fbpx
Gambar 2 - Sekilas tentang sarang lebah madu

Sarang lebah itu sangat unik dan bermanfaat. Tapi untuk mendapatkan produk yang asli perlu dilakukan seleksi. Jangan sampai tertipu apalagi tertukar dengan sarang tawon yang membahayakan. Kenali cirinya agar lebih aman.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara ringkas apa itu sarang lebah, tanda-tanda, manfaat, dan produknya yang ada di pasaran. Jadi, selamat menyimak.

Beberapa jenis dan ciri sarang lebah

Sebagaimana diketahui, jenis lebah di Indonesia ada banyak. Tapi, ada tiga jenis yang paling sering ditemui di sekitar kita bahkan ada yang membuat sarangnya di tempat tinggal kita. Tiga jenis itu yakni lebah kayu, madu, dan tanah (bumble bee).

  Beberapa jenis dan ciri sarang lebah

Lebah kayu

Ini adalah salah satu jenis serangga yang tidak hidup berkoloni. Sesuai dengan namanya, hewan ini membangun sarang dengan melubangi kayu. Biasanya, saat membuat sarangnya mereka mengeluarkan suara berdengung dan cukup mengganggu.

Di dalam kayu yang mereka lubangi, mereka menaruh telur. Jenis kayu yang biasanya dipakai untuk menciptakan sarangnya adalah kayu yang belum dicat. Baik yang sudah jadi bangunan maupun yang belum.

Hewan ini memang jarang menyengat. Tapi efek negatifnya adalah bisa merusak struktur kayu pada bangunan rumah Anda. Meski tidak makan kayu, bagian dalamnya bisa rusak karena dilubangi untuk dijadikan rumah.

Lebah tanah (bumble bee)

Selanjutnya adalah lebah tanah yang sarangnya memang terbentuk di dalam tanah. Mereka biasanya memanfaatkan rongga bangunan atau lubang yang sudah dibuat oleh hewan lain.

Jadi, bila dibiarkan juga akan membahayakan struktur bangunan dan cenderung merugikan.

Lebah madu

Kalau jenis yang satu ini tipenya ada banyak di Indonesia. Warnanya ada yang hitam, kuning, oranye, hingga cokelat. Ini merupakan sejenis serangga yang tidak membuat masalah karena selain tidak menyengat, sarangnya juga bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Meski begitu, saat sarangnya diganggu atau diancam manusia, mereka akan segera bertindak. Bersama koloninya yang berjumlah banyak, mereka pun akan melakukan tindakan pertahanan bahkan penyerangan kepada si pengganggu.

Biasanya, hewan ini membangun sarang di dahan pohon atau pepohonan yang dekat sekali dengan taman bunga. Sebab dari bungalah mereka mendapatkan nektar untuk menghasilkan madu.

Jadi, bukan mustahil mereka akan tinggal di pohon di dekat rumah Anda.

Sekilas tentang sarang lebah madu

Bila Anda pernah menonton film lebah madu versi kartun, maka membayangkan sarang mereka tak akan sulit.

Sarang mereka didefinisikan sebagai sebuah struktur bangunan yang bagian dalamnya terbentuk dari kumpulan desain heksagonal yang dipakai untuk menyimpan madu, larva, pupa, telur, dan polen.

Sekilas tentang sarang lebah madu

Struktur ini terbentuk dari semacam zat lilin yang dijadikan sebagai tempat tinggal koloni dan membesarkan anak-anak mereka.

Manfaat sarang lebah madu

Diketahui bahwa sarang lebah memiliki banyak khasiat sehingga dijual bebas di pasaran. Berikut ini beberapa manfaat yang terkandung dalam tempat tinggal lebah tersebut:

Gizi dan nutrisi yang melimpah

Sarang hewan ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah. Di antaranya adalah antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh, melindungi tubuh dari penyakit, dan membantu menyelesaikan masalah peradangan.

Menurunkan kolesterol

Dalam sebuah ulasan jurnal yang diterbitkan pada tahun 2004 disebutkan bahwa tempat tinggal hewan ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus menaikkan kolesterol baik.

Kesehatan hati

Sebuah penelitian dilakukan dengan mencampurkan alkohol dari lilin yang berasal dari sarang lebah. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui nilai keamanan dan efektivitas sarangnya pada manusia yang hatinya berlemak.

Hasilnya, tempat tinggal hewan ini bisa menormalkan fungsi hati dan mengurangi gejala bertumpuknya lemak di hati.

Sayangnya, jumlah sarang yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan hasil tersebut tidak dirinci. Jadi, untuk pemakaian pada manusia diperlukan penelitian lebih lanjut.

Selain manfaat di atas, diketahui khasiat sarang lebah lainnya, yakni:

  1. Melindungi diri dari infeksi (peradangan).
  2. Metabolisme glukosa, penting buat para penderita diabetes.
  3. Mengurangi batuk pada anak, dll.

Produk yang sering dijual di pasaran

Dari ulasan di atas, kita tahu bahwa jenis sarang yang bisa dimanfaatkan oleh manusia adalah yang dibuat oleh lebah madu. Jadi, selain bisa mendapatkan madunya Anda juga bisa sekalian memanfaatkan sarangnya.

Kini, penjualan sarang lebah madu tercatat meningkat, khususnya penjualan secara online. Anda harus berhati-hati saat hendak membeli produk-produk ini. Harus bisa menemukan yang asli sehingga manfaat yang ditulis di atas bisa didapatkan tanpa rasa was-was.

Kalau ingin lebih aman, biasanya langsung beli ke petaninya. Mereka yang senang berburu sarang lebah di hutan. Nah jika baru dipetik rasanya sangat segar dan lezat.

Perbedaan sarang tawon dan lebah

Bila jenis hewan penghasil madu tak begitu berbahaya buat manusia, lain halnya dengan tawon yang membahayakan. Bila lebah bisa membangun sarangnya di sekitar rumah kita, tawon justru bisa membuatnya di rumah kita.

Perbedaan sarang tawon dan lebah

Untuk mengetahuinya, silakan cek apa ada rumah serangga dengan bentuk heksagonal di bagian dalam yang terbuat dari kertas dan menggantung di kayu atau bagian bangunan lain. Bila iya, ini tawon dan harus segera dibasmi sebab berbahaya.

Pembasmian tawon harus dilakukan oleh ahlinya, jasa pembasmi tawon. Tim Fumida yang sudah terlatih akan mengatasi masalah hama pengganggu ini dengan cepat dan tepat.

Anda bisa menghubungi kami di nomor 0822-1123-1123 atau 021-29049130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123