fbpx

Kenali Tanda-tanda Keberadaan Tawon

Jika Anda menemukan tawon beterbangan atau mendapati beberapa tawon masuk rumah maupun di sekitar area taman maupun halaman rumah, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda-tanda keberadaan tawon di sekitar lingkungan Anda. Biasanya jika sudah terlihat aktivitas tawon di sekitar Anda berarti dapat dipastikan bahwa terdapat sarang tawon.

Namun, apakah Anda tahu bedanya lebah dengan tawon? Keduanya memang mirip dan keduanya merupakan serangga ukuran cukup besar dengan sayap. Washington Post menyebutkan bahwa keduanya memiliki perilaku yang berbeda. Lebah hanya mampu menyengat satu kali saja dan itu dilakukan ketika lebah merasa terancam. Sedangkan tawon dapat menyengat berkali-kali dan lebih agresif daripada lebah pekerja.

Tanda-tanda Keberadaan Tawon

Untuk mengetahui tanda-tanda keberadaan tawon, Anda perlu mengetahui beberapa jenis tawon agar tidak salah langkah dalam mengamankan diri dari tawon. Di Indonesia, terdapat 4 jenis tawon vespa yang dapat mengakibatkan kematian jika tersengat. Hal ini tentunya bukan

1. Vespa Affinis

Vespa affinis disebut sebagai “tawon ndas” di Indonesia. Di Klaten (Jawa Tengah), sudah terdapat beberapa korban jiwa akibat sengatan tawon yang satu ini.

Dalam koloni tawon, terdapat ratu, pejantan dan pekerja vespa. Tawon dapat dibedakan dari ukurannya. Ukuran tubuh tawon vespa affinis 2 cm hingga 3 cm. Warna tawon ini memiliki warna kuning pada punggung.

Tawon ndas mendirikan sarangnya di tempat yang relatif tinggi, namun terkadang juga ditemukan sarang tawon ndas berada di tempat yang rendah. Hal ini dikarenakan vespa affinis memiliki sifat oportunis yaitu di mana mereka akan mendiami tempat yang nyaman Diana pun untuk bersarang. Biasanya ditemukan di tempat tinggi seperti di pohon atau di atap bangunan.

Ukuran sarang tawon ndas bisa mencapai 60 cm lebih bahkan terdapat sarang tawon ndas yang berukuran lebih dari 1 meter. Ukuran sarang yang besar tersebut biasanya ditemukan di hutan atau tempat yang jarang dijumpai manusia.

2. Vespa Tropica

Hampir mirip dengan vespa affinis, tawon jenis vespa tropica juga memiliki corak atau warna kuning atau oranye di bagian punggung.

Vespa Tropica biasanya bersarang di bawah tanah atau di lubang pohon. Karena kebiasaannya tersebut, vespa Tropical jarang ditemui di atas pohon dan juga jarang terlihat oleh manusia. Sarang tawon vespa Tropical akan terlihat seperti mangkuk jika di gali. Sarang vespa sangat raih karena tersusun seperti lembaran.

3. Vespa Analis

Tawon jenis vespa analis ini mudah dikenali. Warna kuning pada bagian ujung tubuhnya membuat tawon ini berbeda dari tawon yang lain. Tawon vespa analis yang ditemukan di Indonesia, biasanya berukuran lebih besar dari vespa affinis namun tidak lebih besar dari vespa Tropical. Sarang vespa analis dapat berukuran lebih dari 60cm. Pada umumnya sarang vespa analis sangat kokoh dap berwarna gelap.

4. Vespa Velutina

Jenis tawon yang satu ini disebut sebagai Asian hornet dan yellow legged karena kaki tawon ini berwarna kuning. Ukuran tawon ini bervariasi, ada yang kecil dan ada yang sedang.

Vespa velutina merupakan hama bagi petani madu. Hal ini dikarenakan jenis tawon vespa velutina memangsa larva dari lebah madu.

Tak hanya itu, ternyata vespa velutina cukup kejam. Sebelum memangsa larva lebah madu, tawon velutina dan menyerang koloni lebah madu dan akan membunuh lebah madunya terlebih dahulu sebelum akhirnya memakan larvanya.

Vespa velutina biasanya bersarang di tempat tinggi.

Jurus Ampuh Hadapi Serangan Tawon

Beberapa waktu lalu sempat terjadi serangan tawon yang mengakibatkan sejumlah warga meninggal dunia. Tawon yang menyerang warga adalah jenis vespa affinis. Belajar dari peristiwa-peristiwa sebelumnya yang terjadi di Klaten, Anda perlu waspada dan melakukan beberapa langkah agar terhindar dari serangan tawon. Jika sudah mendapatkan tanda-tanda keberadaan tawon di sekitar Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini agar terhindar dari serangan tawon.

  1. Jangan ganggu sarang tawon

Seperti informasi yang sudah disebutkan di atas, tawon memiliki sifat yang agresif. Sehingga lebih aman jika Anda tidak mengusik sarang tawon. Meskipun hanya untuk main-main atau iseng, tawon tidak mengenal kata bercanda karena ia akan menyengat Anda setelah sarangnya diganggu.

  1. Jangan beraktivitas di sekitar sarang tawon

Sebaiknya jangan beraktivitas di sekitar sarang tawon. Hindari berada di sekitar sarang tawon agar tidak terkena sengatannya.

  1. Jangan mencelakakan diri

Jika sarang tawon berada di area tempat kerja Anda atau area tempat Anda beraktivitas, jangan sekali-kali untuk mencoba memusnahkan sarang tawon seorang diri. Tanpa keahlian dan prosedur keamanan standar, sebaiknya jangan mencoba untuk memusnahkan sarang tawon karena risiko mencelakakan diri sendiri sangat tinggi.

  1. Beri tanda peringatan

Berikan tanda peringatan untuk jaga jarak dari sarang tersebut. Hal ini perlu Anda lakukan agar masyarakat yang lain ikut waspada akan keberadaan tawon tersebut.

  1. Laporkan kepada petugas

Jika Anda menemukan sarang tawon yang sudah berukuran besar, segera hubungi petugas pemadam kebakaran kota Anda masing-masing.

  1. Segera berobat

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya segera berobat jika Anda telah disengat oleh lebah.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123