fbpx
Gambar 2 - Tikus besar yang ada di Indonesia

Pernah melihat tikus besar? Bisa jadi itu salah satu spesies yang menghuni rumah Anda. Tangani dengan cepat dan tepat. Gunakan perangkap terbaik.

Di dunia ini ada banyak jenis hewan pengerat. Yang menarik, ukurannya sangat beragam. Dari yang kecil hingga besar.

Khusus untuk versi besar, ada yang menyebutnya spesies raksasa karena ukurannya memang sangat besar tak seperti tikus. Tapi secara rupa masih benar-benar tampak seperti hewan pengerat tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa jenis hewan pengerat versi rumahan dan yang ukurannya besar sehingga jadi bahan perbincangan. Selamat menyimak.

3 Jenis tikus rumah

Ada setidaknya 3 jenis hewan pengerat yang menghuni rumah atau ada di sekitar tempat tinggal manusia. Hewan-hewan tersebut memiliki ukuran, ciri, dan kebiasaan berbeda satu dengan yang lainnya.

 Jenis tikus rumah

Tikus rumah

Jenis ini memiliki ukuran sekitar 3 sampai 10 cm. Warnanya coklat muda atau abu-abu dengan kombinasi warna yang lebih terang pada bagian perut.

Kebiasaan binatang ini adalah memakan sereal, gandum, tepung, dan makanan-makanan lain berbahan dasar tepung/gandum. Contohnya adalah roti, pizza, dan yang lainnya.

Mereka juga memiliki kecenderungan untuk mencari makan di tempat yang sama. Jadi, kalau sudah menemukan sumber makanan, lokasi itu seperti ditandai dan akan dijadikan sumber untuk mencari makanan.

Hewan satu ini tidak memerlukan air. Akan tetapi pada saat ada air, mereka bisa menghabiskan 3 ml langsung.

Tikus atap

Versi muda dari binatang ini cukup sulit dibedakan dengan tikus rumah. Meski begitu, ada perbedaan yang mendasar di mana ukuran kepala dan kaki hewan ini lebih besar dari pada tipe sebelumnya.

Ciri lain dari hewan pengerat ini adalah memiliki tubuh langsing, ekornya lebih panjang dari pada panjang tubuh dan kepala. Telinganya besar tapi tipis.

Kebiasaannya adalah mengonsumsi makanan seperti sereal, buah, dan sayur sisa. Sama seperti jenis sebelumnya, tipe ini juga cenderung mencari makan di tempat yang sama.

Baca juga  Mengapa Tikus Masuk Ke Dalam Rumah

Tikus got

Hewan ini memiliki tubuh yang terlihat tebal, ukurannya jelas lebih besar bila dibandingkan dengan jenis sebelumnya. Panjang kepala dan tubuhnya bila digabungkan akan lebih panjang dibanding ekor.

Dengan kata lain, hewan ini memiliki ekor yang pendek.

Salah satu ciri khas yang membuatnya mudah dikenali adalah warna tubuhnya yang gelap tapi ekornya pucat, khususnya di bagian bawah ekor. Ciri khas lainnya adalah hidungnya tumpul.

Jadi, bila Anda melihat hewan pengerat yang tidak mancung atau moncongnya pendek, bisa jadi itu adalah tikus got.

Hewan ini suka dengan daging-dagingan, sereal, dan susu. Yang membuatnya berbeda dari dua jenis sebelumnya adalah kebiasaan untuk mencari makan ke semua tempat. Tidak mencari di satu sumber makanan.

Hal inilah yang membuat hewan jenis ini sangat sulit ditaklukkan atau dibasmi. Karena mereka lincah dan mencari makanan ke segala arah.

Saat coba dipasangi umpan, kita perlu memasang umpan di beberapa titik agar bisa menarik dan berhasil mendapatkan mereka.

Hewan ini sangat doyan air. Mereka bisa menghabiskan 30 ml air dalam sehari.

2 Tikus besar yang ada di Indonesia

Dunia gempar dengan ditemukannya berbagai spesies tikus besar. Beberapa di antaranya memiliki nama yang Indonesia sekali, di antaranya adalah:

Tikus besar yang ada di Indonesia

Tikus sumatera

Spesies pertama adalah Rhyzomys sumatrensis. Hewan ini dikenal juga dengan sebutan tikus bambu Sumatera. Jika dihitung dari hidung sampai ujung ekor, panjangnya mencapai 50 cm.

Warna hewan ini coklat dengan panjang ekornya 12 cm. Berat hewan pengerat yang gendut ini bisa mencapai 4 kg. Berat yang sama dengan kucing rumahan. Bisa dibayangkan betapa besarnya hewan pengerat ini.

Tikus sunda

Selain versi Sumatera, indonesia juga punya Sundamys infraluteus. Hewan ini memiliki panjang sekitar 60 cm. Hanya saja, karena morfologi yang berbeda dengan jenis sebelumnya, berat badan hewan ini tak sampai 0,5 kg.

Hewan ini hidup di hutan-hutan dan merupakan binatang pemakan segala.

Baca juga  Menyediakan Jasa Pembasmian Hama Pestcontrol Kecoa dll daerah Sudimara Jaya Phone 021-29049130

Tikus rumahan vs tikus besar

Tikus rumahan bisa merusak bangunan rumah dan menciptakan lingkungan yang kotor. Hal ini karena beberapa jenis dari mereka memang hidup dan membuat sarang di liang-liang tanah.

Kerusakan ini biasanya dapat dilihat di bagian lantai, saluran pembuangan, dan yang lainnya. Tergantung binatang jenis apa yang menghuni rumah Anda.

Meski begitu, ukuran mereka juga bisa besar. Apalagi jika sudah kebal dengan obat-obatan pembasmi tikus dan berusia tua. Artinya, mereka hidup hanya untuk menggemukkan diri saja.

Bila Anda pernah menemukan tikus dalam ukuran besar, maka bisa jadi ini adalah versi rumahan yang memang sudah kebal dan hidup di area yang sumber makanannya bagus.

Sementara itu, tikus besar yang disebutkan jenisnya di atas lebih banyak ditemukan di hutan. Meski begitu, tak menutup kemungkinan mereka ada di rumah-rumah. Melihat fakta yang ada baik di dalam maupun luar negeri.

Cara membasmi tikus besar

Karena meresahkan dan menyebabkan kerugian, baiknya Anda segera melakukan pembasmian dan pengendalian tikus. Anda bisa coba dua cara di bawah ini:

Cara membasmi tikus besar

Perangkap

Kini ada banyak sekali perangkap tikus berukuran jumbo yang dijual secara online. Anda bisa membeli salah satu yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan. Coba cari di Tokopedia atau Shopee.

Jasa pembasmi tikus

Memakai perangkap memang butuh ketelitian. Anda pun harus tahu di mana meletakkan umpannya agar mereka terjebak.

Agar usaha Anda tak sia-sia, sebaiknya panggil jasa pembasmi tikus yang sudah berpengalaman dalam mengusir dan membasmi hewan pengerat ini.

Tim Fumida bersedia membantu segera setelah Anda menghubungi kami di nomor 0822.1123.1123 atau 021.2904.9130.

Itulah beberapa info dan cara membasmi tikus besar di bangunan rumah, tempat bisnis, gudang, dan bangunan lainnya.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123