fbpx
Gambar 3 - Cara basmi rayap di plafon yang sangat manjur dan efektif

Cara basmi rayap bisa dilakukan sendiri di rumah dengan trik dan langkah yang sederhana. Mulai dari pemakaian bahan alami hingga penataan rumah yang sesuai.

Seluruh trik tersebut bisa dilakukan sebagai langkah antisipasi untuk mencegah perkembangan hama pemakan kayu di furnitur, kusen, pintu, jendela, tembok, hingga plafon. Bagaimanapun, untuk mendapatkan hasil yang terbaik, seluruh proses harus dilakukan dengan telaten dan berkelanjutan.

Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tahap demi tahap untuk bisa mendapatkan rumah yang bebas dari hama. Semuanya bisa dilakukan sendiri oleh seluruh anggota keluarga.

Memperhitungkan kemungkinan serangan hama pada saat konstruksi

Rayap merupakan hama yang umum menyerang rumah siapa saja asalkan bisa diserang. Ciri-ciri rumah yang bisa dirusak adalah lembap dan ada sumber makanannya.

Sumber makanan mereka tak lain adalah kayu yang mengandung selulosa. Kayu inilah yang menjadi penarik kedatangan mereka.

Untuk mencegah serangan, Anda bisa menggunakan bahan anti rayap pada pondasi dan tanah pada saat pembangunan atau konstruksi.

Pemakaian pelapis pada kayu yang akan dibuat furnitur

Tahap pencegahan tak hanya berlaku untuk bangunan rumah, tetapi juga furnitur di dalamnya. Saat hendak membuatnya, usahakan gunakan pelapis pada kayunya. Kalau Anda membeli furnitur jadi, pastikan bahannya awet dan atur tata letaknya supaya tidak menempel pada tembok secara langsung.

Tutup retakan pada dinding

Bila bangunan sudah jadi, selalu perhatikan setiap retakan yang ada. Retakan inilah yang bisa menjadi jalan masuk rayap bila lembap karena kena air atau saat musim hujan.

Tutup retakan pada dinding

Biasanya, retakan kecil sudah cukup menjadi lokasi empuk. Dari lokasi ini, mereka akan membuat sarang dengan menyebar kerusakan di berbagai titik di rumah.

Perbaiki saluran air

Saluran air juga menjadi spot penyebab kelembapan di dalam rumah. Jadi, bila ada saluran air yang bocor, Anda harus segera memperbaikinya. Apabila tidak ada yang bocor, pastikan bahwa Anda mengeringkan saluran tersebut setelah digunakan.

Sebagai contoh, setelah menggunakan wastafel, usahakan untuk mengeringkan dan menjaga kebersihannya.

Keringkan sekitar rumah, jangan ada genangan

Bila di sekitar lokasi rumah ada tanah yang berlubang, hendaknya segera ditutup. Sebab pada saat musim hujan, tanah inilah yang akan menjadi genangan dan menarik perhatian hama untuk datang ke lokasi.

Cara praktis mengusir rayap secara alami

Bila tahap pencegahan sudah dilakukan namun masih diserang oleh hama pemakan kayu, lakukan pengusiran dengan trik praktis di bawah ini:

Cara praktis mengusir rayap secara alami

Pakai bahan alami secara rutin

Ada banyak bahan alami yang bisa diterapkan untuk mengusir rayap, bahkan bisa jadi cara basmi rayap yang murah.

Misalnya, untuk mengusir hama di lemari bisa digunakan kapur barus dan wewangian. Ada banyak varian kapur barus dan wewangian yang bisa digunakan. Beberapa aroma yang disarankan adalah lavender. Aroma ini merupakan salah satu cara memusnahkan rayap selain aroma mint, jeruk, dan minyak kayu putih.

Bahan alami lain yang bisa digunakan adalah air cucian beras, air garam, air kapur sirih, air sabun, air panas, dan yang lainnya.

Pastikan bahwa bahan-bahan yang mudah didapatkan di atas disemprotkan secara rutin pada area yang kena serangan. Misalnya kusen, jendela, dan pintu.

Jemur furnitur

Agar kursi, meja, atau furnitur lain awet, Anda harus sering menjemurnya. Langkah ini juga bisa dilakukan untuk mengusir rayap yang sudah terlanjur menyerang furnitur tersebut.

Jemurlah sekitar 2 sampai 3 hari sampai terasa kering dan spot lembap di kayu furnitur tersebut hilang. Hal ini akan membuat mereka kesulitan untuk mendapatkan bahan makanan meski sudah menjadikan sarangnya.

Mereka juga akan pergi dengan sendirinya karena tidak betah dengan teriknya sinar matahari.

Selain menjemur, langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan rayap adalah dengan membuat ventilasi yang cukup lebar agar cahaya matahari bebas keluar masuk. Hal ini bisa dijadikan solusi untuk furnitur-furnitur kayu yang berukuran besar.

Perhatikan tata letak furnitur kayu

Furnitur yang terbuat dari kayu hendaknya tidak diletakkan di area yang lembap. Sebaliknya, letakkanlah di ruangan yang punya sirkulasi udara bagus dan pencahayaannya maksimal.

Turunkan suhu ruangan

Bila Anda menggunakan pendingin udara atau AC dan ingin mengusir rayap secara praktis. Maka cukup turunkan suhu sampai angka terendahnya.

Hama pemakan kayu ini tidak suka dengan suhu dingin. Menciptakan area yang tidak mereka sukai bisa membuat mereka tak betah, lalu pergi.

Cara mematikan rayap di tembok dengan jebakan kardus

Untuk mengatasi hama di tembok, rasanya cukup sulit tapi tak mustahil. Masih ada cara yang bisa dicoba. Salah satunya adalah dengan memancing mereka keluar menggunakan jebakan kardus.

Basahi kertas, kardus, atau tisu lalu letakkan di dekat area yang ada rayapnya. Diamkan sampai mereka berkumpul, ambil dan bakar.

Cara basmi rayap di plafon yang sangat manjur dan efektif

Terakhir, bila serangan sudah sampai di langit-langit rumah, maka Anda harus segera memanggil jasa anti rayap. Ini adalah usaha pribadi yang bisa Anda lakukan supaya rayap benar-benar hilang dari rumah Anda secara menyeluruh.

Cara basmi rayap di plafon yang sangat manjur dan efektif

Hal ini karena tim Fumida merupakan tim pembasmi rayap berlisensi yang sudah berpengalaman dan menerapkan metode-metode terbaik untuk mengusir dan membasmi hama sampai tuntas.

Cara basmi rayap ini aman dan berkelanjutan. Jadi hubungi kami di 0822.1177.1166 sekarang.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123