Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang biasanya tinggal di lingkungan kotor. Selain berkeliaran di rumah untuk mengotori dan merusak beberapa perabotan di dalamnya, tikus juga banyak ditemukan di pesawahan. Kehadirannya sangat membuat petani resah dan merasa jengkel. Oleh karena itu tikus termasuk salah satu hama yang harus diberantas sampai tuntas.

Tikus menjadi musuh bagi para petani di sawah. Pasalnya hewan satu ini kerapkali merusah tanaman padi yang membuatnya gagal panen. Jadi tidak heran jika para petani menjadikannya sebagai musuh. Dari dulu sampai sekarang sudah banyak upaya yang dilakukan petani untuk memberantas hama tikus. Mulai dari cara yang alami, tradisional sampai menggunakan perangkap khusus.

Cara Ampuh Untuk Membasmi Tikus-Tikus Sawah

Dari sekian banyaknya cara yang dilakukan terkadang menghasilkan harapan yang sesuai, ada juga yang tidak. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang dikenal paling ampuh untuk membasmi tikus sawah sampai beres diantaranya :

  1. Menanam padi serentak

Di area pesawahan yang luas, biasanya penanaman padi akan dilakukan secara serentak dalam satu waktu. Salah satu tujuannya untuk mencegah ketersediaan makanan bagi hewan pengerat tikus. Jika penanamannya dilakukan bergiliran, hal ini sama saja menyediakan makanan untuk tikus setiap waktu.

Sebaliknya, ketika penanaman padi dilakukan serentak maka tikus akan kehilangan makanannya. Akibatnya tikus-tikus bisa mati kelaparan dan serangan hama tikus bisa berkurang. Sehingga diharapkan pada penanaman padi selanjutnya tidak ada lagi hama tikus yang menyerang pesawahan petani.

  1. Menggunakan rodentisida

Rodentisida atau lebih dikenal dengan racun tikus bisa Anda gunakan untuk membasmi tikus di sawah. Tapi cara ini akan lebih efektif jika dilakukan ketika jumlah tikus sudah terlalu banyak. Perlu diingat bahwa penggunaan racun tikus harus disesuaikan dengan dosis yang dianjurkan karena di dalamnya terdapat kandungan bahan kimia berbahaya.

  1. Memanfaatkan musuh alami

Jika di rumah musuh alami tikus adalah kucing, maka di area pesawahan musuh alaminya yaitu burung hantu. Dengan melepas burung hantu di pesawahan Anda bisa mengurangi populasi tikus. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ular yang berperan sebagai predator tikus.

  1. Melakukan mina padi

Untuk membasmi tikus di sawah, Anda bisa menerapkan metode mina padi. Mina padi adalah upaya penggabungan dua jenis budidaya. Misalnya tanaman padi dengan ikan. Sawah yang memiliki genangan air tawar ini bisa Anda manfaatkan untuk budidaya ikan.

Jenis ikan yang bisa Anda budidayakan yaitu nila. Ikan nila termasuk ikan dengan nilai jual yang tinggi. Selain mengurangi hama tikus, hasil produksi ikan nilai tentu saja sangat menguntungkan. Lahan pertanian Anda akan lebih produktif karena menghasilkan dua jenis komoditas.

  1. Melakukan fumigasi

Fumigasi adalah metode pengasapan yang dilakukan untuk membasmi hama. Cara ini dikenal cukup ampuh untuk membunuh tikus-tikus di sawah. Semua jenis tikus baik yang kecil atau besar bisa dibasmi dengan mudah.

  1. Memburu tikus langsung

Cara terakhir yaitu dengan memburu tikus secara langsung. Pemburuan ini termasuk cara tradisional yang kerap dilakukan para petani dengan mencari lubang sebagai sarang tikus. Jika sudah ditemukan, lubang ini akan dibongkar dan diisi dengan tanah sehingga tidak akses masuk lagi untuk tikus.

Cara lainnya dengan membuka saluran irigasi sehingga menyebabkan sarang tikus tergenang air. Jika sudah tergenang air, tikus-tikus akan keluar dari sarangnya. Pada saat inilah para petani berama-ramai untuk membasmi tikus. Setelah itu, sawah akan dikurangi airnya seperti semula.

Meskipun sudah dilakukan cara sedemikian rupa, hama tikus sawah sepertinya tidak akan pernah habis. Sehingga Anda memerlukan bantuan dari pihak lain seperti jasa pengendalian hama. Fumida salah satu perusahaan pengendalian hama siap membantu Anda untuk membasmi dan memberantas tikus. Tersedia layanan konsul gratis yang bisa Anda dapatkan dari tenaga ahli dan professional dengan menghubungi customer service Fumida di 0822-1123-1123 dan 021-29049130.

 

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123