Cara Membasmi Ulat Pada Tanaman Bunga

Adanya taman kecil yang berisi tanaman bunga membuat rumah tampak lebih indah. Sekaligus berfungsi untuk memperlancar sirkulasi udara, sehingga hawa rumah terasa sejuk. Sayangnya kehadiran ulat sangat mengganggu pertumbuhan bungan dan kenyamanan penghuni rumah. Maka anda membutuhkan beberapa cara membasmi ulat agar tak kembali lagi. Simak ulasan berikut.

Jangan Biarkan Ulat Menghambat Pertumbuhan Bunga

1. Menanam Tanaman Pengusir Ulat

Ulat merupakan salah satu hama yang merugikan tumbuhan dan manusia. Pasalnya hama ini menjadi alasan terbesar mengapa daun-daun kerap berlubang. Sehingga pertumbuhan tanaman menjadi terhambat, bahkan mati secara perlahan. Untuk mengusir ulat anda bisa menggunakan tanaman yang beraroma cukup menyengat.

Cara alami seperti ini dapat mengurangi populasi ulat di pekarangan rumah anda. Selain itu tanaman bunga tetap terlihat asri dan lestari. Anda bisa menanam kemangi, lavender, atau mint yang dapat membantu mengusir ulat di tanaman rumah. Beberapa tumbuhan tersebut mempunyai aroma daun yang dibenci hewat melata ini. Letakkan pada sisi-sisi yang menjadi tempat munculnya ulat.

2. Pelihara Unggas

Cara membasmi ulat dengan memelihara unggas tergolong cukup efektif. Mengingat ulat merupakan sumber makanan dari ayam, burung, ataupun jenis unggas lainnya. Anda bisa mengatur jadwal jam berapa sekiranya unggas peliharaan berada di luar kandang. Hewan ini akan memangsa ulat-ulat yang bersembunyi di balik batang atau permukaan daun.

3. Siram Oli di Sarang Ulat

Kemunculan ulat di pekarangan rumah tentu sangat mengganggu pertumbuhan tanaman. Apabila dibiarkan begitu saja maka tanaman bunga akan perlahan-lahan mati. Untuk menghindari ancaman hama ini, anda sebaiknya menggunakan oli. Cukup lumasi oli di tempat-tempat yang menjadi sarang munculnya ulat.

Sebagai pelumas mesin, oli mempunyai aroma yang tidak disukai hewan kecil ini. Belum lagi teksturnya yang lengket sehingga mudah untuk memperlambat gerakan ulat. Cara membasmi ulat ini dapat mengurangi populasi ulat di sekitar pekarangan rumah. Namun saat pengaplikasian oli disarankan berhati-hati, agar tidak mengenai akar tanaman.

4. Lepas Semut Rangrang

Jika enggan memelihara unggas karena sulit perawatannya, anda bisa menggantinya dengan semut rangrang. Meskipun ukurannya kecil tapi ampuh untuk mengusir ulat di sekitar tanaman. Anda tidak perlu mengumpulkannya sendiri, bisa langsung dibeli di toko pakan burung. Kemudian dilepaskan di sekitar tumbuhan agar kawanan ulat tidak berani kembali lagi.

5. Gunakan Cabe Merah

Ulat menggerogoti daun hingga permukaannya berlubang, sehingga tanaman tidak dapat berbunga. Kehadirannya sangat merugikan jadi perlu diusir agar jumlahnya tidak bertambah banyak. Anda bisa menggunakan campuran cabe merah, sabun, bawang putih, dan air, lalu dimasukkan dalam botol semprot. Cara membasmi ulat seperti ini tinggal semprotkan di daun atau batang tumbuhan.

6. Manfaatkan Air Beras

Ketika anda mencuci beras sebaiknya sisa air tidak langsung dibuang. Tampung air berwarna putih keruh tersebut dalam satu wadah dan diamkan beberapa menit. Setelah itu siramkan ke tanaman bunga untuk mengusir ulat. Anda juga bisa menambahkan jamur tertentu agar ulat semakin tak betah tinggal. Walaupun cara ini terbilang lamban tetapi mampu membuat ulat enggan kembali lagi.

Sebagai hewan perusak tanaman, ulat membuat daun tanaman bunga menjadi berlubang. Oleh sebab itu harus dibasmi secepat mungkin, agar tidak mempengaruhi tanaman lainnya. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mengandalkan FUMIDA, selaku jasa pembasmi hama. Hebatnya bukan hanya ulat saja, tapi juga rayap, tikus, tungau, kecoa, hingga penyemprotan disinfektan.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123