fbpx
Lalat Rumah

Keberadaan lalat di sekitar rumah bisa sangat sangat mengganggu sehingga kerap dibasmi oleh banyak orang. Hal ini tidak mengherankan sebab lalat merupakan binatang kecil yang berpotensi menyebarkan penyakit. Dengan munculnya lalat di rumah, ini menandakan bahwa rumah tersebut kotor.

Intinya, hewan kecil ini sangat mengganggu karena membuat rumah tampak tidak terawat dan berpotensi mendistribusikan kuman saat hinggap di berbagai tempat. Misalnya, hinggap di minuman, makanan, atau peralatan rumah tangga lainnya yang memicu sumber penyakit. Demi menjaga kesehatan keluarga, penting bagi Anda untuk mencari cara yang ampuh untuk membasmi lalat. Adapun cara-cara ampuh tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Gunakan Perangkap Lalat

Agar rumah terbebas dari sarang penyakit, cara membasmi lalat di rumah adalah dengan menggunakan perangkap lalat. Alat ini memiliki dua versi, yang pertama adalah flypaper. Yaitu kertas beraroma manis yang berisi lem yang kuat untuk memerangkap lalat.

Sedangkan versi yang kedua dikenal dengan nama flyswatter, yaitu perangkap lalat berupa alat elektrik yang mengandung sinar UV. Kehadiran sinar UV ini dimaksudkan untuk menarik perhatian lalat sehingga terjebak dalam alat tersebut.

Gunakan Cairan Pembunuh Bakteri

Cara membasmi lalat di rumah berikutnya adalah dengan memanfaatkan cairan pembunuh bakteri. Cairan tersebut sangat ampuh untuk membunuh telur-telur lalat yang mungkin telah bersarang di sekitar rumah Anda. Cara mengaplikasikannya adalah dengan menuangkan cairan tersebut ke saluran pembuangan yang terindikasi sebagai sarang lalat.

Selain menggunakan cairan pembunuh bakteri ini, Anda juga bisa menggunakan cairan pemutih. Sayangnya, penggunaan cairan pemutih ini tidak seefektif cairan pembunuh bakteri karena terlalu encer. Akibatnya, cairan pemutih ini tidak cukup ampuh untuk membunuh telur-telur lalat tersebut.

Gunakan Spray Pengusir Lalat

Untuk mengusir lalat yang mengganggu kenyamanan, Anda bisa menggunakan spray pengusir lalat dan serangga lainnya yang banyak ditemui di pasaran. Cara membasmi lalat di rumah yang satu ini akan efektif bila digunakan pada ruangan yang tertutup.

Caranya adalah dengan menutup semua pintu dan jendela yang ada pada satu ruangan dan semprotkan ke atas antara 5 hingga 8 detik dan tutup ruangan tersebut selama 15 menit. Setelah itu, buka kembali ruangan dan aktifkan kipas elektrik yang berguna untuk membersihkan bahan kimia yang tersisa di ruangan tersebut.

Anda bisa mengulangi aktivitas ini seminggu sekali sampai semua lalat-lalat tersebut musnah dan tidak kembali ke sekitar rumah Anda. Untuk lebih hemat, Anda bisa membuat semprotan pengusir lalat sendiri, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini:

Cairan Pembersih

Cara membasmi lalat di rumah dengan bahan cairan pembersih adalah dengan memasukkan 10 tetes cairan pembersih ke dalam botol spray. Kemudian, tambahkan dua gelas air hangat lalu tutup botol spray tersebut dan kocok perlahan. Anda bisa menggunakan spray tersebut langsung ke arah lalat yang berkeliaran di sekitar rumah Anda.

Memanfaatkan Bumbu Dapur

Selain cairan pembersih, Anda juga bisa menggunakan beberapa bumbu dapur untuk membasmi lalat yang mengganggu. Bumbu-bumbu dapur tersebut diantaranya adalah bubuk cabai, kayu manis, bawang putih, dan air.

Caranya adalah dengan menghaluskan semua bumbu dengan menggunakan blender, tambahkan air, dan aduk hingga rata. Kemudian, saring campuran bahan tersebut dan masukkan ke dalam botol spray. Kocok secara perlahan sebelum disemprotkan ke arah gerombolan lalat di sekitar rumah Anda.

Gunakan Cuka

Satu lagi cara membasmi lalat di rumah yang menggunakan bahan alami yang tersedia di rumah Anda, yaitu cuka, air, dan minyak kayu putih. Cara membuat cairan semprotan tersebut adalah campurkan dua sendok makan cuka dengan satu sendok makan minyak kayu putih.

Kemudian, tambahkan segelas air dingin dan aduk hingga tercampur secara merata. Masukkan cairan pembasmi lalat tersebut ke dalam botol spray dan kocok secara perlahan. Gunakan cairan alami ini untuk membasmi lalat yang ada di sekitar rumah Anda.

Bersihkan Saluran Air dengan Gel Pembersih

Cara membasmi lalat di rumah yang berikutnya adalah dengan menggunakan gel pembersih. Cara yang satu ini cukup ampuh untuk membasmi lalat yang bersarang di saluran air. Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan gel tersebut dengan air dan tuangkan pada saluran air yang terindikasi sebagai tempat bersarangnya lalat.

Manfaatkan Tanaman Pengusir Serangga

Perlu Anda ketahui, bahwa lalat ternyata membenci beberapa jenis tanaman dan buah, khususnya yang memiliki aroma tertentu. Agar lalat tidak mau singgah, Anda bisa meletakkan tanaman tersebut di sudut ruangan rumah Anda. Dengan cara ini, lalat pun enggan masuk ke rumah Anda.

Beberapa jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai cara membasmi lalat di rumah diantaranya adalah lavender, pandan, salam, kemangi, mint, tomat, marigold, dan sebagainya. Anda bisa memanfaatkan tanaman-tanaman tersebut sebagai tanaman hias untuk membasmi lalat, memperindah ruangan, sekaligus sebagai pengharum ruangan yang alami.

Dapur

Ruangan yang paling sering didatangi oleh lalat adalah dapur. Untuk itu, jangan biasakan menunda mencuci peralatan makan Anda yang kotor. Sebab, lalat sangat menyukai sisa-sisa makanan dan lemak yang menempel pada alat masak dan alat makan tersebut.

Untuk itu, cara membasmi lalat di rumah bisa dilakukan dengan segera mencuci semua peralatan tersebut hingga bersih dengan sabun khusus untuk cuci piring. Selain itu, segera buang sampah yang ada dalam rumah dan jangan biarkan menumpuk terlalu lama. Sebab, sampah yang dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan bau menyengat yang akan memancing kedatangan lalat untuk hinggap dan berkembang biak di sana.

Saluran Air

Sanitasi pada pipa buangan pencuci piring juga harus dibersihkan secara teratur agar tidak digunakan sebagai sarang oleh lalat limbah. Caranya adalah dengan menyiram saluran air menggunakan air panas agar semua lemak yang menempel dan  menyebabkan saluran air tidak lancar bisa larut bersama air panas tersebut.

Begitu juga dengan saluran di kamar mandi, Anda harus membuang semua rambut dan kotoran yang menempel di saringan penangkap rambut. Caranya adalah dengan mengangkat saringan penangkap rambut dari saluran air dan membersihkannya secara menyeluruh.

Setiap Sudut Rumah

Agar rumah terhindar dari serangan lalat yang berkeliaran, sapu dan pel lantai rumah Anda setiap pagi dan sore hari. Pastikan setiap sudut rumah hingga ke sela-sela terjaga kebersihannya. Selain itu, hindari menumpuk barang dan jaga sirkulasi udara di rumah Anda.

Ketika lalat terlanjur masuk dan bersarang di rumah, satu-satunya jalan adalah membasmi hingga ke akar-akarnya. Selain membersihkannya sendiri, Anda juga bisa menggunakan jasa pembasmi lalat yang terbaik yaitu PT Fumida Pestindo Jaya.

Rumah Anda akan menjadi bersih dan aman dari kuman karena cara membasmi lalat di rumah yang dilakukan oleh tim Fumida ini menggunakan bahan yang paling efektif. Kunjungi website fumida.co.id untuk melihat jasa apa saja yang ditawarkan oleh tim Fumida dan berbagai tips yang bermanfaat seputar kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. Konsultasikan segera layanan pembasmian lalat di rumah anda dengan tim professional kami di 0822-1123-1123 atau 021-29049130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123