Penyebab Tikus Masuk Rumah dan Menyebarkan Penyakit

Jika anda menemukan banyak tikus berkeliaran di rumah, tandanya kebersihan rumah kurang terjaga baik. Pasalnya hewan menjijikkan ini suka hidup di tempat-tempat gelap dan kotor. Alhasil ketika kawanan tikus bersarang di rumah, bisa dipastikan sumber penyakit mengganggu kesehatan penghuninya. Oleh sebab itu, cari tahu beberapa penyebab tikus masuk rumah berikut ini.

Jangan Biarkan Tikus Berkembang Biak di Dalam Rumah

1. Mencium Sumber Makanan

Tikus termasuk hewan pemakan apapun yang pernah dimakan oleh manusia. Itulah sebabnya anda kerap kali menemukan makanan dalam kondisi berantakan, jika dibiarkan terbuka di atas meja makan. Hal ini karena tikus mempunyai kumis yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan makanan dan membedakan jenis makanan, sekalipun berada di lemari dapur.

Apabila tidak segera diberantas, tikus akan menyebarkan penyakit dan membahayakan kesehatan. Sebab hewan berbulu ini melepas bakteri Salmonella, penyebab munculnya gejala diare parah. Berawal dari makanan yang tekontaminasi melalui urin dan feses yang dikeluarkan. Maka dari itu, anda perlu waspada jika tikus masuk rumah dan segera berantas secepatnya.

2. Menemukan Genangan Air

Tikus memang nyaman hidup di tempat lembab, seperti sumber air di dalam rumah. Karena hewan ini membutuhkan sekitar 15-30 ml air setiap hari, apalagi setelah makan makanan kering. Tak heran jika anda menemukan tikus yang hidup di sekitar pipa air. Itulah mengapa anda harus rajin membersihkan genangan air agar tidak menjadi sumber penyakit.

3. Kondisi Rumah yang Kotor

Umumnya tikus mencari tempat tinggal yang aman dan hangat untuk melindungi anak-anaknya. Lokasi potensial bagi tikus adalah area loteng serta tumpukan barang-barang tak terpakai. Kondisi tempat yang gelap dan kotor dianggap sebagai habitat yang tepat untuk berkembang biak. Disanalah anda akan menemukan indukan tikus beserta anak-anaknya.

Paling berbahaya apabila tikus masuk rumah tersebut sudah agak besar, lalu menjajah makanan di dalam rumah. Maka anda tidak boleh merasa bahwa makanan di dalam lemari, ataupun di atas meja aman-aman saja. Justru anda harus was-was dan segera mencari sumber habitat hewan warna abu-abu ini.

4. Jarang Membersihkan Alat Rumah Tangga

Bagi anda yang malas membersihkan peralatan rumah tangga, tandanya harus bersiap bila tikus mulai menjarah rumah. Hal ini karena alat-alat tersebut dalam kondisi kotor dan aromanya disukai hewan bulu ini. Apalagi setelah anda menyapu remahan makanan tanpa dibersihkan kembali, atau hobi menumpuk piring kotor di dapur. Bisa dipastikan anda memancing tikus untuk berdatangan.

5. Ada Rongga di Tembok

Salah satu alasan mengapa tikus masuk rumah ialah adanya rongga di sela-sela tembok. Bagi tikus tempat tersebut gelap dan hangat untuk berlindung dari ancaman manusia. Sebab pada dasarnya hewan berbulu ini mempunyai sifat penakut. Jadi sebisa mungkin mencari tempat tinggal yang aman dari jangkauan manusia.

6. Ada Tumpukan Kardus

Sesuai dengan habitat favorit tikus yaitu tempat gelap dan tersembunyi, maka kardus termasuk salah satunya. Kardus yang menumpuk di pojokan rumah atau di gudang, menjadi lokasi yang nyaman untuk tikus. Oleh sebab itu, anda disarankan untuk membuang kardus-kardus tak terpakai agar tidak menjadi sumber penyakit.

Keberadaan tikus di rumah memang meresahkan, karena membawa bakteri penyebab sumber penyakit. Maka dari itu, anda harus segera memberantasnya sampai tuntas tak tersisa. Untuk masalah ini anda dapat mengandalkan FUMIDA, selaku jasa pembasmi hama. Selain menghilangkan tikus, FUMIDA juga malayani jasa untuk penyemprotan disinfektan.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123