Perbedaan Hama Tikus Dan Curut

Hama tikus ataupun curut tidak akan pernah berhenti untuk dibahas. Pasalnya, hama ini sangat meresahkan penghuni rumah karena gangguannya yang sangat merugikan. Namun terkadang ditemui beberapa orang yang masih bingung untuk membedakan tikus dengan curut yang memiliki bentuk dan tubuh yang sangat mirip. Berikut ulasan perbedaan hama tikus dan curut.

Perbedaan Mendasar Dari Hama Tikus Dan Curut

1.Memiliki Bagian Kepala Yang Berbeda

Meskipun memiliki tubuh yang mirip, namun ternyata fisik kedua hewan ini sangat berbeda. Jika dilihat dengan jelas, tikus dan curut memiliki kepala yang tidak sama. Pada tikus, memiliki kepala yang lebih bulat. Sedangkan pada curut, memiliki kepala yang panjang dan juga cenderung lancip.

Selain itu, anda juga bisa melihat perbedaan lainnya yang terletak pada telinganya. Dimana telinga tikus memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang telinga curut. Pada bagian ekor, anda juga bisa melihat bahwa ekor tikus memiliki ekor yang panjang namun tidak berbulu. Tetapi pada curut, memiliki ekor yang lebih pendek dan ada sedikit bulu yang menyelimuti.

2. Melalui Gerakan Tubuh

Perbedaan hama tikus dan curut selanjutnya yaitu dilihat dari gerakan tubuh keduanya. Umumnya, tikus memiliki gerakan badan yang cenderung lincah karena tubuhnya yang mungil. Apalagi ketika dikejar atau hendak ditangkap, mereka akan berlari dengan kakinya yang sangat gesit dan cepat

Namun pada curut akan berlari dengan sangat pelan dan berhati hati. Lingkungan gerakannya pun juga berbeda. Dimana tikus memiliki kebiasaan untuk menjelajah dari bagian atas hingga ke bawah. Lalu pada curut, hanya akan berlari dari sudut tembok satu ke sudut tembok yang lainnya. Karena gerakannya yang pelan, terkadang orang bisa lebih mudah melihat keberadaan curut.

3. Jenis Makanan

Memiliki jenis makanan yang berbeda juga seringkali dijadikan sebagai dasar perbedaan hama tikus dan curut, yang mana hewan tikus memiliki sifat herbivora. Dengan kata lain, karakteristik tikus adalah pemakan tumbuhan dan juga beberapa sumber makanan yang berada di dalam rumah.

Sedangkan pada curut, hewan ini termasuk dalam hewan karnivora yang hanya memakan daging dan juga serangga. Karena sifat curut yang seperti itulah, dengan menyimpan daging olahan di tempat yang aman menjadi cara tepat untuk menghindari datangnya curut ke dalam rumah anda.

4. Bau Menyengat

Perbedaan paling menonjol antara kedua hewan ini yaitu adanya metode perlindungan diri yang dimiliki oleh hewan curut. Pada seekor tikus, dia tidak memiliki metode perlindungan diri ketika bertemu dengan manusia ataupun predator yang berbahaya. Namun lain halnya dengan hewan curut.

Hewan ini akan mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap saat ada ancaman bahaya yang menghampirinya. Tentunya perbedaan mencolok inilah yang bisa memudahkan anda untuk bisa mengidentifikasi apakah hewan yang berada di rumah adalah curut tikus apakah hewan pengerat tikus.

5. Kelas Ordo Atau Famili Yang Berbeda

Perbedaan hama tikus dan curut yang terakhir yaitu dilihat dari anggota famili yang berbeda Tikus sendiri merupakan anggota dari Famili Rodentia yang berarti mereka berkerabat dengan kapibara. Kapibara adalah hewan jenis pengerat terbesar yang telah punah namun keberadaannya masih sering dijumpai.

Sedangkan curut adalah anggota Famili Eulipotyphla yang berkerabat dengan landak mini ataupun tikus mondok. Tikus mondok sendiri merupakan tikus yang memiliki tubuh dengan bulu yang sedikit bahkan tidak terlihat. Sehingga seringkali tikus mondok dikatakan sebagai tikus telanjang.

Itu dia beberapa perbedaan tikus dan juga curut. Apabila anda merasakan kehadiran tikus ataupun curut, anda bisa meminta pertolongan FUMIDA untuk membasmi keberadaan mereka. Yang mana jasa ini sangat terpercaya dan berpengalaman dalam membasmi keberadaan hama di rumah.

 

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123