fbpx

Cara Mengetahui Di Mana Lokasi Sarang Tikus di Rumah

Tikus merupakan salah satu jenis hewan pengerat yang sering Anda temui. Biasanya, Anda menemui hewan omnivora ini di berbagai tempat yang menjijikan seperti di tempat pembuangan sampah, got atau selokan serta tempat kotor lainnya.

Keberadaan mereka di tempat-tempat kotor dan menjijikan berimbas pada penyakit. Tikus terkenal sebagai salah satu pembawa berbagai jenis penyakit berbahaya yang dapat ditularkan kepada manusia hanya melalui kontak dengan kotoran atau air seninya.

Salah satu penyakit berbahaya yang dapat ditularkan tikus kepada manusia adalah penyakit pes. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui dimanakah lokasi sarang tikus di rumah dan di mana letak sarang mereka berada di dalam rumah Anda.

Di Mana lokasi sarang tikus di rumah?

Untuk mengetahui dimanakah lokasi sarang tikus di rumah, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Memang agak sulit untuk mengetahui di mana lokasi sarang tikus yang telah dibangun di dalam rumah Anda karena ukuran tikus yang kecil dan sulit dideteksi keberadaan sarangnya namun bukan berarti bahwa hal tersebut mustahil dapat dilakukan. Berikut ini merupakan tempat-tempat favorit tikus yang biasanya digunakan oleh para tikus ketika membangun sarangnya.

  • Atap atau loteng rumah

Tempat favorit tikus dalam membangun sebuah sarang di dalam rumah biasanya berada di atap atau loteng rumah. Kondisi yang lembab, sejuk, terpencil serta jauh dari keberadaan manusia membuat tikus nyaman membuat sarang di atap atau loteng rumah.

Lokasinya yang jauh dari manusia membuat tikus memiliki rasa aman di dalam loteng atau atap rumah Anda dan akhirnya menjadikan tempat tersebut sebagai lokasi sarang tikus.

Selain itu, biasanya, atap atau loteng memiliki spot kayu dan bahan lainnya yang akan digunakan oleh tikus dalam membangun dan membuat sarangnya. Kayu-kayu yang berada di dalam loteng atau atap rumah Anda akan menjadi penghangat di dalam sarang tikus.

  • Lubang dinding

Lokasi favorit tikus dalam membangun sarangnya adalah di balik dinding. Biasanya, tikus akan membuat sebuah lubang kecil yang akan menjadi akses utama para tikus menuju sarang mereka di balik tembok. Pemilihan temboknya pun biasanya berada di tempat-tempat yang jauh dari keramaian seperti di balik tembok pojok di dapur.

Baca juga  Melayani Pembasmian Hama Pestcontrol Rayap dll daerah Bojong Pondok Terong Telp 021-29049130

Sama seperti di loteng atau di atap, tikus memilih membangun sarang di balik tembok karena udara di balik tembok yang hangat, suhunya sejuk, dekat dengan sumber makanan serta rasa aman karena jauh dari manusia.

  • Di balik lemari

Tempat selanjutnya dimanakah lokasi sarang tikus di rumah adalah di balik lemari. Biasanya, tikus yang membangun sarang di balik lemari adalah tikus atap karena memiliki ukuran tubuh yang kecil dan lentur seperti karet.

Selain itu, ukurannya yang pipih memudahkan tikus atap untuk dengan leluasa membangun sarang di dalam lemari atau di balik lemari pakaian. Sejuknya suhu dari tumpukkan pakaian membuat para tikus nyaman sehingga membangun sarang di dalam lemari pakaian. Selain itu, pemilihan lemari sebagai sarang utama tikus adalah karena lokasinya yang dekat dengan sumber makanan.

Karena letaknya yang dekat dengan sumber makanan sehingga hal tersebut memudahkan tikus-tikus dalam mencari sumber makanan dan dibawanya ke dalam sarang.

Lantas, setelah Anda mengetahui keberadaan sarang tikus tersebut di dalam rumah Anda, apa yang harus Anda lakukan guna membasmi sarang tikus tersebut? Setelah Anda mengetahui dimanakah lokasi sarang tikus di rumah Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan segera menghancurkan sarang tersebut agar tikus tidak kembali lagi ke sarangnya tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang dapat menjadi pembawa penyakit bagi manusia. Penyakit-penyakit tersebut akan ditularkan dari tikus ke manusia melalui kontak kotoran, air seni atau gigitannya.

Selain itu, tikus juga merupakan hewan yang sangat produktif. Dalam penelitiannya, sekelompok peneliti dan ahli hewan pengerat meneliti bahwa tikus dapat menghasilkan dan berkembang biak mencapai ribuan tikus dalam rentang waktu satu tahun reproduksi. Untuk itu, penting bagi Anda untuk segera membasmi sarang tikus yang berada di dalam rumah setelah Anda menemukannya.

Baca juga  Cara Mengusir Tikus dari Plafon Rumah

Adapun tips yang bisa Anda lakukan agar tikus tidak kembali setelah Anda mengetahui dimanakah lokasi sarang tikus di rumah.

Pertama, selalu jaga kebersihan. Jangan membuang sampah sisa makanan di sembarang tempat. Selain dapat mengundang tikus, makanan sisa akan mengeluarkan bau yang tidak sedap jika dibiarkan terlalu lama.

Kedua, tutuplah lubang yang berpotensi menjadi sarang tikus. Anda dapat menutupnya dengan semen atau dengan kayu agar tikus tidak mampu menembusnya.

Ketiga, rajin membersihkan rumah Anda. Hal ini mutlak dilakukan guna menghilangkan serbuk-serbuk kayu yang menjadi fondasi dasar sarang tikus.

Selain itu, semprotkan cairan anti kuman di pojok-pojok ruangan yang berpotensi sebagai jalur keluar masuknya tikus. Biasanya, tikus tidak menyukai bau semprotan anti kuman sehingga para tikus akan menghindari lokasi tersebut dan enggan kembali ke dalam rumah Anda.

Terakhir, jika tikus masih saja datang, Anda dapat menggunakan media atau alat perangkap tikus. Tikus merupakan hewan yang cerdas. Jika seekor tikus melihat temannya terjebak, tikus lainnya akan tahu bahwa tempat tersebut merupakan tempat yang berbahaya sehingga tidak akan kembali lagi.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123