Tungau merupakan sejenis hewan kecil yang bentuknya hampir mirip dengan kutu. Tungau memiliki ukuran 0.5 mm sehingga tidak mudah terlihat hanya dengan mata telanjang saja. Tungau biasanya bersarang di kasur, gorden, sofa, hingga karpet. Hampir seluruh perabotan rumah bisa dijadikan sebagai sarang tungau.

Dari tempat-tempat tersebutlah tungau bisa mendapatkan makanannya. Nah, makanan tungau ini berasal dari sisa materi organik ataupun sel kulit mati dari manusia. Keberadaan tungau dirumah tentu akan sangat mengganggu. Gigitan tungau dapat menyebabkan ruam, gatal, hingga menimbulkan sesak nafas dan alergi lainnya.

Untuk membasmi adanya tungau dirumah, Anda bisa menggunakan bahan kimia berupa insektisida. Namun sayangnya, penggunaan bahan kimia ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia jika dilakukan secara terus menerus. Nah, sebagai langkah alternatifnya, berikut akan dijelaskan cara mengusir tungau dengan alami.

Cuci Perlengkapan Rumah dengan Menggunakan Air Panas

Cara membasmi tungau yang pertama adalah dengan mencuci semua perlengkapan yang ada di rumah menggunakan air panas. Ketika proses pencucian menggunakan air panas ini, bisa juga ditambahkan detergen anti bakteri untuk membasmi tungau beserta sarangnya.

Untuk menghindari agar tungau tidak kembali bersarang, cuci perlengkapan rumah secara rutin dengan menggunakan air panas ini. Usahakan untuk menjemurnya hingga kering agar tidak lembab dan apek. Sebab, tungau ternyata senang dengan tempat yang lembab.

Jemur Perlengkapan Rumah di Bawah Sinar Matahari Langsung

Cara selanjutnya masih berkesinambungan dengan cara sebelumnya, yakni menjemur semua perlengkapan rumah dibawah terik matahari secara langsung. Pastikan bahwa semua perlengkapan telah benar-benar kering agar tidak kembali digunakan sebagai sarang tungau.

Basmi Tungau dengan Kulit Durian

Cara mengusir tungau selanjutnya adalag dengan kulit durian. Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa aroma buah durian sangatlah pekat. Nah, ternyata aroma pemat dari durian ini mampu membuat tungau merasa tidak nyaman.

Cara untuk mengusir tungau dengan kulit durian ini cukup mudah, yakni hanya dengan meletakkan kulit buah durian di dalam kamar atau ruangan lainnya yang berpotensi menjadi sarang tungau. Letakkan di dekat titik tungau bersarang.

Gunakan Jus Bawang

Siapa yang tidak tahu bahwa aroma dari bawang merah dan juga bawang putih cukup pekat dan menyengat. Nah, aroma dari bawang ini juga bisa digunakan sebagai cara untuk membasmi tungau.

Caranya cukup mudah, hanya dengan menghaluskan bawang putih dan juga bawang merah menggunakan blender. Kemudian, pisahkan sari dan juga ampasnya. Yang digunakan hanyalah sari dari jus bawang ini. Oleskan jus bawang ini di tempat yang berpotensi menjadi sarang tungau. Beberapa saat kemudian, tungau akan keluar dan berjatuhan.

Semprotkan Larutan Garam

Cara mengusir tungau selanjutnya adalah dengan menggunakan larutan garam. Anda cukup melarutkan garam di dalam air, kemudian masukkan kedalam botol spray. Setelah itu, mulai semprotkan larutan garam ke segala perabotan yang ada didalam rumah dan berpotensi menjadi sarang dari tungau.

Gunakan Cuka

Cuka merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa Anda gunakan sebagai cara alami untuk membasmi tungau yang ada dirumah. Bahkan, cara ini diklaim lebih mudah dilakukan dari pada cara dengan bahan pembasmi lainnya.

Caranya cukup dengan menyemprotkan cuka pada tempat-tempat bersarangnya tungau. Maka secara langsung, tungau beserta telur dan juga sarangnya akan mati. Anda tidak perlu mencampurkan cuka dengan air, cukup cuka itu saja yang dimasukkan kedalam botol spray.

Gunakan Bunga Lavender Kering dan Minyak Lavender

Bunga lavender kering maupun minyak lavender memiliki bau yang cukup menyengat. Bau ini tentu tidak disukai oleh tungau karena sangat mengganggu dan menyengat. Namun, aroma ini cukuo bersahabat untuk indra penciuman manusia.

Karena itulah, banyak sekali aroma terapi yang menggunakan lavender sebagai bahan pembuatannya. Cara mengusir tungau menggunakan minyak lavender ini cukup mudah. Anda hanya perlu menyemprotkan minyak lavender ini pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang tungau.

Selain minyak lavender, bunga lavender kering juga bisa digunakan sebagai bahan dalam mengusir tungau. Caranya adalah Anda cukup membungkus bunga lavender kering ini pada kain yang kemudian diletakkan ditempat tidur atau tempat dari sarang tungau lainnya.

Gunakan Daun Sirsak

Siapa sangka bahwa daun sirsak memiliki manfaat lain yakni sebagai bahan untuk mengusir tungau dan juga hama seperti halnya kutu busuk. Cara ini tergolong cukup mudah dan juga sangat alami.

Caranya adalah Anda tinggal meletakkan beberapa lembar dari daun sirsak ini di tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang tungau. Daun sirsak memiliki aroma yang tidak disuaki oleh tungau sehingga tungau tidak akan kembali lagi.

Gunakan Minyak Pohon Teh

Cara mengusir tungau selanjutnya bisa dengan menggunakan minyak pohon teh. Belum banyak orang tahu jika minyak pohon teh bisa dijadikan sebagai bahan untuk membasmi tungau. Minuak pohon teh memang sangat aman untuk manusia, tapi tidak untuk tungau.

Karena minyak pohon teh memiliki aroma dan juga rasa yang sangat kuat serta tajam. Untuk membasmi tungau menggunakan minyak pohon teh ini bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Anda hanya perlu menyemprotkan minyak pohon teh ini pada semua perlengkapan rumah yang berpotensi menjadi sarang tungau.

Anda bisa mulai menyemprotkan minyak pohon teh ini pada kasur, bantal, guling, sofa, serta barang-barang lain yang berpotensi menjadi sarang dari tungau.

Gunakan Bunga Pandan

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan sebagai bahan dalam mengusir tungau adalah bunga pandan. Bunga pandan ini juga biasa disebut dengan pudak. Bagian dari tanaman yang satu ini sudah terkenal sangat ampuh dalam mengusir tungau.

Caranya pun cukup mudah, yakni hanya dengan meletakkan bunga pandan pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang dari tungau. Dengan aroma dari bunga pandan ini pastinya akan tungau akan merasa tidak nyaman.

Hal ini tentu akan membuat tungau pergi dan tidak akan kembali lagi. Tidak hanya digunakan sebagai cara mengusir tungau saja, melainkan juga bisa digunakan sebagai pembasmi kecoa dan juga kutu busuk.

Itulah beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan sebagai langkah dalam mengusir tungau yang ada diperabotan rumah Anda. Penting juga untuk Anda memastikan bahwa setiap ruangan rumah tidak terlalu lembab dan dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik.

Pastikan juga bahwa setiap perabotan Anda kering dan tidak lembab agar tidak dijadikan sebagai sarang tungau. Selain cara diatas, Anda juga bisa menggunakan jasa pengusir tungau yang ditawarkan oleh PT. Fumida Pestindo Jaya. Dengan tim yang professional dan berpengalaman, siap membantu anda untuk membasmi tungau yang ada di rumah anda. Hubungi kami segera di 0822-1123-1123 atau 021-29049130.

Di PT. Fumida Pestindo Jaya ini Anda bisa menggunakan segala jasa yang disediakan dalam membasmi hama, terutama untuk cara mengusir tungau yang bersarang didalam perlengkapan rumah. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi situs resminya di fumida.co.id. Dalam situs tersebut telah tersedia berbagai pilihan jasa yang digunakan untuk mengusir hama. Halaman berandanya juga dilengkapi dengan kontak yang bisa dihubungi serta berbagai testimoni yang diberikan pelanggan atas pelayanan dari PT. Fumida Pestindo Jaya ini.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123