fbpx
Lalat

Warung merupakan salah satu tempat yang terjadi banyak aktivitas. Selain itu, di warung juga terdapat banyak bahan makanan, baik bahan makanan segar maupun bahan makanan kemasan. Sehingga tidak mengherankan terkadang banyak lalat berkeliaran di sekitar wilayah warung yang terkadang menghinggapi barang-barang yang dijual.

Lalat

Supaya tidak terlalu banyak lalat berkeliaran di warung maka sebaiknya segera usir. Jika dibiarkan begitu saja, lalat-lalat tersebut kemungkinan bisa menyebarkan penyakit ketika menghinggapi bahan makanan. Akan tetapi, bahan pengusir lalat yang digunakan harus bahan alami supaya tidak merusak bahan makanan dan menyimpan residu kimia yang nantinya bisa tersaji pada makanan. Lalu, apa saja bahan alami yang bisa digunakan?

Daun Pandan

Bagi orang-orang yang suka memasak, tentunya tidak asing lagi dengan daun pandan. Daun yang memiliki aroma khas ini ternyata bisa juga digunakan sebagai salah satu cara mengusir lalat di warung. Cara penggunaannya tidak rumit dan tidak perlu dimasak atau diolah terlebih dahulu. Semuanya bisa dilakukan langsung, hanya membutuhkan pisau dan wadah kecil sebagai tempat tampung.

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu beberapa lembar daun pandan. Kemudian cuci daun-daun tersebut hingga bersih. Setelah itu, iris daun pandan hingga menjadi potongan kecil lalu taruh di wadah atau mangkuk. Letakkan mangkuk atau wadah berisi irisan daun di tempat-tempat yang biasa dikerumuni oleh lalat. Perlahan-lahan, lalat pun akan menjauh karena mencium bau dari potongan daun pandan.

Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan yang biasanya digunakan untuk memasak dan bahan campuran pada beberapa ramuan pengobatan. Selain berguna untuk kesehatan, cuka apel juga dikenal ampuh untuk mengusir lalat-lalat yang mengganggu dan berkeliaran di sekitar warung. Jika Anda biasa menggunakan cuka apel maka akan lebih mudah untuk uji coba, jika tidak belilah terlebih dahulu cuka apel tersebut.

Cara mengusir lalat di warung menggunakan cuka apel tidak kalah sederhana seperti menggunakan daun pandan. Siapkan terlebih dahulu botol atau gelas sebagai tempat tampung. Tuangkan cuka apel ke tempat tersebut setengahnya saja. Kemudian, tutup bagian atasnya menggunakan plastik. Jangan lupa untuk memberi lubang di bagian atas sebagai jalan masuk lalat. Letakkan di beberapa sudut tempat lalat berkerumun maka lalat akan tertarik dengan baunya.

Lilin

Mungkin, bagi sebagia orang sudah sering menggunakan lilin untuk mengusir lalat yang berkeliaran. Bukan hanya di warung, penggunaan lilin untuk mengusir lalat ini juga sering kali digunakan di rumah makan dan juga rumah tempat tinggal. Untuk mengusir lalat, Anda hanya perlu menyalakan sebatang atau dua batang lilin. Letakkan lilin tersebut di meja atau di dekat makanan yang sering dikerumuni lalat.

Lem Lalat

Jika merasa membuat dan memasang jebakan sendiri itu cukup rumit, maka ada cara mengusir lalat di warung yang praktis dan anti ribet. Cara tersebut adalah dengan memasang lem lalat di sudut-sudut tempat para lalat hilir mudik. Lem lalat ini bisa dengan mudah dibeli di toko swalayan maupun minimarket terdekat. Dengan meggunakan lem, lalat bukan hanya mampu diusir tapi juga dibasmi.

Daun Kemangi

Daun kemangi biasanya dijadikan lalapan yang disantap bersama sambal. Kemangi juga biasanya dimasukkan ke dalam air untuk cuci tangan supaya setelah makan tangan tidak bau. Tapi, tahukah Anda bahwa daun kemangi juga ternyata bisa sangat berguna mengusir para lalat supaya tidak mendekat? Selain di rumah makan, campuran air daun kemangi ini bisa digunakan mengusir lalat di warung.

Air dalam Plastik

Pernahkah Anda melihat ada air di dalam plastik yang digantung di depan suatu warung atau rumah makan? Jangan heran, air di dalam plastik ini bukan jampi-jampi mengumpulkan banyak pelanggan melainkan berfungsi sebagai pengusir lalat. Cara ini sangat sederhana dan bisa langsung digunakan di warung Anda. Letakkan kantung air ini di dekat makanan yang sering dihinggapi dan di area tempat pembeli duduk.

Perangkap Lalat dari Botol

Cara mengusir lalat di warung selanjutnya bisa dengan membuat perangkap lalat sendiri dengan membuatnya dari botol. Untuk membuat perangkap ini gunakan botol bekas air minum ukuran 1.5 liter. Bagi dua botol tersebut dengan bagian bawah lebih panjang dari bagian atas kemudian isi botol dengan air dan irisan buah manis. Moncong botol bagian atas tutup menggunakan plastik dan ikat dengan karet supaya tidak mudah terbuka.

Setelah itu, letakkan bagian atas botol secara terbalik ke bagian botol bawah yang sudah berisi air dan irisan buah. Perangkap lalat pun sudah jadi dan siap digunakan. Irisan buah yang terdapat pada air tersebut akan memancing lalat untuk mendekat dan kemudian memerangkap lalat yang mendekati. Dengan terperangkapnya lalat di dalam botol, warung Anda bisa terbebas dari gangguan.

Tanaman Pengusir Lalat

Selain menggunakan daun pandan, di alam ada juga tanaman lain yang bisa digunakan sebagai salah satu cara mengusir lalat di warung. Tanaman tersebut adalah tanaman bunga lavender. Bunga lavender sendiri terkenal dengan khasiat mengusir serangga seperti nyamuk. Selain mengusir lalat dan nyamuk, meletakkan bunga lavender di warung bisa meningkatkan keindahan bagian dalam warung tersebut.

Kipas Angin

Kipas angin ternyata bukan hanya berguna mengusir panas. Kipas ini juga bisa digunakan untuk mengusir lalat yang mengganggu. Anda bisa memasang kipas angin di sekitar makanan yang sering dihinggapi atau di tempat para pelanggan sering duduk. Selain untuk mengusir lalat, setidaknya kipas yang dipasang bisa memberi kesejukan bagi para pembeli yang tengah menunggu atau bergiliran berbelanja.

Semprotan Lalat Berbahan Alami

Beberapa bahan alami yang telah disebutkan di atas, seperti daun pandan, cuka apel dan lavender, bisa dibuat menjadi semprotan pengusir lalat. Masukkan larutan air dan bahan alami ke dalam alat semprotan. Gunakan semprotan ini ketika ada lalat terlihat di sekitar warung. Meskipun berbahan alami, ada baiknya jangan semprotkan langsung ke bahan makanan, cukup ke sekitar tempat penyimpanan saja.

Gunakan Aplikasi Pengusir Lalat

Cara mengusir lalat di warung ternyata bisa menggunakan bantuan teknologi juga. Di dapal ponsel pintar terdapat aplikasi pengusir lalat yang bisa diunduh. Ukuran aplikasi tersebut kecil sehingga cukup ringan untuk dijalankan di ponsel pintar Anda. Soal efektivitas, Anda bisa membuktikannya sendiri dengan mencobanya langsung untuk mengusir lalat-lalat yang berkeliaran di dekat Anda.

Jasa Pembasmi Lalat

Jika ternyata lalat yang ada di warung Anda sudah membandel dan sulit untuk diusir maka ada baiknya untuk segera minta bantuan jasa pengusir lalat atau serangga. Pastikan Anda memilih bantuan jasa yang tepat dan tidak menggunakan bahan yang berbahaya. Apalagi ini untuk mengusir lalat yang ada di warung, di mana bukan hanya ada benda-benda saja yang dijual tapi juga bahan makanan.

Untuk mengusir lalat tersebut, Anda bisa meminta bantuan jasa pengusiran lalat dari PT Fumida Pestindo Jaya, Perusahaan ini menyediakan layanan untuk mengusir serangga yang mengganggu. Cara mengusir lalat di warung pun dilakukan dengan memperhatikan standar keamanan, kenyamanan, keselamatan dan kesehatan, apalagi ketika membasmi serangga di dalam ruangan seperti warung. Jika anda membutuhkan layanan pembasmian lalat yang sudah berpengalaman dengan teknisi yang sudah bersertifikat, segera hubungi customer service kami di 0822-1123-1123 atau 021-29049130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123