fbpx
Gambar 2 - Bahaya lalat buah

Segera lakukan cara mengusir lalat buah terbaik karena hewan ini sangat menjengkelkan dan cukup bahaya. Bila tidak tahu caranya, silakan simak ulasan ini sampai habis. Kami akan membahasnya.

Sebagaimana diketahui, salah satu jenis lalat yang cukup sering ditemukan di Indonesia adalah serangga ini. Hewan ini menyerang sayuran dan buah-buahan yang sudah masak. Baik di area pabrik pertanian maupun di rumah-rumah warga di mana mereka bisa menemukan makanan.

Sayangnya, hewan ini tergolong bandel dan sulit sekali diusir. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan tindakan serius sebagaimana kami ulas dalam artikel ini.

Makanan lalat buah

Seperti yang diungkapkan di atas, hewan satu ini seringnya ditemukan hinggap dan berkerumun di atas buah-buahan dan sayur-sayuran. Baik itu buah yang masih di lahan pertanian maupun yang sudah dibawa oleh pedagang hingga sampai ke rumah- rumah.

  Makanan Lalat Buah

Makanan mereka adalah sayuran dan buah-buahan ini. Mayoritas dari mereka memilih yang sudah masak. Bahkan, mereka juga mau memakan yang sudah busuk. Sering juga ditemukan berkerumun di tempat sampah di mana ada buah yang busuk.

Untuk mengenalinya, silakan cek ukuran lalat yang ada di rumah Anda. Hewan ini memiliki ukuran tubuh kecil, sekitar 3 milimeter.

Bahaya lalat buah

Ada banyak alasan kenapa hewan ini jadi membahayakan buat manusia, di antaranya adalah:

Bahaya lalat buah

Mengonsumsi buah dan sayur

Seperti yang tertulis di atas, serangga ini mengonsumsi buah dan sayur. Mereka senang berkerumun dan hingga di buah-buahan tersebut.

Padahal, buah dan sayur ini juga adalah makanan manusia. Jadi, bisa jadi kita memakan sisa mereka apabila tanpa kita tahu buah dan sayur yang kita makan pernah dihinggapi sebelumnya oleh hewan ini.

Maka dari itu, penting sekali untuk mencuci makanan yang akan masuk ke saluran pencernaan sampai bersih.

Membawa bakteri

Sama dengan jenis lalat lainnya, hewan ini juga membawa bakteri di dalam tubuhnya yang bisa membahayakan manusia. Penularan kuman dan bakteri ini biasanya terjadi saat seseorang mengonsumsi makanan yang pernah dihinggapi atau dimakan oleh sang lalat.

Artinya, sejauh mereka hinggap di makanan yang hendak kita makan. Maka makanan tersebut memiliki tingkat bahaya karena bisa jadi sarang penyakit tanpa disadari.

Sering hinggap di alat masak

Selain buah dan sayur yang menjadi makanan utama mereka, hewan ini juga sering ditemukan hinggap di peralatan masak yang ada di dapur. Jadi, sangat mengganggu sanitasi di lingkungan rumah.

Siklus hidup lalat buah sangat singkat

Hewan ini termasuk dalam salah satu lalat yang durasi daur hidupnya sangat singkat. Dari telur sampai versi dewasa hanya butuh waktu sekitar 4 sampai 7 hari. Bukankah itu sangat cepat?

Mereka juga hidup berkoloni, jadi sangat menjengkelkan bila tiba-tiba di dalam rumah, warung, atau bangunan lainnya ditemukan serangga ini beterbangan mencari makan.

Cara mengusir lalat buah dan mengendalikannya

Karena tingkat bahayanya di atas, sebaiknya segera lakukan penanganan. Apalagi jika ini terjadi pada hasil pertanian atau di rumah makan, juga di tempat usaha lainnya. Jangan sampai pengunjung tak mau datang hanya karena serangga sekecil kacang hijau ini.

Cara mengusir lalat buah dan mengendalikannya

Tanaman yang tidak disukai lalat buah

Untuk melakukan pengusiran, Anda bisa menanam tumbuhan yang tidak disukai oleh hewan ini. Di antara tumbuhan yang bisa ditanam adalah:

  1. Tanaman mint.
  2. Kemangi.
  3. Pandan.
  4. Lavender.

Tanaman di atas memiliki bau yang sangat menyengat buah hewan akan tetapi menenangkan dan menyenangkan buat manusia.

Kalau misalnya taman di rumah Anda tak terlalu luas, tak masalah menaruh versi daun segarnya di beberapa sudut rumah. Khususnya di area-area yang sering didatangi oleh hewan tersebut.

Menjaga kebersihan rumah

Anda juga wajib melakukan pembersihan rumah secara rutin. Pembersihan ini termasuk di area-area yang tak begitu terlihat. Buka jendela rumah agar udara dan cahaya bisa masuk dengan baik. Jangan sampai ada area lembap yang bisa dijadikan sarang.

Keringkan area lembap

Lalat suka sekali dengan area yang lembap. Jadi, keringkan wastafel setelah dipakai, langsung cuci piring begitu selesai digunakan (jangan biarkan menumpuk), dan gunakan kain-kain yang bisa menyerap air dengan mudah.

Apabila ada kebocoran air di kran atau saluran lain, sebaiknya segera diperbaiki.

Pakai bahan alami untuk mengusir

Ada beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk mengusir mereka, yakni dengan lem lalat, semprotan jeruk nipis, lilin, perangkap buatan sendiri, dan yang lainnya.

Pilih sabun cuci piring beraroma lemon / jeruk nipis

Cobalah pakai sabun cuci piring yang aromanya lemon atau jeruk nipis. Bila perlu, saat menyeduh jeruk nipis atau lemon, jangan langsung buang sisa irisannya. Pakailah untuk mencuci.

Memanggil jasa pembasmi lalat untuk pengusiran paling efektif

Agar hasil yang didapatkan lebih optimal, Anda bisa memanggil jasa pembasmi lalat. Tim dari Fumida akan datang untuk membereskan masalah yang disebabkan oleh hewan ini.

Kami bisa menangani masalah ini di area perumahan, perusahaan makanan, toko, warung, dan yang lainnya. Jadi, jangan ragu untuk memilih tim profesional kami.

Pengalaman telah mengajarkan kami tentang langkah terbaik dalam menangani lalat buah. Jadi, segera hubungi kami di 0822-1123-1123 atau 021-29049130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123