakukannya dengan membuat jebakan kardus. Jadi caranya Anda bisa membasahi kardus dan simpan kardus di tempat yang menjadi tAnda-tAnda ada sarang rayap. Jika memang ada sarang rayap di bawah tanah tersebut, maka rayap akan terpancing dan pindah ke kardus yang basah tersebut.

 

  1. Turunkan Suhu Ruangan

Cara yang kedua adalah dengan membuat suhu ruangan lebih rendah, sehingga udara menjadi dingin dan lembab. Dengan cara ini dapat memancing rayap untuk keluar dari sarangnya. Karena justru dengan suhu yang dingin dan lembab ini, ternyata rayap tidak menyukainya. Karena suhu badan rayap akan kaget menerima suhu di luar ruangan yang tiba-tiba dingin sehingga menimbulkan metabolisme rayap menjadi terganggu. Agar suhu bisa dingin, letakkan kayu atau benda yang dicurigai menjadi rumah rayap, kemudian hidupkan AC dengan suhu yang paling dingin, sesaat rayap akan keluar dan Anda bisa membasminya.

 

  1. Siram Dengan Air Sabun

Sabun merupakan bahan kimia yang bisa menjadi racun bagi beberapa hewan, khususnya rayap. Cairan ini dapat mengganggu aliran pernapasan rayap, sehingga rayap bisa cepat mati. Untuk penggunaannya, Anda bisa langsung menyemprotkan air sabun tersebut ke seluruh perabotan kayu yang ada di rumah.

 

  1. Pakai Dengan Cacing Nematoda

Cacing nematoda adalah salah satu cara mengusir rayap yang paling ampuh. Dengan bantuan cacing tersebut, semua rayap yang hidup bersarang di suatu tempat sampai induknya dapat keluar semua dari sarangnya tanpa tersisa satupun. Cara ini lebih mudah, sehingga rayap bisa segera Anda basmi.

  1. Memakai Asam Borat

Cara yang kelima adalah dengan memberi asam borat. Bahan kimia ini terbukti efektif bisa membunuh rayap. Cara menggunakannya Anda hanya langsung menyemprotkannya ke seluruh barang perabotan yang rentan diserang rayap. Untuk mendapat hasil yang maksimal, ulangi penyemprotan beberapa kali agar rayap benar-benar phopia dengan perabotan Anda.

 

  1. Jemur Perabotan Secara Rutin

Cara yang paling mudah untuk menghindari serangan dari rayap adalah dengan menjemur perabotan dan peralatan lain yang rentan diserang oleh rayap. Cara ini merupakan cara yang paling ringan dan paling mudah Anda lakukan.

***

Nah, itulah tadi cara mengusir rayap paling efektif yang bisa Anda coba. Selain tidak menguras tenaga juga tidak rumit caranya. Jika cara tersebut membuat Anda kurang praktis, Anda bisa menggunakan jasa anti rayap Fumida. Dengan jasa tersebut, Anda bisa memusnahkan rayap sampai tuntas.

klasifikasi rayap

Klasifikasi Rayap yang Perlu Anda Ketahui

Klasifikasi rayap dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan kebiasaan mereka yang suka memakan apa atau berdasarkan tempat tinggalnya juga. Rayap dominan bersarang di dalam tanah dan pada keadaan tertentu mereka juga dapat memakan kayu perabotan dan kerangka bangunan rumah Anda. Hewan ini masih memiliki keluarga dengan semut. Maka tak heran jika ada rayap yang bisa sebesar semut. Hewan tersebut juga bisa tumbuh hingga memiliki sayap, namun rayap yang hidup sampai  memiliki sayap akan menjadi laron.

 

Klasifikasi Rayap yang Perlu Anda Ketahui

Klasifikasi rayap bisa dibedakan menjadi beberapa berdasarkan makanan, tingkatannya serta berdasarkan golongannya. Berikut ini klasifikasinya yang perlu Anda ketahui lebih detail tentang rayap agar Anda tidak salah memilih jasa anti rayap saat membasmi mereka.

 

  1. Berdasarkan Tingkatan

Rayap dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu rayap tingkat rendah dan rayap tingkat tinggi. Rayap tingkat rendah memiliki protozoa pada perut untuk membantu mencerna partikel kayu dan tanah. Rayap tingkat rendah ini masih mudah untuk dibasmi dan tidak terlalu berbahaya. Sedangkan pada rayap tingkat tinggi tidak memiliki protozoa pada perutnya namun memiliki bakteri. Rayap jenis ini sangat berbahaya karena bisa memakan segala apa yang di depannya dan yang menjadi sasaran.

 

  1. Berdasarkan Makanan

Rayap bisa juga dibedakan berdasarkan makanannya. Ada rayap yang memakan kayu mati dan rumput. Jenis rayap ini memiliki usus sederhana karena makanan yang dimakan juga masih sederhana. Kemudian ada juga rayap yang bisa memakan rumput, seresah daun dan kayu atau mikroepifit. Rayap jenis ini cenderung memiliki usus yang kompleks.

Selain itu, ada pula rayap yang menyukai humus atau bahan makanan yang mengandung mineral tinggi, seperti tanah. Dan yang terakhir adalah rayap yang suka makan tanah yang mengandung banyak silika dengan bahan organik rendah.

 

  1. Berdasarkan Golongan

Berdasarkan golongan klasifikasi rayap dibedakan menjadi lima, yaitu rayap pohon, rayap kayu lembab, rayap kayu kering, rayap subteran dan rayap tanah.  Jenis rayap pohon dapat menyerang pohon yang masih hidup dan bersarang di dalam pohon yang menjadi inangnya dan serta hidupnya memilih untuk jauh dari tanah. Sedangkan rayap kayu lembab menyerang kayu yang sudah mati dan lembab. Mereka bersarang di dalam kayu tersebut.

Selain itu, ada rayap kayu kering, yang mana klasifikasi rayap ini terdapat di rumah-rumah. Mereka mampu memakan perabotan meja, kursi yang sudah dicat atau diberi tinner.  Kemudian untuk rayap subteran ini hidup di dalam tanah yang banyak mengandung bahan kayu yang membusuk. Jenis rayap yang terakhir adalah rayap tanah yang suka bersarang di dalam tanah dan memakan bahan-bahan yang berasal dari tanah dengan kandungan mineral tinggi.

***

Nah, itulah tadi beberapa klasifikasi rayap yang perlu Anda ketahui. Walaupun dari segi tingkatan, golongan ataupun makanan yang sering di makan, rayap tentu wajib untuk dibasmi. Karena jika rayap sedang dalam keadaan genting meskipun bukan makanan kesukaannya atau tempat tinggal yang biasanya, jika sudah tidak memiliki pilihan lain untuk bertahan hidup mereka bisa berpindah alih memakan apa yang ada saja tidak pandang bulu. Maka dari itu mereka adalah jenis rayap yang sangat berbahaya. Maka dari itu, rayap tersebut harus dibasmi dengan bantuan jasa anti rayap Fumida. Segera basmi rayap yang selalu mengganggu Anda di rumah dan lingkungan sekitar. Kenyamanan bisa terlihat jika tidak ada hama yang berkeliaran.

hama rayap

Faktor yang Mempengaruhi Berkembangnya Hama Rayap

Hama rayap adalah salah satu hama yang mengganggu pertumbuhan tanaman. Hewan ini merupakan serangga yang hidup berkelompok dan termasuk anggota infraordo isoptera bagian dari ordo blattodea atau kecoa. Rayap ini bersarang di kayu dan memakannya. Selain itu rayap juga suka memakan tanah yang mengandung karbohidrat, mikroorganisme dan mineral serta polyphenolic. Sebagian besar mereka mengonsumsi tanah sebagai makanan utamanya. Tak heran jika hewan ini merugikan manusia dan bisa merambah ke perekonomian rakyat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi berkembangnya rayap yang perlu Anda ketahui dan perlu Anda pahami.

 

Faktor yang Mempengaruhi  Berkembangnya Hama Rayap

Rayap banyak memakan batang, akar, dan pelepah daun yang mati atau pun yang masih hidup. Mereka dapat memakan dan merusak semua yang ada di hadapannya. Lahan yang sering berisiko terinfeksi hama rayap adalah lahan gambut. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hewan ini dapat berkembang biak di sekitar Anda. Seperti faktor tanah, faktor vegetasi dan faktor lingkungan juga mempengaruhi.

 

  1. Tanah

Tanah menjadi salah satu tempat yang disukai oleh rayap. Karena tanah banyak mengandung mineral yang dibutuhkan oleh rayap. Rayap yang hidup di tanah disebut dengan rayap tanah. Rayap yang hidup di tanah justru sangat berbahaya, karena mampu memakan seluruh bahan yang menempel di bumi. Seperti memakan kayu, material bangunan dan bisa menggali terowongan yang lebar pada bangunan di dunia. Mereka sangat menyukai kelembapan pada tanah, sehingga rayap ini cukup kuat. Jadi agar rayap tidak bisa bergantung hidup dengan tanah, mintalah jasa anti rayap Fumida untuk mengurusi permasalahan rayap di sekitar Anda.

 

  1. Vegetasi

Vegetasi lebih dikenal sebagai keseluruhan komunitas suatu makhluk hidup pada tempat tertentu. Vegetasi juga bisa disebut juga dengan seluruh lingkungan beserta pelengkapnya yang bisa menjangkau tumbuh kembangnya suatu makhluk hidup. Hama rayap juga dipengaruhi vegetasi di sekitarnya.

Hama ini jika vegetasinya mendukung, mereka dapat bertahan hidup dan saling melengkapi. Misalnya cacing tanah, atau jenis hewan lain. Rayap mampu memanfaatkan cacing untuk menggemburkan tanah agar bisa menjadi makanan rayap, karena banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan rayap. Jasa anti rayap Fumida bisa membantu merusak dan memusnahkan vegetasi rayap di lingkungan Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir.

  1. Lingkungan

Hama rayap cukup menjadi topik tranding di dunia pertanian maupun pertukangan. Pasalnya rayap ini menyukai lingkungan yang lembab dan terus mencari tempat yang nyaman bagi mereka untuk dimakan. Rayap dan koloninya membuat sarangnya di segala tempat yang terdapat sumber air.

Mereka membuat tabung dari lumpur untuk bergerak ke dasar tanah dan mencari sasaran bangunan untuk dimakan. Tabung lumpur ini juga berfungsi sebagai penjaga lingkungan tempat tinggal rayap agar selalu lembab. Selain itu untuk melindungi mereka dari serangan mangsa. Mereka bisa membuat tabung lumpur tersebut dari campuran tanah, kayu, kotoran dan air liur mereka. asalkan Anda meminta bantuan jasa anti rayap Fumida, lingkungan yang bisa untuk berkembang rayap bisa dibasmi.

***

Nah, itulah tadi beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangbiakan hama rayap di sekitar Anda. Hama tersebut dapat hidup dengan ketiga faktor tersebut. Semakin kita tidak memperhatikan faktor yang bisa membuat mereka berkembangbiak, maka tak heran jika bangunan dan perabotan Anda di rumah dimakan oleh rayap. Jadi untuk Anda yang mengkhawatirkan hal tersebut segera hubungi jasa anti rayap Fumida. Atas jasa mereka, semua permasalahan tentang perkembangbiakan rayap bisa terselesaikan.

jenis rayap

Jenis Rayap yang Perlu Anda Ketahui dan Waspadai

Rayap termasuk jenis hewan yang bisa menyebabkan banyak kerugian bagi manusia. Hal ini dikarenakan hewan tersebut bisa merusak apapun yang dimiliki manusia. Misalnya saja aset berharga seperti dokumen penting perusahaan ataupun berbagai perabot yang terbuat dari kayu. Tak heran banyak cara dilakukan untuk membasmi hewan perusak ini. Namun, kurangnya informasi mengenasi jenis dan cara pencegahannya menjadikan manusia seringkali tidak menyadari keberadaan species hewan tersebut. Ada beberapa jenis rayap yang harus Anda waspadai untuk mencegah kerusakan yang ditimbulkan hewan tersebut.

 

Inilah Jenis Rayap yang Harus Anda Ketahui untuk Mengantisipasinya

Meski memiliki beberapa jenis, hewan ini tetap menyebabkan kerusakan. Hal itulah mengapa rayap harus dibasmi dan diwaspadai. Sehingga Anda harus mengetahui jenis rayap agar bisa mengantisipasi terjadinya kerusakan yang disebabkan oleh hewan perusak ini. Berikut adalah beberapa jenis rayap yang merugikan:

 

  1. Rayap tanah

Jenis rayap ini yang paling sering dijumpai di setiap rumah. Biasanya mereka mencari tempat yang lembab dan dekat dengan tanah. Hal itu dikarenakan tanah memiliki kelembaban yang cukup untuk bertahan hidup. Rayap ini akan membuat lubang ataupun sejenis terowongan yang akan menjadi akses jalan untuk masuk ke bangunan rumah ataupun kantor Anda. Hal inilah yang menyebabkan rayap bisa merusak dokumen ataupun pondasi rumah tanpa Anda sadari. Namun hal ini bisa Anda cegah dengan menjauhkan barang berharga dari terkena tanah ataupun rutin membersihkannya untuk menghindari hal yang menyebabkan adanya rayap tersebut.

 

  1. Rayap kayu basah

Untuk jenis rayap yang kedua ini lebih mudah untuk terdeteksi oleh manusia. Hal ini dikarenakan mereka hidup di kayu yang basah yang terletak diluar rumah. Misalnya saja pohon ataupun bangku taman yang terkena air hujan secara terus menerus. Rayap ini sangat senang tinggal di tempat yang memiliki kelembaban yang tinggi. Hal ini dikarenakan jenis ini bertahan hidup dengan air yang terkandung dari kayu tersebut. Namun adanya rayap ini bisa Anda cegah dengan menjaga perabotan yang terbuat dari kayu tetap kering dan tidak terkena air. Anda bisa menggunakan plastik untuk menutupi perabotan yang rawan terkena air hujan cari genteng yang bocor.

 

  1. Rayap kayu kering

Jenis rayap yang ketiga ini adalah yang harus Anda waspadai. Hal itu dikarenakan jenis ini tidak mudah untuk terdeteksi karena hidup dengan koloni yang relatif sedikit. Selain itu hewan ini tidak memerlukan tanah sebagai perantara untuk bertahan hidup. Jenis ini lebih cenderung memilih tempat yang kering dan tidak lembab. Misalnya seperti di dalam lemari ataupun diantara tumpukan kertas yang jarang dibuka. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan rutin membersihkan arsip yang telah lama tersimpan. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah mendeteksi keberadaan hewan ini.  Sehingga arsip akan terselamatkan dari kerusakan yang diakibatkan terkikis oleh rayap.

***

Itulah beberapa jenis rayap yang harus Anda ketahui untuk dapat mencegah kerugian yang terjadi. Selain itu kenali juga tanda adanya rayap yang hidup di dalam rumah maupun lingkungan sekitar rumah. Hal ini dikarenakan untuk jenis tertentu Anda harus lebih teliti untuk mendeteksi keberadaannya. Namun Anda tak perlu khawatir dengan masalah tersebut. Saat ini  jasa anti rayap fumida hadir untuk memberikan solusi yang tepat untuk Anda. Rumah ataupun bangunan kantor akan bersih tanpa adanya rayap yang mengganggu. Dengan begitu, tak ada kerusakan bahkan kerugian lagi yang disebabkan hewan ini.

 

jasa pembasmi rayap

Tips Memilih Jasa Pembasmi Rayap yang Terpercaya

Tips Memilih Jasa Pembasmi Rayap yang Terpercaya

Saat ini banyak jasa pembasmi rayap yang tersedia untuk membasmi hewan perusak ini. Hal ini dikarenakan semakin banyak yang menyadari kerugian yang ditimbulkan oleh rayap. Dimulai dari rusaknya dokumen penting hingga terkikisnya bangunan rumah. Hal itu menyebabkan semakin banyak juga orang yang mencari jasa semacam ini untuk membantu membasmi hewan perusak ini. Namun disamping itu semua Anda juga harus tetap memperhatikan tips dalam memilih jasa tersebut agar tak merasa dirugikan di kemudian hari.

 

Inilah Tips yang Harus Anda Coba Ketika Akan Memilih Jasa Pembasmi Rayap

Tips yang tepat tentu saja akan membantu Anda menyelesaikan permasalahan tersebut. Selain itu Anda juga tidak akan merasa dirugikan di kemudian hari. Oleh karena itu, tips berikut bisa dijadikan pedoman untuk memilih jasa pembasmi rayap yang tepat dan terpercaya. Berikut tips yang bisa Anda coba adalah:

 

  1. Pengalaman yang dimiliki perusahaan jasa

Tips yang pertama adalah melihat pengalaman yang perusahaan jasa tersebut. Hal ini dikarenakan semakin lama perusahaan ini berdiri maka akan semakin kompeten dan terpercaya. Selain itu perusahaan tersebut juga memiliki banyak solusi untuk mengatasi masalah yang tak terduga.

 

  1. Lihat profil perusahaan

Tips memilih jasa pembasmi rayap yang kedua ini sangat penting untuk dilakukan. Sebaiknya Anda bisa memastikan profil perusahaan jasa tersebut terpercaya dan bisa diandalkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal yang diinginkan terjadi.

 

  1. Testimoni dari pelanggan yang memakai jasa tersebut

Biasanya setelah menggunakan jasa pelanggan akan memberikan testimoni kepada perusahaan tersebut. Sebaiknya Anda melihat hal tersebut untuk memastikan perusahaan tersebut tidak memiliki riwayat terkena masalah apapun. Jasa pembasmi rayap yang terpercaya tentu saja akan memiliki testimoni yang baik dan memuaskan dari setiap pelanggannya.

 

  1. Biaya yang diperlukan

Hal ini kerapkali disepelekan oleh setiap orang ketika memilih jasa pembasmi rayap. Pilihlah jasa yang mengenakan biaya tidak terlalu mahal. Hal ini dikarenakan untuk menghindari pengeluaran yang banyak untuk masalah tersebut. Carilah jasa yang mengenakan biaya terjangkau namun terpercaya.

 

  1. Melihat garansi yang diberikan

untuk tips yang terakhir adalah carilah perusahaan yang memberikan garansi kepada pelanggannya. Hal ini dikarenakan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya saja hasil yang diterima pelanggan kurang memuaskan. Hal tersebut bisa membuat pelanggan mengajukan kritik dan perusahaan masih menanggung kerugian yang diterima oleh setiap pelanggannya.

 

  1. Memiliki keahlian di bidang tersebut

Banyaknya perusahaan baru yang bermunculan membuat Anda harus memastikan tentang keahlian yang dimiliki. Hal ini dikarenakan perusahaan jasa yang baru didirikan belum memiliki keahlian yang memadai dan memiliki berbagai solusi dari permasalahan di bidang tersebut. Oleh karena itu Anda harus lebih teliti dalam memastikan keahlian yang dimiliki perusahaan jasa tersebut untuk menghindari masalah yang timbul di kemudian hari.

***

Beberapa tips diatas bisa Anda praktekkan ketika akan memilih jasa pembasmi rayap. Selain permasalahan rayap yang teratasi, Anda juga tidak akan merasa dirugikan. Hal ini tetaplah penting untuk Anda perhatikan demi menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi. Untuk jasa semacam ini telah hadir jasa anti rayap fumida yang memberi solusi mengatasi rayap di kantor maupun rumah Anda. Selain terpercaya, perusahaan ini juga memberikan hasil yang memuaskan. Sehingga Anda tak perlu lagi khawatir akan salah dalam memilih perusahaan jasa tersebut.

Cara Mengusir Cicak dalam Islam

Cara Mengusir Cicak dalam Islam Secara Alami dan Doa

Sunah, itulah hukum cara mengusir cicak dalam islam. Artinya, ketika hal ini dilakukan kita akan mendapatkan pahala. Kalau tidak, kita tidak akan berdosa. Ada banyak hadits yang mendukung hukum pengusiran bahkan pembasmian cecak di dalam rumah ini.

Di antaranya yang menceritakan tentang hewan cecak yang ikut meniup api ketika Nabi Ibrahim AS sedang dibakar. Saat peristiwa pembakaran itu, ada dua hewan utama yang terlibat, yaitu cecak dan semut.

Cecak menjadi hewan yang berada di kubu pembakar. Sementara semut berada di kubu Nabi Ibrahim AS. Dikisahkan, semut membawa tetesan air di mulut mereka untuk ikut memadamkan api. Burung yang melihat mereka bertanya-tanya, mana mungkin bisa tetesan air yang sedikit bisa memadamkan api yang berkobar besar.

Semut pun menjawabnya dengan yakin, meski air tersebut tidak membawa perubahan yang berarti pada apinya. Paling tidak mereka bisa menunjukkan kepada dunia, kubu mana yang mereka pilih.

Hadits tentang membunuh cicak dalam islam

Dalam sebuah hadits riwayat muslim disebutkan tentang membunuh cicak. Jika ada yang membunuh cicak dalam 1 pukulan, maka baginya 100 kebaikan. Jika ada yang membunuh cicak dalam 2 pukulan, maka baginya pahala kurang dari itu. Jika ada yang membunuh cicak dalam 3 pukulan, maka baginya pahala kurang dari itu.

Hal ini karena cecak dinilai sebagai hewan yang munafik dan khianat. Namun, apakah hadits ini berlaku sampai sekarang. Bolehkah kita membunuh cicak-cicak yang ada di rumah?

Perlu diingat bahwa Rasulullah SAW adalah seorang penyayang binatang. Perintah untuk membunuh cecak datang karena saat itu cecak pernah menyebabkan penyakit kusta. Selain itu, hewan ini juga diklaim sebagai hewan khianat karena ikut membantu pembakaran Nabi Ibrahim.

Kalau kita masih ingin membunuh cecak karena alasan kefasiqannya di masa lalu. Apakah ini tidak termasuk memelihara dendam di dalam hati?

Untuk itu mari kita ambil jalan tengahnya. Usirlah cecak karena memang dalam air liur dan kulitnya terdapat kuman yang bisa buruk buat kesehatan. Usirlah demi sesuatu yang membawa manfaat buat kehidupan.

Pengusiran pun bisa dilakukan dengan cara-cara yang lebih manusiawi. Tidak diikuti dengan rasa benci apalagi dendam yang berkepanjangan. Cara seperti apa itu?

Cara mengusir cicak dalam islam dengan doa dan alami

Cara Mengusir Cicak dalam Islam

Pengusiran cicak dalam islam bisa dilakukan dengan mendoakan supaya cicak cepat pergi sambil melakukan langkah konkret yang lebih nyata, yakni melalui cara-cara alami.

Cara paling ampuh usir cicak secara alami

Saat bertanya adakah cara mudah mengusir cicak, tapi ampuh? Tentu saja ada. Anda bisa pakai lakban, jebakan yang menggunakan lem, atau pakai tanaman pengusir cicak.

Bahkan, Anda bisa memanfaatkan bumbu dapur untuk mengusir reptil yang hidup di dinding ini. Salah satu bumbu dapur yang bisa digunakan adalah bawang putih.

Tidak hanya bawang putih, benda lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir cecak dari dalam rumah adalah kulit telur. Cecak tidak menyukai barang bekas ini karena membuat kulit mereka tidak nyaman. Gunakan saja sebagai jebakan, seperti membuat perangkap nyamuk alami.

Cara mengusir cicak dengan doa

Setelah melakukan langkah konkret, Anda bisa mengirim doa supaya mereka cepat pergi. Bagaimanapun menurut beberapa orang, cecak merupakan tanda tentang hal-hal yang magis.

Untuk itu, cobalah sering membaca qur’an di rumah, bersholawat, dan jangan sampai tinggalkan sholat 5 waktu.

Cara membunuh cicak menurut islam

Agar terkesan tidak menyiksa hewan, Anda juga bisa memanggil jasa pembasmi cecak. Langkah ini sangat perlu dilakukan apabila cecak sudah menyerang sebagian besar area rumah dan mengakibatkan kerugian besar, seperti kesehatan yang terganggu.

Kami, Fumida, menjadi salah satu partner yang bisa diandalkan untuk membunuh cicak dengan metode-metode yang terbaik. Cara mengusir cicak yang tim kami lakukan bisa membunuh sekaligus menghalau mereka supaya tidak kembali lagi. Klik bagian bawah layar HP Anda untuk segera terhubung dengan kami.

Gambar Perangkap Nyamuk Alami

Perangkap Nyamuk Alami: Dengan dan Tanpa Ragi

Diklaim aman! Coba buat perangkap nyamuk alami dari bahan yang sederhana namun efektif. Bisa pakai ragi atau tidak. Basmi nyamuk hingga ratusan.

Cara membasmi nyamuk secara alami yang paling dikenal salah satunya adalah dengan ragi. Mayoritas orang sudah mencobanya dan terbukti berhasil dalam menangani masalah hama pengisap darah.

Namun, apakah ada perangkap alami lain tanpa menggunakan ragi yang efektivitasnya hampir sama? Ada, silakan baca ulasan ini sampai habis untuk mendapatkan jawabannya.

Perangkap nyamuk alami buatan sendiri berbahan dasar ragi

Salah satu perangkap buatan sendiri yang amat terkenal adalah perangkap yang menggunakan ragi sebagai bahan dasarnya. Banyak sekali orang yang sudah menerapkan cara ini dan terbukti efektif.

Bahkan, saat cara penularan virus zika merebak. Perangkap ini menjadi salah satu pilihan yang paling banyak dilakukan.

Selain efektif, kemudahan dalam mencari bahan juga menjadi alasan utama pemakaian jebakan satu ini. Anda tinggal menyiapkan air, ragi, dan gula pasir atau gula merah sebagai bahan. Sedangkan alatnya adalah botol bekas ukuran besar, cutter, gunting, dan lakban.

Gambar Perangkap Nyamuk Alami

Beberapa orang menambahkan kresek, tapi tampaknya ini opsional. Hal ini terlihat pada jumlah nyamuk yang tertangkap meski tanpa menggunakan kresek hitam.

Berikut ini adalah langkah mudah membuat jebakan alami untuk hama terbang pengisap darah:

  1. Siapkan air sebanyak 200-300 ml, rebus. Sambil menunggu matang, ambil botol bekas.
  2. Potong botol bekas menjadi dua bagian, perbandingannya adalah 2:1 untuk bawah dan atas. Selanjutnya, bagian atas akan kita sebut A. Bagian bawah disebut B.
  3. Lakukan pemotongan botol menggunakan cutter atau gunting yang tajam sehingga hasilnya bagus.
  4. Angkat air yang sudah masak. Diamkan sebentar dalam sebuah wadah dan masukkan sekitar 50 gram gula pasir. Aduk hingga larut. Jika sudah dingin, masukkan ke dalam botol plastik bagian B.
  5. Masukkan ragi instan sebanyak 1 sendok teh. Aduk-aduk sebentar secara perlahan.
  6. Untuk ragi, Anda bisa membelinya di toko bahan roti, biasanya merek Fermipan atau SAF.
  7. Diamkan sebentar sambil menyiapkan lakban. Anda bisa pakai lakban hitam kalau ada, kalau tidak ada, lakban bening tidak masalah.
  8. Jika sudah, amati campuran ragi, air, dan gula. Biasanya akan muncul buih tanda ragi aktif.
  9. Ambil botol plastik bagian A. Masukkan ke bagian B dengan posisi terbalik menyerupai corong.
  10. Kemudian hubungkan atau rekatkan keduanya menggunakan lakban.
  11. Kalau ada kresek hitam, silakan bungkus kresek bagian permukaan luarnya. Kalau tidak ada, tidak usah.
  12. Diamkan di sudut-sudut ruangan sekitar 2 minggu. Setelah itu, Anda bisa membuka kemasannya dan lihat berapa banyak nyamuk yang terjebak dalam perangkap ini.

Campuran air, gula, dan ragi bisa menghasilkan gas karbondioksida yang sangat disukai oleh nyamuk. Oleh karena itu, mereka akan tertarik untuk mendekat.

Sementara kresek hitam juga menarik karena mereka suka dengan warna gelap. Tak heran bila untuk terhindar dari nyamuk disarankan Anda mengenakan baju warna cerah.

Perangkap nyamuk selain ragi

Kalau pas tidak ada ragi di rumah, Anda bisa menyiapkan perangkap dari piring yang lebar dan minyak goreng. Kami yakin alat dan bahan ini pasti ada di dapur, bukan?

Siapkan piring, olesi permukaannya secara menyeluruh menggunakan minyak goreng. Selanjutnya, gunakan piring untuk menangkap nyamuk dengan memukul mereka ketika sedang terbang.

Maka dalam beberapa menit, akan ada banyak nyamuk yang menempel di permukaan piring yang ada minyaknya.

Penanganan nyamuk dalam skala kecil memang masih mungkin menggunakan perangkap nyamuk alami. Akan tetapi, serangan nyamuk berskala besar butuh ditangani oleh tenaga profesional.

Anda bisa memanggil Fumida. Tim ahli kami siap dan selalu sigap membantu menangani masalah nyamuk sampai akarnya. Silakan tanya bagaimana dan buat jadwal survei dengan kami di nomor 0822.1177.1166 atau klik WA di layar Anda.

bahaya rayap

Bahaya Rayap yang Seringkali Tak Disadari oleh Sebagian Orang

Bahaya Rayap yang Seringkali Tak Disadari oleh Sebagian Orang

Hama merupakan salah satu yang bisa merusak asset berharga berupa dokumen, uang, pondasi rumah ataupun tumbuhan. Salah satu hewan yang bisa dikategorikan hama adalah rayap. Rayap merupakan salah satu hewan bertubuh kecil yang biasanya hidup di dalam kayu ataupun di tempat yang usang dan kotor.  Hewan perusak ini juga senang tinggal di tempat yang lembab dan memiliki suhu udara yang cenderung hangat. Meski memiliki tubuh yang sangat kecil namun bahaya rayap dapat menyebabkan banyak kerugian untuk manusia. Hal ini yang menyebabkan rayap sangat dibasmi untuk menghindari kerugian yang semakin besar.

 

Inilah Beberapa Bahaya Rayap yang Harus Anda Waspadai

Bahaya dari hama ini memang tak bisa disepelekan lagi. Selain akan mengakibatkan kerugian yang besar juga akan mengganggu manusia dalam beraktivitas sehari. Oleh karena itu Anda harus bisa mewaspadai berbagai bahaya yang disebabkan hewan perusak ini agar tak merasa dirugikan. Berikut beberapa bahayanya adalah:

 

  1. Merusak dokumen berharga

Biasanya ketika dokumen lama yang telah disimpan di lemari ataupun tempat yang terbuka bisa menjadi sasaran makanan rayap. Dokumen penting tersebut bisa habis dimakan rayap atau hanya terkikis sebagian saja. Tentu saja ini sangat merugikan Anda, karena bisa saja dokumen tersebut sangat dibutuhkan dan membutuhkan proses yang lama saat dibuat ulang salinannya. Hal inilah yang menyebabkan bahaya rayap yang satu ini harus sangat dihindari.

 

  1. Merusak pondasi rumah

Bahaya rayap yang kedua ini juga sering dijumpai di rumah. Biasanya rayap yang hidup di kayu pondasi rumah akan mengikis sedikit demi sedikit kayu tersebut. Meski bertubuh kecil, namun hewan ini bisa memakan habis pondasi rumah. Tak heran kebanyakan orang mulai mewaspadai hewan bertubuh kecil ini untuk menghindari kerugian besar.

 

  1. Mengancam keselamatan

Hal ini diakibatkan karena pondasi rumah yang sudah terkikis oleh rayap bisa runtuh tiba-tiba. Tentu saja bahaya rayap yang satu ini mengancam keselamatan siapapun yang tinggal di rumah tersebut. Pondasi yang telah menjadi tempat tinggal rayap pun bisa dilihat dari ciri fisiknya. Banyaknya lubang dan mulai keroposnya pondasi bisa menjadi tanda bahwa ada rayap disitu. Sebaiknya Anda segera membasminya sebelum pondasi rumah habis terkikis.

  1. Merusak furniture yang dimiliki

Selain pondasi rumah, kerugian yang ditimbulkan juga meliputi furniture rumah. Mengingat rayap bisa hidup dimanapun tempat yang dia tuju. Salah satunya furniture kayu yang rentan sekali terkena hama rayap yang merugikan ini. Hal ini mengakibatkan furniture terlihat lebih keropos dan terdapat banyak lubang yang menjadi tempat tinggal hewan perusak ini.

 

  1. Membuat lingkungan rumah kotor

Dokumen,pondasi ataupun furniture yang terkikis karena rayap tentu saja akan meninggalkan sisa kotoran. Hal ini yang membuat lingkungan rumah menjadi kotor dan berdebu. Lingkungan seperti ini juga akan mengganggu kesehatan manusia yang tinggal di rumah tersebut. Hal itu karena debu yang masuk ke tubuh juga bisa menyebabkan gangguan pernafasan.

***

Beberapa hal tersebut adalah bahaya rayap yang harus Anda waspadai. Namun Anda tak perlu khawatir kesulitan untuk membasmi hewan perusak ini. Hal itu dikarenakan banyak jasa anti rayap tersedia saat ini yang siap membantu Anda. Salah satunya adalah jasa anti rayap fumida yang siap untuk membasmi rayap yang ada di rumah Anda. Sehingga tak perlu lagi khawatir dokumen penting ataupun pondasi rumah akan rusak karena hewan perusak ini.

Cara Penularan Virus Zika

5 Cara Penularan Virus Zika dan Pencegahannya yang Ampuh

Awas! Cara penularan virus zika tidak hanya lewat perantara nyamuk. Virus ini juga bisa menyebar antara manusia ke manusia lainnya. Bahkan bisa diturunkan oleh ibu hamil dan saat mereka melahirkan.

Penyakit zika merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius. Penyakit ini awalnya ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Jenis hewan pengisap darah yang bisa menularkan DBD dan chikungunya.

Berbeda dengan penularan DBD yang hanya bisa ditularkan melalui nyamuk ke manusia, penyakit zika lebih parah. Sebab bisa ditularkan dari manusia ke manusia. Simak penjelasan detailnya dalam ulasan di bawah ini.

Ini 5 cara penularan virus zika di Indonesia yang harus Anda tahu!

Demi bisa terhindar dari penyakit ini, Anda harus benar-benar tahu bagaimana cara penyakit ini menyebar. Berikut ini adalah beberapa cara yang sampai saat ini bisa menularkan virus zika:

Cara Penularan Virus Zika

Lewat gigitan nyamuk

Cara pertama yang paling wajar dan bisa menyebabkan seseorang tertular zika adalah gigitan nyamuk. Jenis nyamuknya adalah nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Namun, tidak semua nyamuk jenis ini membawa virus.

Penularan bisa terjadi manakala nyamuk tersebut mengisap darah orang yang sakit zika yang mengakibatkan dia jadi pembawa virus. Selanjutnya, jika pembawa virus ini mengisap darah orang sehat, maka orang tersebut bisa tertular zika.

Nyamuk ini seringnya keluar saat siang hari, namun sangat mungkin saat malam pun mereka mencari darah untuk mematangkan telurnya. Maka dari itu, Anda harus selalu waspada.

Dari ibu ke anak saat hamil dan melahirkan

Seorang ibu yang sedang hamil dan menderita penyakit zika bisa menularkan virusnya kepada si anak. Penularan ini bisa terjadi selama kehamilan atau saat melahirkan.

Yang berbahaya adalah ketika zika menyerang janin dalam kandungan, maka imbasnya bisa ke cacat otak.

Jika Anda menyusui, tetap kalem saja. Sejauh ini belum ditemukan kasus virus zika menular ke bayi yang disusui oleh ibunya.

Melalui transfusi darah

Pada sejumlah kasus ditemukan bahwa virus ini bisa menular melalui donor atau transfusi darah. Dari data statistik pada wabah Polinesia Perancis, terdapat 2,8% dari donor darah ternyata positif virus zika. Meskipun persentasenya masih sedikit tapi Anda tetap harus waspada.

Hubungan badan

Cara penularan virus zika selanjutnya bisa terjadi melalui hubungan badan. Hal ini bisa terjadi bila salah satu pasangan sudah membawa virus zika dalam tubuhnya meski gejalanya belum terlihat.

Karena sudah ada kasus yang membuktikan hal ini, studi pun dilakukan untuk mengecek ketahanan virus ini di cairan tubuh seperti darah, air kencing, cairan wanita, dan lelaki.

Hasilnya, ketahanan zika di cairan lelaki lebih lama dibandingkan dengan cairan lainnya.

Paparan laboratorium

Pada tahun 2016, sebuah laboratorium di Amerika Serikat dilaporkan terkena paparan virus ini.

Cara pencegahan diagnosis penyakit zika yang benar

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Demikian bunyi ungkapan soal kesehatan.

Anda bisa mencegah penyakit zika dengan cara menghindari metode penularannya sebagaimana dituliskan di atas. Anda juga bisa menjaga lingkungan agar tidak dipakai sebagai tempat berkembangnya nyamuk.

Hal-hal sederhana yang bisa dilakukan di rumah adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kebersihan rumah.
  2. Menjaga kelembapan rumah.
  3. Tidak memberikan ruang untuk nyamuk berkembang biak dengan menghilangkan genangan air, membuang kaleng bekas, dll.
  4. Menggunakan bahan alami untuk mengusir nyamuk.
  5. Menggunakan bahan kimia untuk membunuh nyamuk.

Selain cara di atas, tim ahli kami yang profesional juga siap membantu mengendalikan nyamuk dan hama melalui program yang jelas dan berkelanjutan. Hubungi Fumida di 0822.1177.1166 atau 021.2904.9130.

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

Lokasi Kantor FUMIDA

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]