fbpx
Gambar 2 - Cara praktis mengusir rayap saat musim hujan

Lakukan segera cara mencegah rayap bila ingin furnitur berbahan kayu terbebas dari hama tersebut. Bagaimanapun, serangan hama ini sangat membahayakan karena bisa merusak area penyimpanan seperti lemari.

Kerusakannya juga pasti akan menimbulkan kerugian. Mumpung belum terjadi, silakan simak langkah-langkah simpel ini. Lakukan secara bertahap agar hasilnya maksimal.

Ciptakan furnitur atau produk berbahan kayu yang berkualitas

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengantisipasi datangnya rayap adalah dengan membuat furnitur dengan kualitas tinggi. Lemari yang berkualitas bisa tercipta dari bahan anti rayap dengan proses pembuatan terbaik.

Yang dimaksud proses pembuatan terbaik di sini adalah dengan melakukan cara agar kayu tidak dimakan rayap. Yaitu mengawetkan kayu dan mengaplikasikan pelapis saat proses finishing.

Konstruksi rumah dengan bukaan yang lebar dan banyak

Mengusung konsep rumah minimalis memang menjadi opsi yang diambil banyak orang akhir-akhir ini. Sebagian orang bahkan membelinya di perumahan dengan desain yang sudah pakem dari pihak developer.

Konstruksi rumah dengan bukaan yang lebar dan banyak

Nah, untuk membuat furnitur dan bagian rumah lainnya aman terhadap serangan hama, anggarkanlah sedikit uang untuk melakukan renovasi.

Hal ini perlu dilakukan bila rumah Anda saat ini tidak memiliki ventilasi yang cukup, sirkulasi udara tidak bagus, dan cahaya yang masuk ke rumah sangat sedikit.

Apabila dari awal tempat tinggal Anda sudah dibuat dengan ventilasi yang lebar, tentu langkah renovasi tidak diperlukan.

Bagaimanapun, rayap tidak suka dengan cahaya dan udara. Salah satu jenisnya, rayap tanah, sengaja membuat tabung dari lumpur untuk melindungi mereka dari cahaya dan udara luar.

Dengan memberikan ventilasi atau bukaan ruang yang banyak pada tempat tinggal, berarti kemungkinan rayap datang akan semakin kecil.

Pakai wewangian

Salah satu hal yang tidak disukai oleh rayap adalah aroma. Mereka tidak menyukai aroma-aroma menyengat seperti jeruk, lavender, dan minyak kayu putih. Anda bisa memanfaatkan ini untuk mencegah kehadiran mereka. Caranya?

Gunakan pewangi pada lemari pakaian

Ada banyak pewangi yang bisa digantung atau ditempel sebagai cara mencegah rayap di lemari. Pilihan aromanya sangat banyak, mulai dari floral, buah-buahan, hingga lavender pun ada.

Selain bisa mencegah kedatangan rayap, cara ini akan membuat aroma lemari menjadi lebih harum. Begitu pun dengan baju di dalamnya. Bebas apek.

Pewangi ruangan

Anda juga bisa menggunakan pewangi ruangan untuk melindungi perabot seperti meja, kursi, dan kusen. Ruangan yang harum juga akan membuat penghuninya betah dan tenang.

Cara mencegah rayap dengan kapur barus

Selain wewangian sebagaimana ditulis di atas, Anda juga bisa menggunakan kapur barus. Cara ketiga ini tidak hanya bisa mencegah, tetapi membasmi mereka bila sudah terlanjur menyerang furnitur.

Cara praktis mengusir rayap saat musim hujan

Musim hujan adalah momen di mana hama ini datang dan menyerang rumah. Kenapa demikian? Alasan terkuatnya adalah karena mereka senang dengan area lembap.

Cara praktis mengusir rayap saat musim hujan

Untuk itu, agar selama musim hujan mereka tidak menyerang kayu yang ada di rumah, lakukan hal-hal di bawah ini:

Letakkan perabot kayu tidak menempel dinding

Hal ini dilakukan agar rayap tidak dapat dengan mudah berpindah dari tembok ke furnitur yang ada di rumah Anda.

Tutup retakan yang ada di tembok

Ketika ada retakan yang ada di tembok, maka di sinilah tempat air tanah akan meresap dan naik ke atas. Akibatnya, ruangan lembap termasuk bagian dalam tembok.

Bila bagian dalam tembok sudah lembap, hal ini bisa menjadi jalan masuk bagi rayap untuk segera menghuni dan menggerogoti bagian rumah Anda.

Membuang kayu-kayu tak terpakai

Sebelum musim datang tiba, coba cek bagian dalam rumah. Barangkali ada kayu tak terpakai. Bila ada, segera keluarkan atau buang.

Jangan sampai ada genangan air di sekitar rumah

Selanjutnya, tanah berlubang adalah salah satu sumber mereka berasal. Hal ini karena dari sinilah ada genangan air yang menyebabkan area di sekitarnya menjadi lembap.

Kalau ada tanah yang tak rata, segera tutup dan ratakan agar tidak jadi genangan saat hujan turun.

Cara membasmi rayap dengan oli

Cobalah untuk rutin melapisi kayu menggunakan oli. Bahan ini secara efektif mampu membuat kayu jadi awet. Jadi, bisa juga dipakai untuk mencegah kedatangan rayap.

Jemur furnitur sesekali

Ciptakan kondisi furnitur yang kering. Cahaya matahari sangat minim saat musim hujan tiba. Untuk itu, guna mengantisipasi rayap saat musim hujan, jemurlah furnitur saat ada matahari yang terik.

Cara mencegah rayap di lemari dan rumah secara efektif

Berikut ini adalah 2 cara efektif yang bisa dilakukan secara rutin untuk menjaga furnitur kayu Anda:

Cara mencegah rayap di lemari dan rumah secara efektif

Gunakan bahan alami dan kimia

Pakailah air cucian beras, air garam, atau bahan alami lain pada furnitur. Bahan ini sangat efektif dalam mengusir rayap.

Selain itu, Anda pun bisa menggunakan Baygon, bubuk boraks, dan produk-produk dari Bayer atau bahan kimia lainnya.

Jasa pembasmi rayap

Bila bingung dan merasa ribet, cara tersimpel dan efektif adalah dengan memanggil jasa pembasmi rayap. Fumida adalah salah satu jasa terbaik di bidang pest control. Tim berlisensi dan layanan bergaransi.

Metode yang dilakukan dalam cara mencegah rayap juga lengkap. Mulai dari pra hingga pasca konstruksi. Kami bisa dihubungi di 0822.1177.1166 atau 021.2904.9130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123