fbpx

Sebuah kamar mandi yang terlihat bersih merupakan idaman semua pemilik hunian. Sebab, ruangan yang satu ini menjadi salah satu bagian dari rumah yang sangat penting untuk selalu dijaga kebersihannya. Kamar mandi yang cenderung lembab dan kotor bisa menimbulkan jamur dan tempat bersarangnya serangga kecil seperti lalat limbah.

Agar hal ini tidak terjadi, tentunya Anda harus rajin membersihkan kamar mandi dan juga lingkungan rumah. Pada pembahasan kali ini, Anda akan mempelajari dari mana lalat limbah ini berasal dan bagaimana cara menghilangkannya. Untuk informasi selengkapnya, simak uraian berikut ini.

Apa Itu Lalat Limbah

 

Jenis serangga yang satu ini hidupnya dari memakan bahan organik yang ada dalam saluran air yang basah dan lembab. Jadi, ketika Anda melihat sekawanan lalat kecil yang tiba-tiba muncul di dalam kamar mandi. Baik itu di pancuran (shower), saluran pembuangan air, maupun di bak mandi (bathtub), itu artinya kamar mandi Anda telah dihuni oleh lalat limbah (drain fly/ moth fly).

Kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena bisa membuat kamar mandi Anda akan terlihat kotor dan jorok. Itu sebabnya penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan lalat kecil di kamar mandi yang mudah dan efektif.

Ciri khas lalat limbah ini adalah tidak berkeliaran jauh dari tempatnya bersarang. Selain itu lalat limbah ini juga bisa bereproduksi dengan cepat. Itu sebabnya walaupun sudah sering diusir dari kamar mandi, jumlahnya bisa terus bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Walaupun rumah Anda masih terbilang “aman” dari serbuan lalat limbah yang menyebar hingga ke seluruh rumah. Namun, kehadiran lalat limbah yang sering muncul di area kamar mandi dan dapur ini tetap terasa mengganggu dan harus segera dimusnahkan.

Trik Menghilangkan Lalat Limbah di Kamar Mandi

Sebenarnya, hewan kecil yang sangat mengganggu ini bisa Anda musnahkan secara tuntas.

Ada beberapa cara menghilangkan lalat kecil di kamar mandi yang bisa Anda terapkan agar lalat dan serangga kecil lainnya tidak bersarang di kamar mandi Anda. Trik-trik tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

– Gunakan Cuka Sari Apel

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan salah satu produk rumah tangga yang memiliki banyak manfaat yaitu cuka sari apel. Salah satu manfaatnya adalah mampu membunuh lalat limbah yang berkeliaran di sekitar area kamar mandi Anda.

Untuk cara menghilangkan lalat kecil di kamar mandi dengan menggunakan cuka sari apel ini adalah dengan menuangkannya ke dalam gelas dan dicampur dengan sedikit sabun cair pencuci piring lalu aduk hingga rata. Sabun cair tersebut berfungsi sebagai racun bagi lalat.

Kemudian, pada permukaan gelas diberi corong yang terbuat dari plastik atau kertas yang fungsinya sebagai jalan masuk bagi lalat limbah. Corong ini nantinya cukup besar untuk dilewati oleh lalat namun terlalu kecil jika digunakan sebagai jalan keluar. Selain menggunakan corong, Anda juga bisa menggunakan plastik yang diberi lubang-lubang kecil sebagai jalan masuk untuk lalat.

– Gunakan Soda atau Cola

Cara menghilangkan lalat kecil di kamar mandi berikutnya adalah dengan minuman soda atau cola. Pertama, Anda harus membuat satu lubang kecil pada bagian tutup plastik botol soda dan pasang kembali ke botolnya.

Kedua, sisakan sedikit soda atau cola di dalam dasar botol. Dalam waktu sekejap, Anda akan melihat lalat-lalat kecil mulai berkerumun dan masuk ke dalam botol soda tersebut melalui lubang yang telah Anda buat pada bagian tutupnya.

– Gantung Kertas Lem Lalat

Mau tau cara menghilangkan lalat kecil di kamar mandi yang praktis? Anda bisa menggunakan kertas lem lalat yang mampu menangkap lalat dan menjebaknya dengan cepat sesaat setelah lalat kecil ini menjejakkan kakinya di kertas lem tersebut.

Anda bisa menggantungkan beberapa lembar kertas lemb di tempat yang kurang mencolok. Cara ini dianggap lebih menarik bagi lalat limbah dan lebih efektif jika dibandingkan dengan menggantungnya langsung di atas saluran air di dalam kamar mandi Anda.

– Gunakan Sabun Pencuci Piring

Salah satu cara menghilangkan lalat kecil di kamar mandi yang mudah dan praktis adalah dengan menggunakan sabun pencuci piring. Tambahkan larutan yang manis seperti gula cair atau sirup agar aroma sabun pencuci piring tidak terdeteksi oleh lalat limbah.

Anda bisa menggunakan gelas atau toples sebagai wadahnya. Untuk takarannya, bisa Anda kombinasikan sendiri. Bila perlu, Anda juga bisa menambahkan cuka jenis apa saja ke dalam larutan tersebut dan aduk hingga tercampur dengan baik.

Aromanya yang khas dan manis akan mampu menarik minat lalat kamar mandi untuk masuk ke dalam wadah tersebut. Sedangkan sabun pencuci piringnya jika diminum oleh lalat akan membuat lalat kamar mandi tersebut mati.

– Gunakan Ragi

Satu lagi cara menghilangkan lalat kecil di kamar mandi yang bisa Anda terapkan yaitu dengan menggunakan ragi. Yaitu dengan membuat campuran ragi kering yang aktif, setengah gelas air hangat, dan satu sendok teh gula.

Kemudian, campur ketiga bahan tersebut dan aduk hingga merata. Lalu, tutup gelas yang berisi campuran ragi dengan plastik pembungkus. Tusuk-tusuk plastik pembungkus untuk membuat lubang sebagai jalan masuk lalat limbah. Namun, pastikan bahwa lubang tersebut cukup kecil hingga lalat yang sudah masuk tidak akan bisa keluar lagi dari dalam gelas.

Panduan Mencegah Lalat Berkembang Biak

Untuk menghilangkan lalat kecil dari kamar mandi harus diberantas hingga ke akar-akarnya, yaitu dengan menghancurkan tempat lalat tersebut berkembang biak. Ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Bersihkan Saluran Air

Pertama, Anda bisa menggunakan sikat pembersih pipa dari bahan logam sebagai cara menghilangkan lalat kecil di kamar mandi. Pilih sikat pembersih yang panjang dan masukkan ke dalam saluran air. Gerakkan sikat dengan cara memutar sikat dan naik turun secara perlahan agar kotoran dari sisi-sisi pipa tersapu bersih.

– Bersihkan Penangkap Rambut

Kedua, angkat saringan dari saluran air atau penangkap rambut dan bersihkan secara menyeluruh. Pastikan untuk menyingkirkan semua rambut dan limbah lainnya yang tersangkut di alat penyaring ini agar lalat limbah tidak bisa meletakkan telur-telurnya di tempat tersebut.

– Gunakan Kawat Panjang

Cara menghilangkan lalat kecil di kamar mandi yang ketiga adalah dengan memanfaatkan kawat panjang yang lentur seperti ular untuk membuang kotoran lain yang ada di saluran air. Cara menggunakannya sama dengan sikat pembersih pipa, yaitu dengan cara memutar-mutar mengitari pipa agar tumpukan kotoran yang menempel terdorong hingga jauh ke dalam.

Selain menggunakan cara-cara tersebut, ada cara menghilangkan lalat kecil di kamar mandi yang lebih praktis. Yaitu dengan menggunakan jasa pembasmi lalat yang terjamin mutu dan kualitasnya seperti PT Fumida Pestindo Jaya. Tim Fumida ini mampu bekerja secara profesional dan menggunakan bahan yang paling efektif untuk membasmi lalat. Untuk informasi lengkap mengenai jasa apa saja yang ditawarkan, Anda bisa mengeceknya melalui website fumida.co.id atau bisa menghubungi customer service kami di 0822-1123-1123 atau 021-29049130.

 

 

 

 

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123