Dapur merupakan bagian dalam rumah yang biasa digunakan untuk memasak dan mempersiapkan makanan. Sang pemilik rumah harus bisa menjaga kebersihan dapur dengan baik agar terhindar dari hewan seperti tikus. Tikus termasuk hewan yang senang berada di tempat kotor. Jadi, dapur yang kotor bisa membuat tikus semakin betah berlama-lama bersarang di dapur Anda.

Jika tikus sudah bersarang di dapur, tentu hal ini akan membawa banyak masalah. Mulai dari perabotan dapur yang mulai dirusak, kotoran dan air seni di setiap sudut dapur yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya. Kondisi ini tidak seharusnya dibiarkan, sehingga Anda harus mulai mencari cara bagaimana membasmi tikus di dapur.

Apa Saja Cara Sederhana Membasmi Tikus Di Dapur?

Tidak perlu khawatir, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membasmi tikus di dapur. Berikut ini sudah dirangkum cara yang dinilai sangat efektif untuk mencegah tikus bersarang di dapur rumah Anda.

  1. Mengenali jalur lintasan tikus

Sebelum pembasmian tikus dilakukan, pastikan Anda mengetahui dimana lokasi tikus bersarang dan jalur lintasannya. Tidak semua tikus yang ada di dapur bersarang di dapur juga. Ada kemungkinan tikus ini bersarang di tempat lain seperti gudang, dekat kardus dan sudut rumah lainnya.

  1. Telusuri bau kotoran dan kencing tikus

Untuk mengetahui lokasi sarang tikus, Anda bisa menelusuri bau kotoran dan air kencingnya. Anda dapat melakukannya pada saat membersihkan rumah. Bau kotoran tikus yang menyengat akan semakin memudahkan Anda untuk menemukan sarang tikus.

  1. Tutup semua akses masuk

Tikus bisa masuk ke dapur karena ada akses atau jalan. Bentuk tubuh tikus yang elastis memungkinkan hewan ini bisa dengan mudah masuk ke dalam lubang kecil di bagian dapur. Maka dari itu, periksa semua bagian dapur dan tutup semua lubang yang memungkinkan tikus masuk.

  1. Tutup rapat semua makanan
Baca juga  Kenali 2 Jenis Pestisida Pengusir Tikus: Kimia dan Alami

Hal paling utama yang menarik perhatian tikus untuk masuk ke dalam dapur yaitu sisa makanan. Jadi, pastikan di dapur tidak ada makanan yang tersisa. Jika ada, tutup rapat semua makanan di dapur agar tidak mengundang tikus.

  1. Pastikan dapur selalu bersih

Selain menutup makanan dengan rapat, agar dapur Anda bebas dari tikus pastikan selalu terjaga kebersihannya. Jangan lupa untuk terus membersihkan dapur menggunakan pembersih dengan kandungan aroma yang tidak disukai tikus. Salah satunya aroma peppermint.

Kebersihan dapur bisa Anda lakukan dengan cara menjaga lantainya tetap kering. Area rumah yang tidak lembab tidak akan disukai oleh tikus. Pastikan semua sampah dalam keadaan tertutup sehingga aroma sampah tidak memancing tikus. Jangan lupa untuk menutup semua pipa dan saluran air yang bocor.

  1. Mengenali kelemahan tikus

Untuk mencegah tikus masuk ke dalam dapur Anda, ketahui apa saja yang menjadi kelemahan tikus. Beberapa bahan alami yang mudah didapatkan dan bisa Anda gunakan di dapur untuk mengusir dan membasmi tikus diantaranya :

  • Merica
  • Bubuk cengkeh
  • Soda kue
  • Bubuk cabai
  • Kopi
  • Cangkang telur
  • Irisan bawang
  • Kantong teh
  • Kapur barus
  • Cuka
  • Daun sirsak
  • Daun salam
  • Daun mint
  • Buah durian
  • Buah mengkudu

Apabila semua tahapan diatas belum cukup untuk membasmi tikus di dapur Anda, segera panggil jasa pembasmi tikus yang sudah professional. Fumida adalah layanan jasa paling tepat yang bisa Anda gunakan untuk mengusir tikus. Dengan tim ahli dan lisensi resmi yang dimiliki, Fumida siap membantu Anda menangani masalah hama tikus, rayap, kecoa, lalat, tawon dan yang lainnya. Jangan ragu lagi, segera hubungi 0822-1123-1123 dan 021-29049130 untuk pemesanan dan konsultasi.

Leave Comment

nineteen − 9 =

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123082211231123