fbpx
Lalat Buah

Lalat buah adalah sejenis lalat yang biasanya mengerumuni berbagai buah-buahan. Ukurannya memang kecil, tapi bila jumlahnya banyak tentunya akan sangat menggaggu. Lalat yang menghinggapi buah-buahan biasanya membawa kotoran dan penyakit dari tempat para lalat itu sebelumnya hinggap. Oleh karenanya, ada baiknya buah-buahan harus dihindarkan dari lalat.

Ternyata, lalat buah ini tidak hanya suka menghinggapi buah-buahan saja. Terkadang, lalat buah juga hinggap di makanan dan keberadaannya tidak terlihat mata. Supaya semua makanan dan juga buah-buahan tidak menyimpan penyakit dan kotoran yang dibawa oleh lalat, lalat-lalat tersebut harus diusir sejauh mungkin. Ada baiknya, usir lalat secara alami supaya tidak mempegaruhi makanan seperti berikut ini.

Hindari Bahan yang Bisa Mengundang Lalat

Pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati sepertinya bisa diterapkan dalam hal ini. Dari pada repot-repot mencari cara mengusir lalat buah ada baiknya mencegah lalat buah itu untuk masuk ke dalam rumah. Caranya adalah dengan menghindari atau meminimalisir adanya bahan-bahan yang bisa mengundang lalat buah untuk masuk dan hinggap di makanan.

Lalat buah biasanya akan masuk ke dalam rumah jika mencium adanya aroma busuk dari makanan. Oleh karena itu, Anda harus rajin memeriksa apa ada makanan atau bahan makanan yang sudah memiliki tanda-tanda pembusukan. Selain itu, jika ada kecap atau makanan manis seprti sirup yang terbuka sebaiknya segera ditutup supaya tidak mengundang lalat. Jika selalu konsisten dalam melaksanakan hal ini, dijamin tidak ada lalat buah yang berani masuk.

Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang paling ampuh untuk mengusir berbagai jenis lalat yang berkeliaran. Untuk menjadikan cuka apel sebagai bahan pengusir lalat cukup mudah. Siapkan dua sendok makan cuka apel, satu sendok makan gula, beberapa tetes sabun cuci piring dan air satu liter. Kemudian, campurkan semua bahan tersebut ke dalam wadah yang mampu menampung air satu liter.

Jika semua bahan sudah tercampur, maka letakkan campuran tersebut di dekat tempat makanan yang banyak dikerumuni oleh lalat. Lalat-lalat yang tadi hinggap dan berkeliaran di sekitar makanan akan tertarik dengan bau yang ditimbulkan oleh campuran air tersebut dan menjauh dari makanan. Mudah bukan cara mengusir lalat buah menggunakan campuran cuka apel ini?

Simpan Bahan Makanan dengan Tepat

Supaya tidak ada lalat-lalat nakal yang mendekati makanan maka simpan bahan makanan dan buah-buahan di tempat yang tepat dan aman supaya tidak didekati lalat. Simpan makanan yang mudah busuk di kulkas supaya tidak cepat busuk lalu dikerumuni lalat. Jika ada makanan yang akan disimpan di luar lemari atau kulkas, simpan di tempat khusus yang memiliki penutup atau kedap udara.

Manfaatkan Gula, Susu dan Lada

Setiap rumah sepertinya akan memiliki ketiga bahan ini, gula susu dan juga lada. Bukan hanya sebagai bumbu masakan atau konsumsi harian, ketiga bahan tersebut bisa digunakan sebagai cara mengusir lalat buah. Caranya adalah dengan membuat larutan dari campuran ketiga bahan tersebut. Panaskan ketiga bahan tersebut selama 10 hingga 12 menit lalu letakkan di tempat yang banyak lalat. Larutan ini bisa perlahan-lahan membunuh lalat.

Bersihkan Saluran Air

Menjaga kebersihan rumah bisa menjadi salah satu mencegah datangnya lalat. Salah satu bagian yang harus rajin dibersihkan karena jadi tempat bersarangnya lalat adalah saluran air cucian. Bersihkan saluran air tersebut secara rutin agar tidak ada kotoran yang tertimbun di dalam saluran. Untuk membersihkan bagian saluran ini bisa dengan menggunakan cairan yang mengandung klorin dan setelahnya siram dengan air panas.

Selain bagian saluran air, tempat sampah yang biasa diletakkan di bawah tempat cuci piring pun harus rajin untuk dibuang. Jangan menunggu sampai lalat datang dan menjadikan tempat sampah sebagai huniannya. Apalagi jika sampah yang dimasukkan adalah sampah-sampah basah yang bisa dengan cepat mengeluarkan bau busuk. Jika tempat sampah ada tutupnya, lebih baik tutup untuk menyamarkan bau dan semprot tempat di sekitar dengan disinfektan.

Semprotan dari Sabun Lemon

Selain membersihkan bagian-bagian yang berpotensi untuk menjadi sarang lalat dan juga menyimpan makanan yang mudah busuk ke tempat yang tertutup, cara mengusir lalat buah bisa juga dilakukan dengan menggunakan semprotan. Air semprotan ini tentunya bukan air biasa melainkan campuran dengan sabun yang memiliki aroma atau bahan lemon.

Tuangkan sabun cuci lemon ke botol semprot dan campur dengan air secukupnya. Semprotkan campuran air sabun lemon ini ke sudut-sudut rumah serta bagian-bagian rumah yang biasanya banyak dihinggapi oleh lalat. Lalat biasanya tidak menyukai bau menyengat dari lemon sehingga tidak akan berani mendekat ke tempat-tempat yang sudah diberi semprotan tadi.

Bersihkan Piring Kotor

Jika tidak ingin ada lalat di rumah Anda maka jangan sekali-sekali menumpuk piring kotor di tempat cucian. Benda-benda kotor bisa mengundang lalat yang suka dengan bau-bau busuk yang mungkin menempel dari sisa makanan. Oleh karena itu, segera cuci peralatan makan dan peralatan masak yang kotor sebagai salah satu cara mengusir lalat buah yang ada di rumah.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis, sebagai salah satu jenis jeruk yang sering digunakan untuk memasak, ternyata merupakan pestisida alami yang bisa digunakan untuk mengusir lalat. Para petani sering menggunakan cairan jeruk nipis ini untuk mengusir hama yang mengganggu tanaman padi. Menggunakannya sebagai pestisida di rumah tentunya patut untuk dicoba.

Untuk membuat semprotan dari jeruk nipis ini diperlukan beberapa bahan. Pertama, siapkan 5 buah jeruk nipis dan 20 lembar daun jeruk nipis. Siapkan juga EM4 25 (sejenis mikro organisme aktif) sebanyak 50 ml, gula pasir 3 sendok makan, air bersih 4 liter dan jerigen 5 liter sebagai tempat penyimpanan konsentrat yang dibuat dari campuran semua bahan tersebut.

Kupas dan potong jeruk nipis yang sudah disiapkan kemudian blender hingga halus bersamaan dengan daun jeruk nipis. Larutkan gula dengan air lalu campur semua bahan dan aduk hingga rata. Masukkan campuran tersebut ke dalam jerigen lalu tutup rapat selama 7-10 hari. Jika ingin dipakai, larutkan dua sendok campuran tersebut dengan satu liter air. Begitulah cara mengusir lalat buah dengan campuran pestisida alami tersebut.

Jika merasa semua langkah sudah dilakukan tetapi masih belum berhasil mengusir lalat buah yang membandel, cara mengusir lalat buah terakhir adalah dengan memanggil jasa pengusir serangga atau hama seperti PT. Fumida Pestindo Jaya. Fumida menggunakan bahan-bahan alami serta alat terbaik untuk mengusir hama pengganggu seperti lalat. Selain itu, faktor keamanan dan keselamatan pun diperhatikan dengan baik. Lalat pergi, rumah pun bersih kembali. Untuk pemesanan dan info lebih lanjut silahkan hubungi customer service kami di 0822-1123-1123 atau 021-29049130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123