fbpx

Ketahui Tanda-tanda Keberadaan Tikus di Rumah

Sebagai salah satu binatang pengerat, tikus merupakan salah satu hewan yang sudah lama hidup bersama dengan manusia secara tidak langsung. Keberadaan tikus di rumah tentunya membawa banyak sekali kerugian, selain merusak properti yang Anda miliki, menyebarkan kotoran serta membuat rumah Anda menjadi kotor, tikus juga berperan menyebarkan penyakit berbahaya.

Salah satunya adalah penyakit pes. Agar terhindar dari berbagai jenis kerugian yang ditimbulkan oleh tikus, sangat perlu untuk ketahui tanda-tanda keberadaan tikus di rumah.

Tips ketahui tanda-tanda keberadaan tikus

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengetahui keberadaan tikus di rumah Anda. Dengan mengetahui keberadaan tikus, Anda dapat menanggulangi dan mencegah berbagai kerugian yang ditimbulkan oleh tikus di rumah Anda. Berikut ini merupakan tips mengetahui tanda-tanda keberadaan tikus di rumah Anda.

  • Kotoran

Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang omnivora. Artinya, tikus akan memakan segala jenis makanan yang ia temui di depannya. Hal ini berakibat pada kotorannya. Tikus merupakan hewan yang rakus sehingga akan menghasilkan jumlah kotoran yang lumayan banyak. Hal ini membuat Anda mudah untuk mengetahui di mana keberadaan tikus melalui keberadaan kotorannya. Jika Anda melihat sejumlah kotoran tikus berada di dalam rumah Anda, maka dapat dipastikan bahwa tikus tersebut telah membangun sarang di dalam rumah Anda. Segera bersihkan kotoran tersebut karena kotoran tikus terbukti oleh para peneliti membawa sejumlah penyakit berbahaya bagi manusia.

  • Suara

Tanda-tanda keberadaan tikus selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendengar suara decitan dan suara cakarannya. Sebagai mahluk yang aktif di malam hari, Anda bisa mencoba untuk mendengarkan keberadaan tikus melalui decitannya di malam hari.

Baca juga  5 Perangkap Tikus Berbahan Sederhana Tapi Mematikan

Biasanya tikus jarang aktif di siang hari dan memilih untuk menghabiskan waktu di sarang alih-alih berkeliaran di siang hari. Di malam hari, tikus akan berkomunikasi dengan tikus lainnya melalui suara decitan atau suara cakaran lainnya. suara cakaran di berbagai benda bisa membuat barang-barang Anda rusak.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui keberadaan tikus di rumah melalui suara decitan agar Anda dapat segera mengusirnya sehingga segala jenis kerusakan barang bisa Anda hindari dan tikus enggan membangun sarangnya di rumah Anda.

  • Melihat jejak kaki tikus di sekitar rumah

Cara ini mungkin sedikit sulit dilakukan karena jejak kaki tikus sulit untuk dilihat dengan mata kepala telanjang. Apalagi, jejak kaki tikus sangat kecil sehingga menyulitkan Anda ketika melihatnya. Namun, melihat jejak kaki tikus bisa menjadi salah satu cara efektif dalam mengetahui keberadaan tikus di rumah Anda. Pasalnya, ada beberapa jenis tikus, seperti tikus atap, yang jarang melakukan decitan suara sehingga keberadaan tikus atap sulit dideteksi di dalam rumah Anda melalui suara yang dihasilkan oleh tikus tersebut.

Namun, ada cara yang bisa Anda lakukan jika tidak terdapat suara decitan namun Anda curiga terdapat tikus di rumah Anda. Coba taburkan segenggam tepung terigu atau sejenisnya di sekitar tempat pembuangan sampah di dalam rumah atau di sekitar makanan sisa.

Setelah ditaburkan, tinggalkan taburan tersebut semalaman. Ambilah sebuah senter untuk melihat apakah ada jejak kaki tikus. Jika terdapat beberapa jejak kaki, maka dapat dipastikan bahwa terdapat sarang tikus di dalam rumah Anda.

  • Bau

Tips dan cara mengetahui keberadaan tikus di rumah Anda selanjutnya adalah dengan mencium bau tikus. Beberapa jenis tikus, seperti tikus atap memiliki bau khas yang sengaja mereka keluarkan.

Bau badan tersebut sengaja mereka buat dan ciptakan untuk dapat berkomunikasi dengan para tikus lainnya atau untuk menunjukkan adanya bahaya yang sedang mengancam di sekitar mereka. Bau tersebut sangat menyenang dan sangat tidak sedap.

Baca juga  Cara Mengusir Tikus yang Membandel Sampai Tuntas

Biasanya, tikus akan meninggalkan jejak melalui bau tersebut tidak lama setelah mereka lewat atau melakukan aktivitas lainnya. adanya bau tersebut memudahkan Anda dalam mendeteksi keberadaan tikus tersebut sehingga Anda dapat mengetahui di mana letak sarang tikus tersebut.

  • Sarang tikus

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan guna mengetahui di mana letak keberadaan tikus adalah dengan langsung melihat dan mencari sarangnya langsung.

Coba lihat dan cek tempat-tempat yang hangat, lembab dan terpencil di dalam rumah Anda seperti di pojok lemari, pojok dapur, kolong meja, loteng, atau di manapun.

Jika Anda melihat adanya serpihan berbagai macam bahan seperti koran, kayu, dan serpihan lainnya disertai dengan bau dan kotoran tikus, maka dapat dipastikan bahwa tempat tersebut telah menjadi sarang tikus. Tikus sangat nyaman berada di tempat yang lembab, hangat dan jauh dari keramaian.

Di tempat itulah tikus biasa membuat sarang. Untuk mencegahnya, Anda bisa menghancurkan sarang tersebut dengan cara membersihkan serbuk-serbuk serta kotoran yang ada di dalam sarang tikus tersebut.

Jangan lupa untuk menyiram dan menyemprotkan cairan anti kuman atau antibakteri sehingga berbagai jenis kuman dan bakteri berbahaya yang berpotensi menimbulkan penyakit bagi manusia dapat dicegah.

Dengan mengetahui tanda-tanda keberadaan tikus di rumah merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Sebagai binatang yang dapat menyebarkan penyakit, mengetahui sarang tikus membantu Anda untuk membasmi hewan pengerat tersebut agar tidak membangun sarang di dalam rumah Anda.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123