fbpx
Cara mengusir tawon secara lengkap tahap awal - akhir

Sengatan tawon sudah menelan korban. Maka dari itu, jika ada tawon di rumah segera lakukan cara mengusir tawon yang ampuh sehingga aman dari sengatan. Apalagi jika yang ada di rumah Anda adalah sarangnya.

Tawon merupakan hewan yang dapat hidup di mana saja. Sarang tawon bisa ditemukan di pohon, ranting, bahkan di atap rumah. Hewan ini sangat agresif dan bisa menyebabkan kematian jika menyengat.

Keberadaan tawon menjadi teror tersendiri terlebih setelah ada korban meninggal akibat sengatan tawon. Tawon yang menyengat tersebut tak lain dan tak bukan adalah tawon vespa yang di indonesia lebih dikenal dengan sebutan tawon endas. Sejenis tawon yang sangat mudah dijumpai di Indonesia.

Oleh karena itu, meski saat ini korban meninggal yang dilaporkan berada di daerah Jawa tengah, tapi orang yang berada di daerah lain harus meningkatkan kewaspadaan. Salah satunya adalah dengan selalu sigap untuk membasmi tawon jika memang bertemu atau menemukan sarangnya. Bagaimana caranya?

Begini 11 cara mengusir tawon yang mudah agar aman dari sengatan

Cara mengusir tawon secara lengkap tahap awal - akhir

Ada banyak tahapan yang bisa dilakukan dalam cara membasmi tawon, di antaranya adalah:

1. Persiapan keamanan sebelum pengusiran atau pembasmian

Sebelum melakukan pembasmian tawon, hendaknya gunakan alat yang bisa menjamin keselamatan. Misalnya dengan menggunakan sarung tangan, baju tertutup, penutup kepala, dan kaca mata.

Hal ini akan meminimalkan risiko disengat tawon saat sedang melakukan pengusiran atau pembasmian.

Baca juga  Jenis, Bahaya Sengatan Lebah, dan Cara Membasminya

2. Identifikasi lokasi tawon

Ketika sudah menemukan tawon di rumah, maka mulailah kritis, bisa jadi di dekat rumah Anda ada sarang tawon tersebut. Jadi, mulailah cari lokasi tawonnya agar bisa bekerja langsung ke pusat kehidupan mereka.

3. Cari tahu apa jenisnya

Cari tahu jenis tawon yang ditemukan, apakah masuk dalam kategori jenis tawon berbahaya atau tidak. Ada puluhan ribu jenis tawon di dunia yang sudah teridentifikasi, mayoritas senang menyengat dan membahayakan.

Salah satu yang paling berbahaya dan sudah menelan korban adalah tawon vespa, Anda harus mengenali tawon ini dengan baik.

Atasi dengan 8 jenis penanganan yang sesuai sampai tuntas

Cara mengusir tawon akan efektif jika disesuaikan dengan jumlah dan luas sarangnya, jumlah koloninya, dan daerah di mana tawon itu ditemukan. Kualitas penanganannya harus sesuai dengan kapasitas tawon yang ditemukan.

Berikut ini adalah beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan:

  1. Menggunakan bahan alami untuk mengatasi tawon. Misalnya kapur barus dan air sabun.
  2. Menggunakan jebakan tawon yang terbuat dari botol air bekas.
  3. Menggunakan insektisida tawon.
  4. Menggunakan bahan atau produk pengusir tawon.
  5. Membersihkan dan menjaga kebersihan di rumah dan sekitarnya.
  6. Menggunakan asap pembakaran untuk mengusir tawon.

Ada beberapa kekurangan dari cara-cara yang dilakukan di atas. Sebagai contoh, mengusir tawon menggunakan asap pembakaran tidak bisa membuatnya mati semua. Bisa jadi, masih ada tawon yang selamat dan pergi mencari tempat untuk membuat sarang baru.

Maka dari itu perlu dilakukan langkah lainnya yang lebih serius. Tahapan yang dimaksud kali ini adalah untuk menggunakan jasa ahli. Anda bisa memanggil:

  1. Damkar / petugas pemadam kebakaran.

Anda bisa memanggil petugas pemadam kebakaran untuk sekedar minta tolong. Jika memang beruntung dan bisa datang cepat, masalah tawon mungkin akan terselesaikan.

  1. Jasa pembasmi tawon
Baca juga  12 Jenis Lebah di Indonesia, Habitat, dan Ciri-Cirinya

Jika Anda memang memutuskan untuk memanggil pertolongan, maka jasa pembasmi tawon adalah pilihan yang paling tepat. Penyedia jasa ini sudah dibekali dengan ilmu dan pengalaman dalam membasmi tawon. Bahkan, mereka sudah punya lisensi berupa dokumen untuk mengendalikan hama dengan cara-cara yang baik sampai tuntas.

Anda bisa menghubungi Fumida, jasa pembasmi tawon Jakarta di nomor 0822.1177.1166 atau telepon di nomor 021.2904.9130. Dengan menggunakan jasa pengusir tawon, masalah tawon dapat terselesaikan dengan cepat dan bergaransi. Anda pun tak perlu lagi repot dan cemas memikirkan cara mengusir tawon di rumah.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123