fbpx

Begini Cara Mengatasi Sengatan Tawon

Jika Anda tersengat tawon ataupun lebah, maka otomatis terdapat racun yang masuk pada tubuh Anda karena sengatan tersebut. Sengatan racun tersebut dapat menyebabkan luka di sekitar titik sengatan. Sengatan tawon menyebabkan beberapa gejala, seperti rasa sakit dan perih di bagian yang tersengat, kemerahan, bengkak dan juga gagal.

 

Terdapat cara mengatasi sengatan tawon yang menyebabkan rasa sakit tersebut. Namun pengobatan sengatan tawon ini tergantung kondisi dan tingkat keparahannya. Sampai pada saat ini belum ditemukan anti racun atau penawar khusus untuk melawan racun dari sengatan serangga. Sehingga berikut merupakan informasi cara mengatasi sengatan tawon dan pertolongan pertama.

Cara Mengatasi Sengatan Tawon pada Pertolongan Pertama

1. Cabut bekas sengatan

Langkah pertama setelah Anda disengat tawon adalah menyingkirkan sengat yang ditinggalkan tawon. Gunakan pisau, silet atau benda tajam yang memiliki bentuk keras dan tipis. Keluarkan sengat tersebut, usahakan kantong racun yang ada pada sengat tidak terperas atau tertekan supaya racun tidak semakin menyebar. Tidak disarankan menggunakan pinset atau jari.

Segeralah cabut bekas sengatan untuk mengurangi menyebarnya jumlah racun yang masuk dalam tubuh Anda.

2. Bersihkan luka

Setelah Anda melepas duri sengat tawon, segeralah basuh luka Anda dengan menggunakan air bersih.

3. Kompres es batu

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengompres bagian tubuh Anda yang terkena sengatan dengan es batu. Efek dingin yang dihasilkan es batu dapat membantu bekas sengatan tidak membengkak. Tempelkan es batu selama sepuluh menit saja.

Baca juga  Jenis, Bahaya Sengatan Lebah, dan Cara Membasminya

4. Tutup dengan kain kasa

Setelah Anda mengompres bagian tubuh yang terkena sengatan, keringkan bagian tubuh tersebut. Pastikan agar tetap bersih dan kering agar terhindar dari infeksi. Jika diperlukan, tutup luka dengan menggunakan kain kasa.

5. Konsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Jika rasa sakit mengganggu Anda, segeralah konsumsi obat penghilang rasa sakit. Anda bisa mendapatkan ibuprofen secara bebas karena obat tersebut merupakan salah satu obat yang bisa ditebus tanpa perlu menggunakan resep dokter. Jika kulit Anda gatal, gunakan krim hidrokortison atau losion kalamin yang bisa Anda dapatkan secara bebas di apotik.

6. Pergi ke dokter

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan namun tubuh Anda mereaksi racun dengan alergi berat, maka segera periksalah ke dokter. Untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan, Anda perlu memeriksakan kondisi Anda ke dokter.

Alternatif Cara Mengatasi Sengatan Tawon dengan Bahan Alami

Sengatan lebah ternyata dapat menyebabkan risiko yang lebih parah lagi. Contohnya seperti timbul rasa gatal-gatal, kulit pucat, pembengkakan lidah dan tenggorokan, kesulitan nafas, pusing, muntaber dan bahkan kehilangan kesadaran. Sengatan lebah juga dapat mengakibatkan kematian pada manusia. Agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, berikut informasi mengenai cara mengatasi sengatan tawon dengan bahan alami.

1. Gel lidah buaya

Gel yang terdapat pada tanaman lidah buaya atau aloe vera dikenal dapat memerikan efek sejuk dan melembabkan pada kulit. Karena hal itu, aloe vera sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan alat kosmetik.

Selain itu, aloe vera juga memiliki khasiat anti radang dan juga anti bakteri. Dengan kandungan yang ada pada lidah buaya, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada bagian tubuh Anda yang terkena sengatan tawon.

Anda bisa menggunakan gel aloe vera langsung dari potongan tanaman lidah buaya. Jika Anda tidak memiliki tanaman lidah buaya, Anda dapat menggunakan dari produk-produk yang dijual di toko obat maupun produk perawatan kulit.

Baca juga  11 Cara Mengusir Tawon yang Lengkap (Awal-Akhir)

2. Madu

Madu dikenal sebagai pemanis alami pengganti gula. Selain itu madu juga telah dikenal masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah rasa sakit akibat disengat tawon. Madu memiliki kandungan inflamasi yang tinggi sehingga efektif untuk menyembuhkan rasa nyeri. Madu dapat menyerap racun yang menyebar di bagian kulit yang disengat tawon. Oleskan madu di bagian tubuh yang terkena sengatan tawon dan diamkan selama 30 menit.

3. Minyak esensial

Minyak esensial telah dikenal masyarakat memiliki zat anti bakteri, anti jamur dan antiseptik. Maka dari itu minyak esensial dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang terkena sengatan tawon. Minta esensial yang dapat membantu meredakan sengatan tawon adalah minyak rosemary, minyak lavender dan minyak pohon teh. Namun perlu diketahui, untuk penggunaan minyak esensial ini diperlukan campuran bahan lainnya yaitu minyak zaitun.

4. Cuka Apel

Meskipun belum diuji secara klinis, cuka apel dipercaya untuk mengurangi kebengkakan di kulit. Namun perlu diperhatikan jumlah penggunaannya, karena tingkat kekerasan cuka apel yang tinggi dapat merusak kulit.

5. Daun pisang

Getah daun pisang juga dikatakan dapat meredakan bengkak pada luka sengatan tawon. Selain itu, getah daun pisang juga berfungsi untuk membantu mempercepat penyembuhan luka sengatan tersebut.

6. Soda kue

Jika Anda memiliki soda kue atau baking soda di rumah, segera tuang  soda kue dalam cangkir kecil. kemudian larutkan dengan sedikit air dan aduk sampai bertekstur seperti pasta.

Oleskan soda kue tersebut pada bagian tubuh yang terkena sengatan. Soda kue berfungsi untuk menghentikan rasa sakit, iritasi dan gatal

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123