Hama Tanaman Bayam

Bayam menjadi salah satu komoditas sayur yang banyak dikonsumsi masyarakat. Siapa sangka jika banyak hama tanaman bayam yang bisa menyebabkan gagal panen. Bayam dengan karakter daunnya yang lunak menjadi sasaran empuk hama. Lantas apa saja hewan pengganggu yang menyebabkan petani bayam gagal panen? Simak informasi selengkapnya sebagai berikut.

Hama Penyebab Petani Bayam Gagal Panen

1. Ulat Daun

Ulat daun menjadi penyebab utama daun bayam rusak. Serangannya cukup ganas karena bisa menyebabkan tanaman bayam tersisa tulang daunnya saja. Pengendalian yang bisa dipilih sebenarnya sangat beragam. Apabila pengendalian secara mekanik sudah tidak mempan, anda bisa gunakan insektisida. Penggunaannya juga harus sesuai dengan ketentuan.

Tahukah anda perbedaan serangan ulat dan belalang? Walaupun keduanya sama sama memakan daun, anda bisa melihat perbedaan gejalanya. Ulat daun bisa memakan daun mulai dari tengah sedangkan bekas gigitan belalang selalu dari bagian tepi daun. Perbedaan ini bisa menjadi tanda agar ada bisa tahu hama apa yang sedang menyerang tanaman anda.

2. Hymenia recurvalis

Hama tanaman bayam yang kedua adalah Hymenia recurvalis. Hama ini lebih dikenal dengan nama ulat penggulung daun. Sesuai dengan namanya, ulat yang stau ini membuat daun tanaman bayam menggulung dan berlubang. Ulat penggulung daun menggunakan semacam jaringan tipis sehingga daun membentuk sebuah gulungan.

Bagaimana ciri ciri ulat yang satu ini? Ulat penggulung daun pada tanaman bayam memiliki warna tubuh hijau muda. Meskipun begitu bukan berarti semua ulat dengan warna hijau cerah adalah jenis ulat penggulung daun. Agar lebih pasti anda bisa melihat kondisi daun tanaman bayamnya terlebih dahulu apakah ada yang menggulung atau tidak.

3. Sexava Spp.

Sexavana spp. atau belalang daun menjadi agen perusak daun tanaman bayam. Tanda serangannya adalah dengan ditemukan bekas gigitan dari bagian tepi daun. Hingga saat ini belalang masih menjadi hama yang menyerang berbagai tanaman. Tidak heran jika pilihan pengendaliannya sangat banyak.

Salah satu cara pengendalian belalang daun yang paling mudah adalah dengan menggunakan pengendalian mekanik. Anda hanya perlu menggerakkan bagian tajuk tanaman bayam agar belalang menjauh. Jika serangannya sudah tidak terkendali, anda bisa gunakan insektisida. Gunakan merek yang paling rekomended agar pengendalian bisa dilakukan dengan baik.

4. Myzus persicae

Myzus persicae atau kutu daun ternyata menjadi salah satu hama tanaman bayam yang bisa menyebabkan gagal panen. Kutu daun menyerang tanaman bayam dengan cara menghisap cairan yang ada di bagian daun. Akibat yang ditimbulkan yaitu daun menjadi melengkung dan berpilin. Apabila gejala serangan cukup berat, daun bisa rontok dan bayam menjadi gundul.

Lantas kapan kutu daun banyak menyerang? Serangga yang satu ini sangat aktif di musim kemarau. Serangan akan semakin menjadi jadi jika cuaca sangat terik. Sama seperti hama lainnya, pengendalian mekanik masih menjadi cara yang paling sederhana. Apabila serangan tidak kunjung mereda, anda dapat menggunakan insektisida.

5. Bekicot atau Siput

Walaupun lebih banyak ditemukan di sawah, ternyata bekicot bisa menjadi hama bayam. Kehadiran bekicot sangat mengganggu karena mereka makan benih yang disebar di persemaian. Akibatnya banyak tanaman bayam yang tidak tumbuh. Mereka juga makan tanaman bayam mulai dari bagian akar, batang, hingga daun.

Hama tanaman bayam yang satu ini sangat meresahkan sehingga pengendaliannya harus segera dilakukan. Anda dapat menggunakan teknik jebakan tempurung kelapa berpintu. Cara yang lebih praktis yaitu anda bisa menyemprotkan insektisida. Penggunaan insektisida harus sesuai dengan anjuran.

Demikianlah 5 hama yang biasa menyerang tanaman bayam. Tekstur daunnya yang tipis dan lunak menjadikannya cocok sebagai sasaran empuk hewan pengganggu. Mengatasi hama pada tanaman bisa menggunakan insektisida. Anda juga bisa memanggil jasa pembasmi hama FUMIDA. Mereka sangat berpengalaman untuk membasmi berbagai hama.

Leave Comment

4 × 5 =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123