fbpx
Gambar Hewan Perusak Tanaman - belalang

Jangan biarkan tumbuhan Anda dihancurkan oleh hewan perusak tanaman. Meski bentuknya kecil, mereka harus segera diusir karena bisa membuat daun berlubang dan mengganggu proses perkembangan.

Mayoritas hewan yang bisa merusak tanaman memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil. Penanganan yang umum dilakukan adalah dengan membuangnya atau memberi insektisida.

Namun, pemberian insektisida saja kadang tidak cukup manakala serangan hama ini begitu banyak dan meluas. Perlu dilakukan hal yang konkret untuk membasmi mereka agar tumbuhan sehat kembali.

Tapi sebelum itu, mari kenalan dulu dengan beberapa hama yang bisa menciptakan kerusakan pada tumbuhan.

5 Hewan perusak tanaman yang perlu diwaspadai

Berikut ini adalah beberapa hama yang sering ditemukan merusak tanaman di Indonesia:

Kutu putih

Kutu putih ini berbeda dengan kutu busuk yang bisa menyebabkan gigitan serangga kasur. Mereka umumnya muncul di tanaman hias. Bentuknya sangat kecil sehingga jarang mendapatkan perhatian. Biasanya cara untuk mengatasinya adalah dengan menyiramkan air detergen.

Komposisi yang bisa digunakan adalah detergen cair satu sendok makan dicampur dengan satu liter air. Campuran ini bisa ditaruh ke botol semprot agar lebih mudah diaplikasikan.

Ulat

Ketika ada tanaman yang daunnya rombeng dan sobek di bagian pinggir atau berlubang di tengah-tengah secara acak, bisa jadi ini adalah ulah dari ulat.

Ulat sangat mungkin merusak daun-daun yang ada di tanaman hias, dedaunan yang ada di pohon, dan yang lainnya.

Biasanya jumlahnya akan terus bertambah dan bisa berpindah dari satu tanaman ke tanaman lainnya. Bahkan, beberapa kali bisa mengakibatkan wabah di satu tempat.

Baca juga  Jasa Fumigasi di Jakarta

Serangan ulat ini biasanya musim-musiman. Merekalah yang bisa merusak daun di pohon jati, mangga, dan yang lainnya. Sampai mereka berubah menjadi pupa atau kepompong, maka daun tersebut akan terus digerogoti sampai habis.

Masalahnya, hewan satu ini tidak hanya memberikan dampak tak bagus pada tanaman, tapi juga tak bagus buat kesehatan. Karena beberapa jenis ulat bisa menyebabkan rasa gatal di kulit. Bila digaruk bisa jadi kemerahan dan makin menjalar luas.

Untuk mengatasinya, cobalah membuangnya secara mekanis, boleh pakai tangan atau alat. Lihat jenis ulatnya. Anda juga bisa menggunakan insektisida secara rutin sesuai dengan anjuran produk yang digunakan.

Belalang

Hewan Perusak Tanaman - belalang

Sama halnya dengan ulat, ciri serangan serangga terbang ini adalah membuat daun berlubang, sobek, dan rombeng.

Di area persawahan, belalang ini biasanya menyerang secara masif pada tanaman padi. Penangkapan manual menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan. Namun, bila serangannya sudah sangat masif dan banyak, penangkapan manual tak lagi efektif.

Tikus

Hama satu ini tidak hanya hadir di rumah-rumah, tetapi juga bisa menyerang tanaman padi. Biasanya tikus yang menyerang padi di perkebunan disebut tikus sawah. Keberadaan mereka bisa menyebabkan kerugian yang besar pada petani.

Bahkan, jika serangannya sudah sangat masif, hewan ini juga bisa memperburuk kesehatan seseorang. Sebab kuman yang ada dalam tubuhnya sangat banyak.

Spider mite

Hama lain yang bisa merusak tanaman adalah laba-laba. Hewan ini bekerja dengan cara menyerap cairan dari dalam tanaman.

Hasilnya, daun akan berwarna kuning dan muncul bercak-bercak pada bagian tumbuhan yang diisap oleh laba-laba tersebut.

Cara membasmi hewan perusak bunga tanaman yang masif

Ada banyak hewan perusak tanaman di dunia ini. Masalahnya, bila serangan mereka sudah masuk ke rumah, bangunan, atau pemukiman. Bukan tidak mungkin keberadaan mereka akan mengganggu kehidupan manusia.

Baca juga  Jasa Pembasmi Hama di Surabaya

Untuk mengatasi masalah ini dengan cepat dan efektif, Anda bisa memanggil jasa pest control. Tak hanya menanggulangi masalah hama di tanaman, tetapi juga rumah, restoran, bangunan pabrik, kantor, dan semacamnya.

Tenaga profesional dari Fumida sudah berlisensi dan berkompeten di bidang penanganan hama, termasuk hewan perusak tanaman. Hubungi kami di 0822.1177.1166 atau 021.2904.9130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123