Jenis Nyamuk Berbahaya Bagi Kesehatan

Kenali 6 Jenis Nyamuk Berbahaya Bagi Kesehatan Beserta Cara Pembasmiannya

Sebagian dari anda tentu tahu bahwa nyamuk membawa penyakit yang membahayakan kesehatan. Nyamuk sendiri dapat menimbulkan efek mulai yang paling ringan seperti gatal, hingga yang mematikan seperti DBD. Untuk mengetahui berbagai jenis nyamuk berbahaya beserta cara mengusirnya lebih dalam, simak berikut selengkapnya.

Jenis Hama Nyamuk Beserta Cara Untuk Membasminya

1. Nyamuk Jenis Aedes

Sebagian dari anda mungkin sudah pernah mendengar spesies nyamuk yang satu ini. Pasalnya nyamuk jenis ini berkembang biak dengan baik di daerah tropis seperti Indonesia. Cuaca yang cenderung hangat menjadi tempat kesukaan nyamuk untuk bertelur. Hal ini juga menjadi penyebab nyamuk suka menyerang di pagi sampai sore hari.

Karakteristik nyamuk Aedes ini bisa terlihat dari tubuhnya yang berbintik putih. Perlu diketahui, Aedes dapat menularkan berbagai penyakit seperti Demam Berdarah, penyakit Zika, Chikungunya, dan sebagainya. Untuk membasmi nyamuk Aedes, anda bisa menggunakan obat nyamuk aerosol yang banyak dijual di pasaran.

2. Spesies Nyamuk Anopheles

Nyamuk Anopheles sering disebut dengan nyamuk rawa karena banyak ditemui di perairan air tawar atau rawa. Sebagai informasi, jenis nyamuk berbahaya ini dapat bertelur di air bersih seperti kolam, bak kamar mandi, rawa, dan sawah. Untuk mengenali nyamuk Anopheles, anda bisa melihatnya dari tubuh yang berwarna pucat dengan sayap yang berwarna gelap.

Berbeda dengan Aedes, Anopheles biasanya akan menyerang manusia saat malam hari. Mereka akan mulai menggigit manusia meski di dalam maupun luar ruangan. Anopheles membawa penyakit malaria yang mampu membunuh jutaan jiwa tiap tahunnya. Basmi nyamuk anopheles dengan selalu membersihkan lingkungan dan menyemprotkan insektisida.

3. Nyamuk Jenis Culex

Culex atau yang biasa dikenal sebagai nyamuk rumah biasanya akan keluar saat malam hari. Nyamuk ini akan berkembang biak dengan baik di air kotor. Sebenarnya, culex lebih sering menggigit hewan tertentu seperti unggas. Akan tetapi, tak jarang pula nyamuk Culex menyerang manusia saat malam hari.

Perlu anda ketahui, Culex betina adalah satu dari jenis nyamuk berbahaya yang membutuhkan darah untuk memproduksi telur. Mereka biasanya memproduksi telur setiap tiga hari sekali selama sepanjang hidupnya. Culex juga menularkan penyakit bernama West Nile yang membuat penderitanya mengalami berbagai gejala.

Adapun gejala yang biasanya dialami penderita mulai dari demam, diare, pusing, muntah, dan muncul ruam. Meski tidak menular, namun anda patut waspada jika terkena gigitan nyamuk Culex ini. Dikarenakan nyamuk jenis ini suka hidup di air kotor, maka anda perlu menghilangkan air kotor di sekitar rumah.

4. Psorophora

Spesies nyamuk yang satu ini sangat mudah dikenali karena memiliki ukuran yang sangat besar jika dibandingkan jenis lainnya. Menurut sebuah penelitian, nyamuk ini membawa penyakit Arbovirus yang membuat penderitanya terserang flu berat. Gunakan cairan pembasmi nyamuk aerosol untuk menumpas nyamuk Psorophora ini.

5. Nyamuk Mansonia

Ciri utama dari nyamuk Mansonia ini adalah tubuhnya yang sangat besar dengan adanya kilauan di sayapnya. Jenis nyamuk berbahaya ini berkembang biak di sekitar tumbuhan air. Cara menumpas nyamuk Mansonia ini adalah mencegah pertumbuhan tanaman liar di sekitar perairan, seperti kolam ikan, air mancur, dan taman rumah.

Dari semua spesies nyamuk dalam ulasan tersebut, diketahui dapat membahayakan kesehatan manusia. Bahkan, salah satu dari jenis tersebut dapat membunuh manusia setiap tahunnya. Untuk menghindari bahaya nyamuk, anda dapat memanfaatkan layanan jasa FUMIDA yang dapat menumpas berbagai hama termasuk nyamuk hingga ke akarnya.

Cara Ampuh Usir Hama Kecoa

Kesulitan Basmi Kecoa Dalam Mobil? Yuk Intip 5 Cara Ampuh Usir Hama Kecoa

Saat mobil kesayangan dimasuki kecoa, tentu menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi pemiliknya. Selain menjengkelkan, hama yang satu ini membawa beribu penyakit yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Untuk mengatasi masalah tersebut, mari simak beberapa cara ampuh usir hama kecoa dalam mobil di ulasan berikut ini.

Cara Membasmi Kecoa Dalam Mobil Secara Efektif

1. Jangan Biasakan Makan Di Dalam Mobil

Hal penting yang perlu anda catat untuk mengusir kecoa adalah menghindari kebiasaan makan dalam mobil. Perlu anda ketahui, makanan adalah salah satu sumber utama yang dapat menarik kedatangan kecoa ke dalam mobil. Jika kebiasaan tersebut anda teruskan, maka akan menarik kecoa untuk bermukim di dalam mobil.

Jika terpaksa harus makan dalam mobil, maka pastikan untuk tidak tercecer kemana mana. Apalagi jika anda memiliki anak anak, minta mereka untuk menghabiskan makanannya di luar mobil. Selain itu, usahakan untuk selalu membersihkan bagian dalam mobil secara berkala untuk menghindari berbagai jenis hama masuk ke dalam mobil.

2. Taburkan Bunga Melati

Kental dengan aura mistis, siapa sangka bunga melati ampuh mengusir kecoa dalam mobil. Selain membuat kabin mobil harum, cara ampuh usir hama kecoa ini bisa anda terapkan karena kecoa tidak menyukai aroma melati. Meski tidak dapat membasmi secara instan, pemberian melati ke dalam mobil efektif membunuh kecoa.

Cukup ambil beberapa bunga melati segar yang kemudian ditaburkan ke karpet atau celah celah dalam mobil yang biasanya menjadi tempat persembunyiannya. Agar kecoa dapat menyingkir karena tidak tahan dengan bau melati, anda bisa memberikan celah seperti membuka jendela sedikit sebagai jalan keluar kecoa.

3. Semprotkan Insektisida Di Bagian Dalam Mobil

Penggunaan insektisida atau obat pembasmi serangga sering kali menjadi pilihan pertama untuk membasmi kecoa dalam mobil. Obat pembasmi serangga yang banyak dijual di pasaran, cukup ampuh untuk menumpas kecoa yang tinggal di dalam mobil. Meski ampuh, terdapat cara penggunaan insektisida agar anda tidak salah langkah.

Untuk langkah yang pertama, tutup semua lubang yang ada dalam mobil. Kemudian cara ampuh usir hama kecoa berikutnya adalah menyemprotkan cairan insektisida ke setiap sisi dalam mobil. Kecoa yang terkurung dalam mobil akan mati karena udara yang mengandung insektisida tersebut. Ingat, anda bisa memasuki mobil jika sudah lewat 12 jam.

Jadi, jika anda ingin membasmi kecoa dalam mobil dengan insektisida sebaiknya lakukan pada malam hari saat mobil tidak terpakai. Keesokan harinya, anda baru bisa memakai mobil tersebut dengan membuka seluruh lubang terlebih dahulu. Agar tidak merusak bagian dalam mobil, anda bisa menggunakan penutup sofa dan desk saat penyemprotan.

4. Berikan Kapur Barus Di Setiap Sisi Mobil

Solusi lain yang bisa anda lakukan untuk membasmi kecoa adalah memberikan kapur barus di setiap sisi dalam mobil. Aroma kapur barus sangat dibenci berbagai jenis hama, termasuk kecoa. Cara ini juga sangat ampuh untuk usir kecoa di mobil anda. Berhati hatilah saat melakukan cara ampuh usir hama kecoa ini, pasalnya aroma kapur barus akan mengganggu pernafasan anda.

Perlu anda ketahui, celah yang terdapat dalam kendaraan roda empat dapat menjadi akses bagi para hama untuk masuk ke dalamnya. Hal inilah yang menjadi alasan kecoa bertempat tinggal di dalam mobil. Selain menerapkan beberapa cara dalam ulasan tersebut, anda juga dapat bekerja sama dengan Jasa FUMIDA yang terbukti ampuh basmi berbagai hama.

Cara Mengusir Semut Di Rumah Secara Efektif

Praktis Dan Sederhana! Yuk Intip 5 Cara Mengusir Semut Di Rumah Secara Efektif

Semut adalah hewan yang populasinya terbanyak di dunia. Dengan fakta tersebut, maka setiap rumah kemungkinan besar akan didatangi semut. Meski demikian, masih ada cara mengusir semut di rumah yang bisa anda terapkan. Bagaimana cara mengusir hama semut secara efektif? Temukan jawabannya dalam penjelasan ulasan berikut!

Cara Sederhana Namun Efektif Usir Hama Semut Dalam Rumah

1. Pastikan Rumah Dalam Kondisi Bersih

Anda tentu tahu bahwa semut akan datang saat ada makanan tumpah atau tidak tertutup rapat. Lingkungan rumah yang kotor juga akan menjadi sarang semut untuk berkembang biak. Untuk menghindari semut datang, maka anda wajib membersihkan rumah setiap hari. Pastikan rumah dalam kondisi bersih, steril, dan rapi agar terhindar dari berbagai hama.

2. Gunakan Tepung Terigu Untuk Membasmi Semut

Selain penggunaan bahan kimia pembasmi serangga, anda juga dapat membasminya dengan menggunakan cara sederhana. Berikan tepung terigu yang dipercaya efektif usir semut. Hindari pemberian bahan apapun setelah menggunakan tepung terigu ini, dikhawatirkan cara ini tidak akan berhasil mengusir hama semut.

Untuk caranya, sangat mudah dilakukan. Cara mengusir semut di rumah yang pertama, siapkan tepung terigu original terlebih dahulu. Kemudian, tebarkan tepung terigu yang sudah disiapkan di mana pun anda melihat semut keluar masuk. Semut tidak akan bisa menerobos batas barisan tepung yang sudah anda taburkan.

3. Gunakan Kapur Anti Serangga

Kapur anti serangga juga dapat menjadi cara yang paling ampuh untuk mengusir semut. Sekedar informasi, kapur anti serangga biasanya terbuat dari campuran kalsium karbonat yang aromanya tidak disukai semut maupun hama lainnya. Memberikan kapur anti serangga di sekitar sarang semut akan menjadi cara ampuh untuk usir semut.

Caranya cukup mudah, gambar garis melingkar di sekitar tempat keluar masuk semut. Anda juga bisa menumbuknya hingga halus dan dicampur dengan air untuk kemudian di semprot ke wilayah sarang semut. Setelah menggunakan kapur anti serangga ini, jangan lupa untuk menyimpannya di area yang sulit dijangkau anak anak agar tidak dimainkan.

4. Gunakan Buah Lemon

Perlu anda ketahui, cara mengusir semut di rumah bisa diatasi dengan pemberian lemon. Semut sendiri sangat tidak menyukai aroma asam yang ditimbulkan buah lemon. Untuk membasmi semut dengan lemon caranya cukup mudah, ambil air lemon untuk kemudian di semprotkan pada celah pintu atau lubang dalam rumah yang menjadi sarang semut.

Pemberian air lemon juga sangat efektif mencegah datangnya hama laain seperti kecoa, kutu, bahkan nyamuk. Agar lebih efektif, anda bisa menghaluskan buah lemon yang nantinya akan digunakan sebagai alat pembersih lantai. Cara tersebut akan lebih ampuh mengusir berbagai serangga yang datang ke dalam rumah.

5. Taburkan Bedak Tabur

Bedak tabur atau talek bisa menjadi media pengusir semut di rumah. Caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu menaburkan bedak di sekitar sarang semut. Bisa di lantai, jendela, tembok, celah, dan lain sebagainya. Perlu anda tahu, semut tidak akan tahan terhadap aroma bedak. Semut tidak akan datang lagi karena anda menerapkan cara mengusir semut di rumah ini.

Kehadiran semut kerap mengganggu kenyamanan pemilik rumah saat sedang bersantai. Sedikit saja remahan makanan yang terjatuh ke lantai akan mengundang semut datang. Hal ini tentu menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi pemilik rumah. Selain cara dalam ulasan tersebut, anda dapat bekerja sama dengan jasa FUMIDA untuk membasmi semut.

Cara Membasmi Koloni Rayap Di Rumah Sampai Tuntas

Efektif! Yuk Simak 6 Cara Membasmi Koloni Rayap Di Rumah Sampai Tuntas

Rayap adalah hama yang kerap dijumpai pada furniture atau perabot rumah tangga dan menjadi masalah menjengkelkan. Pasalnya, rayap dapat membuat perabot tidak tahan lama karena sifatnya yang suka menggerogoti kayu. Tak ayal, banyak orang mencari cara membasmi koloni rayap di rumah. Agar semakin terbantu, yuk simak cara usir rayap berikut!

Beberapa Cara Ampuh Basmi Hama Rayap Di Rumah

1. Perbanyak Ventilasi Rumah

Perlu anda ketahui, rayap sangat menyukai tempat yang lembab dan minim sinar matahari. Mereka akan berkembang biak dengan baik di tempat tempat yang lembab dan dekat dengan air. Jika rumah anda dipenuhi dengan perabot kayu, maka memperbanyak ventilasi rumah bisa menjadi cara ampuh untuk mencegah rayap datang.

Buatlah lubang ventilasi dalam rumah sebanyak mungkin agar udara bersih dan sinar matahari dapat masuk ke setiap sudut rumah. Akan tetapi, jika perabotan anda sudah terlanjur diserang rayap maka dapat mengatasinya dengan menjemur perabotan tersebut pada area terbuka yang terkena sinar matahari langsung.

2. Bersihkan Halaman Dari Genangan Air

Di mana ada air dan tempat lembab, di situlah rayap akan datang dan menjadikan tempat tersebut sebagai rumah barunya. Satu satunya cara membasmi koloni rayap yang masuk ke dalam rumah adalah menghilangkan air yang menggenang di berbagai area rumah. Saat musim penghujan datang, tentu area halaman rumah akan digenangi air hujan.

Hal ini akan menjadi kesempatan emas bagi koloni rayap untuk mendirikan rumahnya di sana. Untuk menghindarinya, alangkah lebih baik menyediakan tempat penampungan air agar tidak tergenang di mana mana. Hal ini juga bertujuan mencegah hama lain seperti nyamuk, semut, tikus, yang masuk ke dalam rumah.

3. Perbaiki Keramik Atau Pipa Yang Rusak Dengan Segera

Terlihat sepele, keramik lantai yang rusak akan memunculkan celah yang akan menjadi jalan masuk hama rayap ke dalam rumah. Lantai bercelah disertai pipa bocor akan semakin membuat kondisi rumah benar benar lembab. Jika tidak segera diperbaiki, maka anda akan mengundang berbagai hama termasuk rayap untuk datang ke rumah.

4. Beri Jarak Antar Furnitur Dengan Dinding Atau Lantai

Apabila rumah anda didominasi furnitur berbahan kayu, maka cara membasmi koloni rayap yang benar adalah memberikan jarak antar furnitur tersebut dengan dinding. Cara ini sangat efektif mencegah rayap masuk ke rumah. Furnitur kayu yang berdekatan dengan dinding akan mudah mengumpulkan uap air, yang menjadikannya lembab serta mengundang rayap.

5. Basmi Rayap Dengan Kapur Barus

Selain berfungsi sebagai pengharum ruangan, kapur barus dipercaya ampuh membasmi rayap secara efektif. Kandungan naftalena dalam kapur barus terbukti dapat merusak penciuman rayap. Agar terhindar dari koloni rayap, letakkan kapur barus di beberapa sudut rumah dan furnitur kayu yang dirasa rentan terkena rayap.

6. Siram Dengan Sabun

Air sabun juga dapat mengganggu sistem pernafasan hama rayap. Dengan pemberian air sabun, rayap akan lebih mudah mati akibat tidak adanya pasokan oksigen dalam tubuh. Untuk caranya, cukup larutkan sabun cair dengan air lalu semprotkan ke bagian yang terkena rayap. Setelah menerapkan cara membasmi koloni rayap ini, hama tersebut tidak akan datang lagi.

Hidup rayap yang berkoloni membuat beberapa orang kesulitan untuk membasminya. Selain menerapkan cara dalam ulasan tersebut, anda juga dapat membasmi rayap hingga tuntas dengan cara menggunakan jasa FUMIDA. Jasa yang bergerak di bidang pembasmian hama ini ampuh mengusir berbagai hama termasuk rayap yang masuk ke rumah.

Bahaya Kecoa Bagi Kesehatan

Berikut Bahaya Kecoa Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Kecoa yang bertebaran di rumah memang dapat membuat penghuninya merasa jijik dan risih. Serangga dengan 6 kaki dan 2 antena panjang ini bisa makan berbagai makanan. Termasuk sampah yang membusuk. Mengetahui kondisi tersebut, serangga ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, berikut beberapa bahaya kecoa yang harus anda waspadai.

Bahaya Kesehatan Yang Bisa Ditimbulkan Oleh Kecoa

1. Keracunan Makanan

Serangga dengan 2 antena ini termasuk hewan yang berbahaya karena memakan berbagai jenis makanan. Feses, kertas, sabun, tanaman mati, hewan lain hingga rambut yang jatuh adalah beberapa jenis makanan yang sering dikonsumsi kecoa. Untuk itu, hewan kecil yang biasa bergerak di malam hari ini patut diwaspadai karena bisa menyebarkan berbagai jenis penyakit.

Hasil penelitian dari University of Nebraska dalam Food Poison Jurnal bahkan telah membuktikan bahwa kecoa dapat membawa bakteri Salmonella, Streptococcus dan Staphylococcus. Akibatnya, hewan ini dapat menyebarkan berbagai bakteri tersebut pada setiap makanan atau alat masak yang dihinggapi hewan ini dan menyebabkan keracunan makanan.

2. Gangguan Pencernaan

Bahaya kecoa juga dapat menghadirkan gangguan pencernaan bagi manusia. Lazimnya, hewan ini dapat mengeluarkan cairan dari mulut beserta kuman dan bakteri yang tersimpan dalam tubuhnya. Hewan kecil ini bahkan memiliki 33 jenis bakteri dengan patogen berbahaya bagi kesehatan manusia.

Beberapa jenis bakteri yang sering ditemukan pada tubuh kecoa yaitu E.Coli, Salmonella, cacing parasit dan patogen manusia. Parahnya lagi, hewan ini menyimpan bakteri Pseudomonas Aeruginosa yang sangat ekstensif di dalam usus. Tentunya, berbagai bakteri tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, tipes, tifoid, kolera, disentri dan sepsis.

3. Asma

Serangga berantena 2 ini juga aktif menyebarkan alergen pada suatu tempat. Untuk itu, penderita asma dapat menjadi semakin parah ketika tinggal di rumah yang menjadi sarang kecoa. Alergen yang terhidup ini bahkan dapat menghadirkan bahaya kecoa karena bisa membuat penderita asma berisiko mengalami komplikasi hingga mengancam jiwa.

Tak hanya penderita asma, alergen yang disebarkan oleh serangga ini ternyata juga dapat membuat orang mengalami penyakit asma setelah menghirupnya. Anak-anak bahkan memiliki risiko yang sangat tinggi terhadap kondisi ini. Untuk itu, dokter biasanya akan memberikan obat antiradang atau bronkodilator kepada penderita gejala asma akibat hewan ini.

4. Reaksi Alergi

Begitu pula, alergen yang disebarkan oleh hewan ini juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Hasil jurnal Allergy, Asthma & immunology Research menunjukkan bahwa alergen yang dihadirkan dalam ruangan ini dapat bersumber dari tubuh, telur, kotoran dan air liur. Reaksi alergi yang ditimbulkan akibat hewan kecil ini meliputi bersin, infeksi pernafasan, ruam kulit, dermatitis, gatal dan mata berair.

5. Penyerangan Bagian Tubuh

Parahnya lagi, serangga berantena 2 ini ternyata dapat menimbulkan serangan dari dalam tubuh. Beberapa kasus yang telah terjadi akibat bahaya kecoa adalah masuknya hewan ini ke dalam tubuh manusia. Lazimnya, kecoa yang berukuran lebih kecil dapat memasuki telinga, mulut maupun hidung ketika orang tengah tertidur. Hewan ini bahkan bisa bersarang dalam tubuh dan sulit dikeluarkan.

Tak hanya menjijikkan, hewan yang satu ini ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan. Tentunya, beberapa ulasan di atas perlu anda waspadai agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Anda bahkan perlu menjaga kebersihan rumah untuk memastikan hewan ini tidak bersarang di dalamnya. Selain itu, anda juga bisa menggunakan jasa FUMIDA untuk membasmi kecoa di rumah anda.

Cara Mengusir Kecoa Terbang Yang Bersarang Di Rumah

Jangan Khawatir! Berikut Cara Mengusir Kecoa Terbang Yang Bersarang Di Rumah

Kecoa merupakan salah satu hama yang sering bersarang di rumah. Pasalnya, hewan kecil ini menyukai tempat yang lembab, hangat dan dekat dengan air maupun sumber makanan. Hewan ini seringkali tinggal di daerah pipa dapur maupun drainase kamar mandi. Parahnya lagi, hewan ini seringkali terbang dan meresahkan banyak orang. Untuk itu, berikut cara mengusir kecoa terbang dengan ampuh.

Tips Membasmi Kecoa Terbang

1. Pilih Semprotan Anti Serangga

Semprotan anti serangga adalah cara yang ampuh untuk mengusir kecoa terbang. Pasalnya, semprotan ini mengandung beberapa zat yang bisa melumpuhkan kecoa dengan cepat. Anda bahkan bisa memperoleh produk semprotan ini dengan mudah di toko-toko terdekat. Lazimnya, jenis semprotan seperti baygon maupun hit bisa anda gunakan.

Meski demikian, anda juga bisa membuat semprotan anti serangga menggunakan bahan alami. Larutan cabe maupun campuran air baking soda dan gula juga dapat mencari cara yang mujarab untuk mengusir hewan ini. Anda bahkan hanya perlu mencampurkan air dengan cabai maupun menggunakan campuran air dengan 1 sendok makan baking soda dan gula pasir.

2. Gunakan Air lemon

Cara mengusir kecoa terbang juga dapat dilakukan menggunakan air lemon. Penggunaan bahan alami yang satu ini sudah terbukti ampuh dan tidak berbahaya. Lazimnya, larutan air lemon yang diperoleh dari buah asli ini tidak perlu dicampurkan dengan air. Anda bahkan hanya perlu menempatkannya dalam botol agar bisa digunakan dengan mudah.

Kemampuan air lemon dalam mengusir kecoa pada dasarnya karena hewan kecil tersebut tidak menyukai bau yang ditimbulkan oleh lemon. Untuk itu, anda juga bisa mencampurkan air perasan ini untuk mengepel lantai maupun menyemprotankan pada setiap sudut ruangan. Anda bahkan bisa mengganti air lemon menjadi air jeruk nipis jika dirasa harganya terlampaui mahal.

3. Gunakan Air Sabun

Sabun adalah salah satu bahan yang sering anda gunakan setiap hari. Pasalnya, cara mengusir kecoa terbang juga dapat dilakukan menggunakan sabun karena mengandung bahan kimia yang tidak baik bagi kulit kecoa. Anda bahkan bisa menggunakan berbagai jenis sabun seperti deterjen, sabun cuci piring maupun sabun mandi.

Tentunya, salah satu jenis sabun tersebut dapat anda gunakan sebagai semprotan anti kecoa. Larutan sabun yang memiliki kandungan senyawa kimia ini ternyata mampu membentuk lapisan tipis pada tubuh hewan ini. Akibatnya, kecoa yang terkena semprotan sabun akan mati perlahan karena pori-pori pada tubuh seringkali digunakan untuk bernafas.

4. Buat Perangkap Mentimun

Tak hanya sabun, mentimun ternyata juga memiliki kandungan berbahaya bagi hewan kecil ini. Pasalnya, kecoa yang biasanya terbang dan hinggap menempati sudut ruangan. Untuk itu, anda bisa menggunakan perangkap mentimun sebagai cara mengusir kecoa terbang dengan ampuh. Perangkap ini bahkan bisa membuat kecoa cepat mati dan tidak hinggap di berbagai sudut lainnya.

5. Gunakan Daun Salam

Selain itu, aroma daun salam yang harum juga tidak disukai oleh kecoa. Pemanfaatan bahan alami ini dapat dijadikan sebagai pengharum ruangan. Anda bahkan hanya perlu mengeringkan daun ini dan meremasnya hingga menjadi bubuk. Kemudian, masukkan daun dalam plastik atau kain dan gantungan aroma tersebut pada sudut ruangan.

Hewan kecoa yang menjengkelkan dan sering terbang di setiap sudut dapat membuat beberapa orang menjadi resah. Untuk itu, beberapa tips di atas dapat anda gunakan untuk mengusir hewan kecil ini. Selain itu, anda juga bisa menghubungi jasa FUMIDA untuk menghilangkan serangga menjijikkan tersebut secara tuntas dari rumah.

Cara Mencegah Nyamuk Masuk Dalam Rumah

Ampuh Dan Praktis, Yuk Intip 5 Cara Mencegah Nyamuk Masuk Dalam Rumah

Selain menjadi gangguan karena suaranya, nyamuk adalah hama pembawa penyakit yang sangat berbahaya bagi anggota keluarga di rumah. Meski terlihat sepele, nyamuk merupakan penyebab penyakit mematikan seperti DBD atau Demam Berdarah. Untuk menghindarinya, anda bisa terapkan cara mencegah nyamuk masuk rumah berikut ini.

Cara Mencegah Dan Mengusir Nyamuk Yang Masuk Ke Rumah

1. Menghilangkan Genangan Air Di Sekitar Rumah

Air yang tergenang menjadi tempat kesukaan nyamuk untuk berkembang biak. Nyamuk sendiri memerlukan air untuk menyelesaikan siklus hidupnya. Nyamuk akan bertelur dan menetaskan telurnya ke dalam genangan air yang ditemukannya. Hanya dalam waktu sekitar 48 jam, telur akan menetas dan memulai tahapnya menjadi larva.

Genangan air yang terletak di sekitar rumah akan menjadi sarang berkembang biak nyamuk berbahaya. Maka dari itu, cobalah untuk menghilangkan benda apapun yang dapat menampung air. Mulai dari ember, kaleng bekas, ban bekas, kolam anak, piring atau mangkuk hewan peliharaan, dan lain lain.

2. Pastikan Air Kolam Terus Bergerak

Bagi anda yang memiliki kolam ikan maupun kolam renang dalam rumah, pastikan untuk membuatnya tetap bergerak. Entah itu menggunakan agitator air atau pembuat gelombang air sebagai cara mencegah nyamuk masuk rumah. Air yang tenang dapat menjadi tempat tinggal nyamuk untuk berkembang biak dan menyebarkan berbagai penyakit.

3. Memasang Layar Serangga Pada Lubang Rumah

Meski terdengar tidak sepenuhnya menghilangkan nyamuk, namun memasang layar serangga dapat mencegah dan meminimalisasi yamuk datang ke rumah. Penting bagi anda untuk menutup semua lubang dalam rumah seperti jendela atau ventilasi untuk menghindari nyamuk atau hama lain datang ke dalam rumah.

Pemasangan layar serangga pada ventilasi tak hanya dilakukan untuk mencegah nyamuk datang, melainkan untuk menjaga sirkulasi udara yang masuk ke rumah. Tak hanya nyamuk, pemasangan layar serangga juga dapat mencegah berbagai hama masuk, mulai dari lalat, cecak, rayap, laba laba, dan berbagai jenis serangga berbahaya lainnya.

4. Menanam Tumbuhan Yang Tidak Disukai Nyamuk

Cara untuk mengusir nyamuk yang satu ini sangat efektif diterapkan. Pasalnya, selain menambah keindahan kebun atau halaman rumah menanam beberapa jenis tumbuhan yang tidak disukai nyamuk juga menjadi cara mencegah nyamuk masuk rumah. Adapun jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk mulai dari serai, lavender, rosemary, kemangi, dll.

5. Menjaga Suhu Ruangan Tetap Sejuk Dan Dingin

Perlu anda tahu, nyamuk adalah penerbang yang sangat lemah. Dengan menempatkan kipas angin atau pendingin udara dapat mengurangi nyamuk masuk ke dalam rumah. Nyamuk juga merupakan hama berdarah dingin yang artinya mereka akan lebih aktif dalam suhu hangat. Jadi, suhu ruangan yang sejuk dan dingin akan menyulitkan nyamuk beraktivitas.

6. Potong Serta Bersihkan Tanaman Liar Di Pekarangan Rumah

Pekarangan yang ditumbuhi rumput hijau memang enak dilihat. Namun tahukah anda bahwa rumput yang lebat menjadi sarang nyamuk berkembang biak. Ketika hujan datang, tidak semua air akan terserap dalam tanah, rerumputan liarlah yang menyimpan genangan air yang menjadi tempat kesukaan nyamuk. Untuk itu, potong rumput liar sebagai cara mencegah nyamuk masuk rumah.

Indonesia sebagai salah satu negara tropis memiliki risiko tinggi terhadap penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk. kendati demikian, anda dapat menerapkan beberapa cara dalam ulasan tersebut untuk mengurangi nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Anda juga dapat menggunakan jasa FUMIDA untuk membasmi populasi nyamuk dalam rumah.

Alasan Mengapa Semua Jenis Lalat Rumah Berbahaya Bagi Kesehatan Manusia

Mengulik 5 Alasan Mengapa Semua Jenis Lalat Rumah Berbahaya Bagi Kesehatan Manusia

Lalat menjadi salah satu hama yang membawa banyak sekali penyakit. Tak heran, semua makanan yang sudah dihinggapinya tidak boleh dimakan lagi. Lantas, apa yang menjadikan jenis lalat rumah berbahaya bagi kesehatan manusia selain membawa banyak penyakit? Temukan jawaban atas pertanyaan tersebut dalam penjelasan di ulasan berikut ini.

Alasan Mengapa Lalat Berbahaya Bagi Kesehatan Manusia

1. Menyebabkan Diare Akut

Tak bisa dipungkiri, masih banyak sekali orang yang menganggap remeh sakit diare. Padahal jika dibiarkan, diare akan menjadi masalah kesehatan yang akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, tanpa penanganan yang tepat diare juga dapat menyebabkan kematian. Hal ini diakibatkan kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi hingga darahnya mengental.

Tahukah anda bahwa penyakit diare sebagian besar dibawa oleh lalat? Saat anda meletakkan makanan sembarangan, lalat akan hinggap dan merusak higienitas makanan tersebut dan akan menyebabkan diare. Untuk itu, penting bagi anda memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hindari membeli makanan di tempat yang kurang bersih.

2. Dapat Menyebabkan Disentri

Makanan yang dihinggapi lalat juga dapat menyebabkan orang yang mengonsumsinya mengalami disentri. Pada dasarnya gejala disentri hampir mirip dengan diare yang disebabkan jenis lalat rumah berbahaya, namun disentri memiliki perbedaan yakni keluarnya darah pada feses.

Bahkan penyakit disentri yang disebabkan lalat terbagi menjadi dua, yakni disentri basiler dan disentri amuba. Disentri basiler ditularkan oleh bakteri shigella yang hinggap di tubuh lalat. Sementara disentri amoeba disebabkan oleh amuba yang hinggap pada lalat tropis. Makanan yang dihinggapi jenis lalat tersebut akan menjadi penyebab disentri.

3. Tifus

Bahaya lalat yang juga perlu anda waspadai adalah dapat menularkan penyakit tifus. Mungkin sebagian dari anda belum memahami bahwa penyakit tifus juga bisa disebabkan oleh hama lalat yang membawa bakteri Salmonella Typhi. Selain dari makanan, tifus yang disebabkan oleh lalat ini juga bisa ditularkan lewat air yang sudah terinfeksi.

Untuk menghindari penyakit tifus yang ditularkan lalat, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan rumah terutama pada bak mandi. Lalat sangat menyukai tempat yang kotor dan lembab. Oleh karenanya anda harus membersihkan rumah secara berkala dan menjaga rumah agar tetap steril jenis lalat rumah berbahaya.

4. Lalat Dapat Menyebabkan penyakit Hepatitis A

Sebagai informasi, kaki lalat mampu menyebarkan virus hepatitis A hanya dalam waktu 1 sampai 2 detik saja. Virus hepatitis A ini juga dapat disebarkan di sayap lalat yang akan berpindah ke segala tempat yang dihinggapinya. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa membasmi lalat dengan menggunakan cairan pembasmi hama lalat secara berkala.

5. Lalat Menyebabkan Penyakit Kolera

Hal yang paling berbahaya dari lalat adalah dapat menimbulkan penyakit kolera yang berujung kematian. Kolera sendiri disebabkan oleh bakteri Vibrio Cholerae yang berada di tubuh lalat, khususnya lalat hijau. Segala jenis makanan atau bahkan minuman yang dihinggapi lalat ini harus dibuang.

Jika anda mengonsumsi makanan yang dihinggapi lalat hijau, maka tidak menutup kemungkinan lalat tersebut membawa banyak penyakit yang berbahaya. Jika hal ini diabaikan, maka kemungkinan besar anda akan meningkatkan risiko terkena penyakit kolera yang menimbulkan kematian karena jenis lalat rumah berbahaya tersebut.

Lalat merupakan satu jenis hama yang membahayakan kesehatan manusia. Lalat yang gemar mengunjungi tempat kotor akan membawa berbagai penyakit berbahaya. Untuk menghindari bahaya lalat, anda memerlukan jasa pembasmi lalat yakni FUMIDA yang sangat berkualitas. Jasa tersebut mampu menumpas berbagai hama hingga ke akarnya.

Kebiasaan Yang Berpotensi Mengundang Hama

Yuk Simak 6 Kebiasaan Yang Berpotensi Mengundang Hama Masuk Ke Dalam Rumah

Seperti yang anda tahu, hama atau serangga tak mungkin datang ke rumah jika kondisi rumah bersih, sehat, dan memiliki lingkungan yang baik. Berbagai kebiasaan buruk juga dapat mengundang serangga untuk masuk ke dalam rumah. Lantas, apa saja kebiasaan buruk yang dapat mengundang hama masuk ke dalam rumah? Yuk simak disini!

Kebiasaan Buruk Ini Dapat Membuat Hama Atau Serangga Masuk Rumah

1. Membiarkan Rumah Berantakan

Lingkungan yang buruk tidak selalu soal makanan yang berserakkan, melainkan tempat yang tidak tertata dan banyak barang barang yang bertumpuk pada satu sisi rumah. Tahukah anda, membiarkan rumah berantakan dapat mengundang hama atau serangga masuk ke rumah? Ini dikarenakan hama paling menyukai lingkungan tertutup dan berserakan.

Entah itu setumpuk koran, beberapa kotak yang tergeletak, hingga perabot rumah tangga yang sudah tidak digunakan lagi. Kondisi rumah yang demikian menjadi tempat favorit bagi serangga untuk melangsungkan kehidupannya. Bahkah, hewan pengerat seperti tikus akan membangun sarang di ruangan yang gelap dan juga berantakan.

Sementara hama kecil seperti laba laba atau kecoa akan sering berlindung dalam lingkungan yang tertutup seperti tumpukan koran dan perabot rumah tangga yang tak digunakan. Cara mencegah hama masuk ke dalam rumah adalah rajin membersihkan dan membereskan rumah yang berantakan. Lakukan pembersihan secara berkala agar hunian tetap bersih dan sehat.

2. Tidak Segera Menutup Lubang Dan Celah Dalam Rumah

Lubang atau celah dapat menjadi akses terbaik bagi para hama untuk dapat masuk ke rumah. Beberapa tempat seperti dinding tempat kabel, pipa bocor, dan saluran air yang berlubang dapat menjadi kesempatan emas bagi para serangga dan hama untuk masuk rumah. Agar hal ini tidak terjadi, maka segeralah menutup lubang dalam rumah.

3. Tidak Membuat Sampah Secara Reguler

Seperti yang anda tahu, hama menyukai makanan bekas dan limbah rumah tangga dalam rumah. Limbah sampah yang tidak segera dibuang akan menjadi alasan mengapa hama datang ke rumah. Selain membuang sampah secara teratur, penting bagi anda untuk memastikan bahwa tempat sampah dalam kondisi bersih.

4. Tidak Memperbaiki Kebocoran

Terlepas dari lubang, kebocoran juga menarik hama masuk ke dalam rumah dan membuat seisi rumah merasa tidak nyaman. Perlu anda tahu, beberapa jenis hama sangat menyukai tempat lembab untuk dapat berkembang biak. Maka dari itu, jangan tunda untuk memperbaiki kebocoran dalam rumah.

5. Tidak Segera Memperbaiki Jendela Atau Ventilasi

Selain lubang dan celah, hama juga bisa masuk lewat jendela dan ventilasi. Bahkan, beberapa lubang kecil pun akan menjadi kesempatan bagi serangga untuk bisa masuk ke rumah. Sebagai saran, alangkah baiknya untuk sesegera mungkin memperbaiki jendela rusak. Tutupilah ventilasi dengan kasa atau kawat untuk mencegah hewan masuk.

6. Malas Bersihkan Alat Dapur

Alat dapur yang digunakan untuk memasak akan meninggalkan noda yang disukai serangga seperti tikus dan kecoa. Penciumannya yang tajam akan berusaha mencari dimana aroma bekas masakan berasal. Untuk menghindari serangga datang, jangan lupa selalu membersihkan peralatan dapur setelah digunakan agar terhindar dari hama masuk ke dalam rumah.

Rumah yang bersih, sehat, dan jauh dari gangguan hama merupakan dambaan setiap rumah. Namun apa daya kebiasaan buruk penghuni rumah-lah yang dapat mengundang hama masuk. Guna menyiasati hal tersebut, anda dapat bekerja sama dengan jasa FUMIDA untuk membasmi segala jenis hama yang datang ke rumah.

Jenis Hama Masuk Rumah Membahayakan Kesehatan

Patut Waspada! 6 Jenis Hama Masuk Rumah Ini Dapat Membahayakan Kesehatan Anda

Anda tentu setuju bahwa hama adalah tamu tak diundang yang wujudnya teramat mengganggu dan menimbulkan keresahan bagi penghuni rumah. Bahkan, beberapa jenis hama tergolong sangat berbahaya karena dapat membahayakan kesehatan penghuni rumah. Berikut akan dijelaskan jenis hama masuk rumah yang berbahaya bagi kesehatan.

Jenis Hama Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Para Penghuni Rumah

1. Kecoa

Hampir setiap umat manusia merasa jengkel jika rumahnya dihuni koloni kecoa yang sangat menjijikan ini. Kecoa sering kali ditemukan merayap di beberapa titik kotor dalam rumah, seperti tempat sampah atau tumpukan cucian piring. Tahukah anda, serangga ini juga membawa pengaruh buruk bagi kesehatan penghuni rumah?

Kecoa sendiri membawa virus dan berbagai penyakit menular yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Mereka membawa bakteri Salmonella yang disebarkan sepanjang jalan yang dilintasinya. Jika terkontaminasi pada makanan yang dikonsumsi manusia, maka akan mengganggu sistem pencernaan dan organ tubuh lainnya.

Perlu anda waspadai, kecoa juga sangat menyukai berbagai jenis makanan yang anda masak. Setiap noda yang terciprat dari proses memasak juga dapat menarik serangga ini untuk datang ke rumah. Maka dari itu, selalu pastikan hunian dalam keadaan bersih dan terbebas dari hama masuk rumah yang akan mengganggu kesehatan penghuni rumah.

2. Cicak

Pada dasarnya, cicak merupakan hewan pengendali hama organik yang datang ke rumah anda. Cicak gemar mengonsumsi berbagai serangga terbang seperti nyamuk dan lalat. Secara tidak langsung, hama lalat dan nyamuk dalam rumah anda akan berkurang karena kehadiran cicak pemakan hama tersebut.

Meski terkesan tidak berbahaya, cicak sebenarnya juga dapat mempengaruhi kesehatan pemilik rumah. Hal ini dikarenakan sifat cicak yang gemar membuang kotoran sembarangan yang dapat menimbulkan sarang penyakit. Selain itu, suara yang ditimbulkannya setiap malam juga akan sangat mengganggu waktu istirahat penghuni rumah.

3. Kutu Busuk

Bagi anda yang belum tahu, kutu busuk memiliki ukuran tubuh yang kecil dan cenderung pipih. Namun siapa sangka dengan tubuhnya yang begitu kecil, kutu busuk mampu membuat kesehatan manusia terganggu. Keberadaan serangga yang sulit dideteksi mata manusia, membuat manusia kesulitan membasmi hama masuk rumah ini.

Biasanya, kutu busuk akan menggigit kulit manusia saat sedang terlelap di malam hari. Inilah alasan mengapa gigitannya tidak begitu terasa dan tidak menimbulkan rasa sakit. Namun menjelang esok hari ketika terbangun dari tidur, kulit yang terkena gigitan serangga kecil ini akan menimbulkan rasa sakit dan gatal.

Hidup dengan rumah yang penuh kutu busuk akan membuat kesehatan anda benar benar terganggu. Tak hanya rasa sakit dan gatal, akibat dari gigitan kutu busuk secara terus menerus juga akan berdampak pada kulit tubuh manusia. Maka dari itu, kendalikan kehadiran kutu busuk dalam rumah dengan semprotan pembunuh serangga.

4. Nyamuk

Nyamuk adalah salah satu hama dalam rumah yang paling sering ditemui. Anda tentu tahu bahwa nyamuk juga dapat membuat kesehatan manusia terganggu. Bahkan, salah satu jenis nyamuk yang menggigit permukaan kulit akan membuat orang yang digigit mengalami masalah kesehatan berupa Demam Berdarah karena hama masuk rumah ini.

Semua pemilik rumah tentu akan sangat terganggu dengan kehadiran hama yang menjijikan dan mengganggu kesehatan. Untuk mengatasi hal tersebut, anda membutuhkan bantuan jasa pembasmi serangga yakni jasa FUMIDA yang akan menumpas hama dalam rumah hingga ke akar. Dengan begitu, rumah anda akan terbebas dari serangan hama yang berbahaya.

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123