Cara Atasi Rasa Gatal Akibat Ulat Bulu

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, tetapi dampak yang dapat ditimbulkan dari sistem pertahanan ulat bulu sangatlah berbahaya karena bisa membuat kulit gatal serta iritasi. Menurut para ahli, rasa gatal tersebut disebabkan oleh racun yang berada disekitar tubuh ulat bulu. Lalu, bagaimana cara atasi rasa gatal akibat ulat bulu? Simak ulasan berikut.

Cara Tepat Mengatasi Rasa Gatal Yang Diakibatkan Ulat Bulu

1.Menghilangkan Bulu

Apabila anda terkena serangan ulat bulu yang menyebalkan, sebaiknya langsung hilangkan bulu ulat yang sudah menempel di kulit anda. Cara menghilangkannya cukup menggunakan sarung tangan, kertas, selotip ataupun double tip. Jika tidak bisa melakukannya sendirian terlebih pada area badan yang sulit dijangkau, anda bisa meminta tolong pada orang yang saat itu dekat dengan anda.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan ketika anda terserang ulat bulu. Pasalnya, cara ini dilakukan dalam rangka untuk mencegah bulu bulu tersebut tidak menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. Jika bulu tersebut secara tidak sengaja menyebar, maka akan semakin merasa gatal hingga ke bagian tubuh yang lainnya.

2. Cuci Bagian Yang Terkena Bulu

Cara atasi rasa gatal akibat ulat bulu yang selanjutnya yaitu dengan mencuci bagian tubuh yang terkena ulat bulu. Apabila sudah melakukan cara pertama, selanjutnya cucilah bagian tersebut menggunakan air panas atau air hangat. Perlakuan ini bisa diterapkan untuk menghilangkan sisa bulu yang sekiranya masih ada di permukaan kulit.

Selain mencuci dengan air hangat, bisa juga anda membersihkan area yang gatal tersebut dengan menggunakan sabun mandi atau sabun antiseptik. Langkah ini sebagai upaya untuk membantu menghilangkan sisa racun yang bisa saja masih berada di bagian tubuh anda tanpa diketahui karena ukurannya yang sangat kecil.

3. Usap Dengan Beberapa Bahan

Jika dirasa bagian tubuh masih gatal, anda bisa menghilangkan rasa gatal tersebut dengan menggunakan beberapa bahan sederhana yang dianggap ampuh untuk menyembuhkan rasa gatal akibat ulat bulu. Diantaranya seperti mengusap bekas yang terkena hama menyebalkan itu dengan menggunakan garam.

Cara atasi rasa gatal akibat ulat bulu dengan menggunakan garam pun cukup mudah. Anda cukup oleskan garam lalu gosokkan garam tersebut selama kurang lebih lima menit pada daerah yang terkena ulat bulu. Penggunaan garam ini bisa menghilangkan bulu serta racun yang belum hilang ketika dicuci oleh air hangat ataupun sabun yang sebelumnya sudah anda lakukan.

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal yaitu dengan minyak kelapa atau es batu. Kedua bahan ini dipercaya bisa mengatasi kondisi pembengkakan dan juga kondisi nyeri pada bagian tubuh yang diakibatkan oleh racun yang berasal dari hama ulat bulu tersebut.

4. Menggunakan Salep

Sudah melakukan beberapa cara tersebut namun belum berhasil? Anda bisa menggunakan salep seperti salep hidrokortison atau antihistamin untuk atasi rasa gatal akibat ulat bulu yang menyerang. Jenis salep tersebut bisa dengan mudah anda dapatkan pada apotek atau toko obat terdekat.

Namun jika masih saja tidak berhasil, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini sangat dianjurkan untuk terlebih pada mereka yang memiliki alergi. Meskipun racun dari ulat bulu relatif tidak berbahaya, namun untuk orang yang memiliki alergi berpotensi memiliki dampak lain selain gatal gatal. Misalnya saja mengalami kondisi sesak nafas atau pusing.

Untuk mencegah adanya ulat bulu yang dapat menyerang penghuni rumah anda, bisa lakukan pembasmian hama dengan meminta bantuan dari FUMIDA yang merupakan jasa basmi hama yang telah berpengalaman. Tentu dengan cara ini anda bisa mengurangi resiko terkena serangan ulat bulu yang menjengkelkan.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123