Fogging atau pengasapan nyamuk adalah upaya yang dilakukan untuk membunuh nyamuk pembawa virus dengue. Virus dengue ini merupakan penyebab utama penyakit demam berdarah. Dengan dilakukannya pengasapan, nyamuk pembawa virus dengue yaitu Aedes aegypti yang bersarang di dalam rumah akan mati.

Meskipun fogging dinilai efektif untuk menekan angka penyakit demam berdarah, melakukan fogging ternyata tidak bisa sembarangan. Banyak hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan pengasapan nyamuk. Salah satunya fogging harus dilakukan dalam pengawasan yang tepat sehingga nyamuk bisa benar-benar mati.

Ini Penyebabnya Jika Pengasapan Nyamuk Dilakukan Sembarangan!

Sasaran utama fogging adalah nyamuk. Jika dilakukan sembarangan dan kurang tepat, tentunya fogging ini bisa salah sasaran. Selain itu, keefektifannya akan berkurang jika dilakukan secara asal-asalan. Terdapat bahaya pengasapan nyamuk yang bisa ditimbulkan. Diantaranya dapat mengganggu kesehatan seperti :

  • Gangguan pencernaan seperti mual, muntah dan diare
  • Gangguan sistem saraf seperti kelumpuhan dan kehilangan kesadaran
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh
  • Gangguan saluran pernapasan seperti iritasi bahkan bisa menyebabkan kanker saluran nafas
  • Gangguan kesuburan pada pria dan mempengaruhi kualitas sperma
  • Gangguan pada ibu hamil

Selain menyebabkan masalah kesehatan, fogging juga bisa mencemari lingkungan. Pengasapan nyamuk hanya berperan untuk memutus rantai pertama resiko penularan demam berdarah dan penyakit lain yang ditularkan oleh nyamuk. Sehingga fogging tidak dapat menjadi solusi jangka panjang untuk menghentikan wabah.

Ini Aturan Yang Benar Untuk Melakukan Pengasapan Nyamuk

Pengasapan nyamuk memerlukan adanya koordinasi terlebih dahulu dengan pihak pemerintah dan puskesmas setempat. Pasalnya jika dilakukan sembarangan dan tidak sesuai SOP, fogging hanya akan memberikan hasil yang sia-sia. Termasuk seperti yang sudah disebutkan sebelumnya fogging bisa membahayakan kesehatan. Inilah aturan yang tepat untuk melakukan fogging!

  • Pemilihan waktu yang tepat

Setelah melakukan koordinasi dengan pemerintah dan puskesmas setempat, pemilihan waktu fogging juga harus tepat. Nyamuk Aedes aegypty aktif pada pukul 08.00-11.00 dan 14.00-17.00. Pada waktu inilah mereka akan mulai beraksi untuk menggigit manusia.

Waktu yang tepat untuk melakukan fogging adalah sebelum masa nyamuk menggigit atau diantara waktu nyamuk aktif menggigit.

  • Dilakukan setelah ada kasus positif

Pengasapan nyamuk dapat dilakukan ketika sudah ada indikasi kasus demam berdarah satu atau lebih. Setelah itu, puskesmas akan melakukan penyelidikan dan di kroscek terlebih dahulu oleh lab. Jika hasilnya positif, fogging baru dapat dilakukan.

Apabila hasil penyelidikan epidemiologi ini negatif, maka pengasapan nyamuk tidak bisa dilakukan. Karena hal ini bisa merusak ekosistem yang ada. Salah satunya mematikan sejumlah serangga yang ada di lingkungan tersebut.

Seminggu setelah adanya kasus, fogging bisa dilakukan oleh pihak yang berwenang. Karena kegiatan ini hanya dapat memberantas nyamuk dewasa, selanjutnya bisa dilakukan 3M plus yang terdiri dari : Menguras, Mengubur dan Menutup plus menggunakan lotion anti nyamuk di waktu tidur.

  • Siklus pengasapan nyamuk

Pengasapan dilakukan sebanyak dua siklus dengan jarak dua minggu dari fogging pertama. Tujuannya, jika fogging yang pertama hanya memberantas nyamuk dewasa, dan fogging kedua dilakukan untuk memberantas nyamuk dewasa baru yang berasal dari jentik di siklus sebelumnya.

Sejatinya penyakit ini bisa dicegah sendiri tanpa harus melakukan fogging. Salah satunya masyarakat perlu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Pembersihan lingkungan secara rutin juga perlu dilakukan untuk memberantas sarang nyamuk.

Untuk Anda yang ingin rumahnya terbebas dari nyamuk demam berdarah, Fumida bisa dijadikan solusi terbaik. Fumida adalah salah satu perusahaan jasa layanan pengendalian hama dan pembasmi nyamuk. Dengan tim yang handal dan professional, layanan fogging yang disediakan benar-benar sesuai prosedur yang tepat. Jika anda berminat, silahkan hubungi customer service Fumida di 0822-1123-1123 dan 021-29049130 untuk pemesanan layanan fogging pembasmi nyamuk.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123