Cara Membasmi Rayap di Lemari

Jika anda mendapati pakaian berlubang atau kulit gatal saat dikenakan, bisa jadi penyebabnya dari rayap di lemari. Hal ini dapat terjadi karena lemari kayu menjadi tempat berkembangnya rayap. Sehingga membuat lemari mudah lapuk dan rusak dalam waktu singkat. Itulah mengapa anda perlu mengetahui cara membasmi rayap berikut ini, agar lemari tetap awet.

Antisipasi Gangguan Rayap Penyebab Pakaian Rusak

1. Hindari Menempel Pada Dinding

Untuk menghindari rayap berkembang biak di dalam lemari, jangan biarkan lemari mepet ke dinding. Hal ini karena tembok mudah menyerap lembab, jadi rayap bisa masuk melalui celah tembok. Beri sedikit jarak agar ekspansi hama dari dinding tidak bersemanyam di lemari. Dengan begitu, baju-baju anda yang ada di lemari tetap dalam kondisi aman.

2. Akali Jebakan Kardus

Sebelum memasang jebakan ini anda perlu tahu dimana sarang rayap. Hal ini untuk mempermudah proses pemasangan agar lebih cepat. Anda bisa menggunakan kardus bekas TV atau air minum, lalu bahasi dengan sedikit air. Cara membasmi rayap ini cukup mudah, kardus tadi tinggal diletakkan di sekitar koloni rayap. Lalu hama akan berdatangan dan menggigiti kardus.

Rayap akan mengira jika jebakan tersebut adalah kayu, dan mulai berkumpul untuk memakannya. Tunggu beberapa jam setelah rayap berkumpul, barulah angkat kardus ke tempat yang aman. Anda bisa membakar kardus beserta rayap tersebut agar hama ini tidak kembali lagi. Alhasil lemari sudah bersih dari kumpulan rayap yang sempat merusak pakaian.

3. Biarkan Terkena Sinar Matahari

Rayap suka dengan tempat lembab dan gelap yang jauh dari cahaya matahari. Anda bisa memanfaatkan kelemahan serangga ini sebagai solusi untuk membunuhnya. Pidahkan lemari ke tempat yang terkena sinar matahari, agar rayap tidak betah di sarangnya. Akan lebih baik lagi cara membasmi rayap dengan menjemur lemari saat matahari sedang terik.

Anda bisa melakukannya saat weekend, tapi terlebih dahulu mengeluarkan semua pakaian di dalam lemari. Setelah beberapa jam koloni rayap akan terbakar dan mati secara perlahan-lahan. Esoknya rayap tidak akan kembali lagi untuk membuat sarang yang baru. Lemari baju anda dijamin bersih tanpa ada hama yang membuat pakaian anda rusak ataupun penuh lubang.

4. Pakai Larutan Garam

Untuk cara pembasian yang lebih ringan, anda bisa menggunakan garam dapur yang harganya murah. Anda dapat mengambil semangkuk garam, lalu dilarutkan dengan 500 ml air. Kemudian semprotkan cairan tersebut di area sarang rayap ke seluruh bagian lemari. Cara membasmi rayap ini membuat hama lemas dan mati, bahkan dalam beberapa menit saja.

5. Semprot Air Rendaman Tembakau

Siapa sangka ternyata tembakau bisa membunuh rayap dalam kurun waktu singkat. Cukup ambil segenggam tembakau lalu rendam di dalam air selama beberapa jam. Masukkan air tersebut ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan di sekitar sarang hama ini. Aroma tembakau yang kuat membuat rayap mabuk dan mati tak tersisa.

6. Gunakan Air Kapur Sirih

Air kapur sirih memberikan efek panas yang membuat rayap dan larvanya langsung mati. Anda bisa mencampurkan kapur sirih dengan segelas air, lalu aduk merata sampai warnanya putih pekat. Semprotkan pada bagian-bagian lemari yang sekiranya menjadi sarang rayap. Bila perlu semprot cairan ini ke sisi-sisi lemari yang lain, agar rayap tidak pindah lokasi bersarang.

Kebersihan lemari tentu saja menjadi perhatian yang paling utama. Selain menjaga keawetan kayu, kain baju tidak akan membuat kulit gatal-gatal. Anda bisa mengandalkan FUMIDA, selaku jasa penyemporotan hama. Tidak hanya rayap, FUMIDA juga handal dalam membasmi tikus, kecoa, hingga penyemprotan disinfektan.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123