fbpx
cara cegah hama rayap pada furniture

Rayap merupakan jenis serangga yang dikenal sebagai hama. Kemampuan rayap untuk mengurai sebenarnya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sayangnya, keberadaan jumlah pohon dan sampah kayu semakin berkurang. Oleh karena itu, rayap kemudian memilih kayu dan furniture yang terbuat dari kayu di rumah-rumah sebagai makanannya. Karena hal inilah, hama rayap terasa sangat menyebalkan. Akan tetapi, terdapat cara cegah hama rayap yang bisa dilakukan sebelum furniture rumah habis dimakan rayap.

 

Cara Cegah Hama Rayap pada Funiture

Di rumah pasti terdapat banyak furniture yang terbuat dari kayu. Mulai dari meja, kursi, lemari, dipan, buffet, dan masih banyak lagi. Material kayu dipilih pada furniture rumah karena sifatnya yang tahan lama, nilai estetiknya tinggi, dan harganya dapat disesuaikan dengan kemampuan. Akan tetapi, penggunaan material kayu tidak dapat terlepas dari serangan hama rayap. Oleh karena itu, perlu diketahui cara cegah hama rayap ini sebelum benar-benar terlihat kerusakan nyata dari furniture-furniure Anda.

 

  • Memilih Kayu yang Bagus

Langkah pertama cara cegah hama rayap adalah dengan memilih kualitas kayu yang bagus. Pemilihan kualitas kayu yang sembarangan dapat memungkinkan potensi terkena serangan hama rayap. Terutama kayu-kayu yang lunak dan bersifat lembab akan sangat disukai rayap. Oleh karena itu, pilihlah kualitas kayu yang benar-benar bagus, seperti kayu jati dan merbau.

 

  • Mengatur Kelembaban

Rayap suka hidup di tempat yang lembab. Oleh karena itu, langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur kelembaban agar tetap rendah. Usahakan untuk memastikan bahwa rumah tidak bocor dan sirkulasi udara berjalan dengan lancar agar kondisi rumah tidak lembab.

Baca juga  Mengenal Tipe-Tipe Hama Rayap

 

  • Memberi Jarak Antara Furniture dengan Lantai

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa rayap merupakan organisme yang suka hidup di tempat lembab. Salah satu tempat lembab adalah tanah dan mereka berkembang biak pertama kali di bawah bangunan. Oleh karenanya, langkah ketiga yang bisa Anda lakukan untuk mencegah serangan rayap yakni sebisa mungkin untuk memberikan jarak antara furniture kayu dengan lantai. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan kain sebagai alas. Rayap akan lebih sulit untuk menjangkau furniture Anda karena ada jarak yang memisahkan.

 

  • Mengenali Tanda Serangan Rayap

Cara cegah hama rayap yang berikutnya adalah dengan mengenali tanda serangan rayap. Terdapat dua tipe rayap yang biasa menyerang rumah dengan meninggalkan gejala atau tanda yang berbeda. Apakah rayap meninggalkan tanda berupa terowongan lumpur atau serpihan kayu. Semua usaha yang Anda lakukan akan menjadi tak berarti jika tidak mengenali tanda-tanda rayap menyerang.

 

  • Merawat Furniture Secara Rutin

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan merawat furniture kayu secara rutin. Lakukanlah pembersihan pada kayu secara berkala dalam waktu yang rutin. Selain itu Anda juga harus memeriksa keberadaan berbagai jenis rayap di rumah. Anda juga bisa menggunakan produk perawatan khusus yang biasa digunakan pada kayu untuk membantu merawat agar tidak terserang rayap.

***

Nah, itulah tadi 5 cara cegah hama rayap pada furniture yang bisa Anda lakukan. Selain melalui kelima langkah tersebut, Anda juga bisa menggunakan jasa anti rayap Fumida untuk membantu mengecek dan membersihkan segala jenis rayap di rumah Anda. Dengan menggunakan tenaga professional yang memberikan solusi lengkap terhadap masalah hama ini, dijamin rumah Anda tidak akan diserang rayap kembali.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123