fbpx
Gambar Cara Membuat perangkap Lalat sederhana ramah lingkungan

Stop biarkan lalat masuk ke dalam rumah! Coba cara membuat perangkap lalat dari bahan sederhana yang jelas ampuhnya untuk membasmi mereka dengan cepat. Jangan biarkan serangga terbang ini menyerang rumah dan meninggalkan kuman pada makanan.

Sebagaimana diketahui, serangga ini merupakan salah satu hewan yang sangat jorok. Mereka senang sekali hinggap di area-area kotor. Bisa di selokan, tempat sampah, dan yang lainnya.

Setelah dari area kotor, mereka biasanya hinggap pada makanan. Jelas, kuman yang melekat pada permukaan tubuhnya ikut terbawa dan kemungkinan besar akan tertinggal pada makanan tersebut.

Hasilnya, jika makanan tersebut dimakan akan membuat pemakannya sakit perut atau masalah kesehatan lainnya. Kami yakin, tak ada yang mau hal semacam ini terjadi.

Tak perlu khawatir, dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi beberapa langkah mudah untuk bisa membasmi hama pengganggu tersebut.

Cara membuat perangkap lalat sederhana ramah lingkungan dari botol bekas

Bahan dan alat yang digunakan untuk membuat perangkap lalat sangat simpel dan bisa didapatkan di sekitar Anda.

Botol bekas

Anda cukup menyiapkan botol bekas berukuran besar (biasanya yang isinya 1.500 ml). Tapi, kalau tidak ada yang besar, Anda juga boleh pakai yang tanggung.

Gunting

Siapkan gunting untuk memotong botol tersebut dengan perbandingan bawah : atas = 2 : 1. Usahakan memotong botol bagian atas lebih kecil, mendekati leher. Tujuannya adalah agar saat diposisikan terbalik, botol tidak akan goyah sebab bagian bawahnya kuat menyangga dengan baik.

Perekat (lem, staples, atau lakban)

Selanjutnya, posisikan botol bagian atas secara terbalik. Masukkan ke dalam botol bagian bawah. Rekatkan keduanya dengan lem, staples, atau lakban.

Kalau pakai lem dan lakban, pastikan keduanya anti atau tahan terhadap air. Kalau pakai staples, bisa dipastikan aman dari air. Hanya Anda butuh memasang beberapa isi staples agar kaitan botol bawah dan atas kuat.

Baca juga  Lalat Hijau: Ciri-Ciri dan Bahayanya Saat Masuk Rumah

Anda juga bisa mengombinasikan lebih dari satu perekat sekaligus jika memang agak ragu dengan daya rekatnya.

Beri umpan

Gambar Cara Membuat perangkap Lalat sederhana ramah lingkungan

Rebus gula bersama air hingga membentuk semacam sirup yang manis. Pastikan seluruh gula larut dengan sempurna dan masukkan ke dalam botol. Saat memasukkan, pastikan larutan gula menyentuh leher botol. Tujuannya adalah agar pada saat serangga masuk, mereka bisa tertempel ke dinding botol.

Ambil apel dan potonglah kecil-kecil lalu masukkan ke dalam botol. Tambahkan cuka agar lebah atau serangga lain tidak tertarik.

Kalau ada madu, Anda juga bisa menambahkan ke dalamnya. Dengan teksturnya yang creamy, ini akan menjadi nilai tambah tersendiri buat umpan yang dibuat.

Langkah ini juga cukup efektif sebagai cara membasmi lalat buah. Anda bisa mencobanya.

Tata letak yang disarankan

Jika sudah jadi, taruh jebakan serangga ini di area-area dekat sinar matahari agar isinya cepat menguap dan buahnya cepat busuk. Buah yang busuk bisa membuat lalat lebih tertarik untuk datang.

Gantilah seminggu sekali

Selanjutnya, jangan lupa mengganti jebakan ini setiap 1 minggu sekali. Hal ini karena air di dalamnya bisa menguap dengan cepat dan baunya mungkin tidak akan bikin betah. Terlebih buat orang yang punya penciuman tajam.

Perangkap lalat dari sedotan

Selain bisa buat sendiri, ada perangkap sederhana yang bisa Anda beli di marketplace, berupa sedotan. Biasanya, alat ini digunakan di kafe, rumah makan, dan rumah-rumah penduduk.

Pemakaiannya sangat simpel, tinggal ditaruh di area di mana lalat sering hinggap. Dekat makanan misalnya.

Produk ini termasuk aman karena sifatnya tidak beracun buat manusia. Cara kerjanya hanya bikin lalat tertempel karena sedotan sudah dilengkapi dengan lem perekat.

Baca juga  Jasa Pembasmi Lalat di Jakarta

Cara terampuh membasmi lalat

Cara di atas memiliki kelemahan sendiri-sendiri. Kalau pakai botol bekas, Anda perlu menggantinya setiap satu minggu. Bagi orang sibuk, ini agak ribet.

Sedangkan kalau beli perangkap sedotan. Bila sedotan sudah penuh lalat juga harus dibuang dan diganti lagi.

Jalan yang paling ampuh, Anda bisa menghubungi jasa pembasmi lalat. Tim profesional Fumida sudah berpengalaman 10 tahun di dunia pest control. Pengalaman ini membuat tim yang sudah berlisensi mengerti dengan baik bagaimana mengendalikan lalat di kebun, rumah, dan area lain.

Segera hubungi kami di nomor 0822.1177.1166 atau telepon ke 021.2904.9130 jika Anda tidak ingin ribet dengan cara membuat perangkap lalat sederhana di atas.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]