fbpx
Gambar 1 - 12 Bahan pembasmi rayap alami dan cara mengaplikasikannya

Enggan pakai bahan kimia? Coba pembasmi rayap alami saja! Ada banyak opsi yang bisa Anda gunakan. Mayoritas bisa dibuat sendiri di rumah.

Salah satu alasan kuat kenapa banyak orang memilih bahan alami ketimbang kimia adalah tingkat keamanannya. Bahan alami dinilai lebih aman buat kulit dan lingkungan. Jadi, tak perlu khawatir akan keracunan sebab bahannya sudah jelas tidak akan menimbulkan efek samping.

Berbeda dengan pemakaian bahan kimia yang butuh lebih banyak persiapan dalam hal perlindungan diri. Mulai dari masker, kaca mata, baju, hingga sepatu dan sarung tangan.

Bila Anda penasaran dengan bahan alami yang bisa ampuh mengatasi rayap, silakan simak ulasan ini sampai selesai.

12 Bahan pembasmi rayap alami dan cara mengaplikasikannya

Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa difungsikan untuk membasmi hama pemakan kayu secara praktis:

  Bahan pembasmi rayap alami dan cara mengaplikasikannya

Air garam, cara praktis mengusir rayap

Air garam merupakan pilihan yang paling simpel. Hal ini karena garam sudah pasti ada di dapur. Sifatnya juga mudah larut dalam air dan awet saat diletakkan dalam botol semprot.

Larutan ini bisa menjadi cairan pembasmi rayap kayu dan tanah yang ada di tembok, kusen, hingga furnitur.

Air cucian beras

Kepopuleran air garam disusul oleh air cucian beras. Setiap hari, ibu rumah tangga dan ART pasti masak nasi di dapur. Saat mencuci berasnya, air tersebut bisa disimpan untuk kemudian disiramkan langsung ke sarang hama.

Anda juga bisa menaruhnya di botol semprot bila ingin dipakai pada meja, kursi, lemari, atau yang lainnya.

Minyak jeruk

Menurut studi, minyak jeruk sangat efektif dalam membunuh atau mematikan rayap. Efektivitas bahan alami ini bisa makin kuat saat ada kontak langsung antara minyak jeruk dan hama pemakan kayu tersebut.

Bila hal tersebut terjadi, bukan tidak mungkin koloni rayap di dalam rumah bisa hilang sebab kandungan dalam minyak jeruk bisa menekan bertambahnya jumlah telur mereka.

Minyak kayu putih dan cara membasmi rayap dengan Baygon

Eucalyptus juga menjadi salah satu bahan yang sangat disarankan dalam pembasmian rayap tanpa bahan kimia. Anda bisa mencoba meneteskan langsung minyak kayu putih pada rayap. Hama ini tidak suka dengan wewangian. Mereka akan terusir dengan cepat.

Salah satu varian Baygon aerosol ada yang mengandung eucalyptus, Anda bisa mencobanya sebagai salah satu alternatif pembasmian rayap.

Lavender

Pembasmi rayap alami selanjutnya adalah lavender. Bahan alami ini memang memiliki wangi yang menenangkan buat manusia. Tapi bagi rayap, wanginya adalah musuh yang harus dihindari.

Lavender

Bahan alami ini sangat cocok dipakai untuk mengusir hama pemakan kayu di lemari. Caranya adalah dengan membeli produk wewangian dengan lavender sebagai bahan utamanya. Kemudian gantungkan produk ini di furnitur.

Anda juga bisa membeli pengharum ruangan lavender untuk mengusir hama pemakan kayu dari rumah Anda.

Cacing nematoda

Bahan ini bisa ditemukan di kebun atau halaman. Namun, bila Anda terlalu ribet, sebaiknya beli saja di toko penjual pakan hewan. Cacing ini akan bekerja cepat untuk menghilangkan rayap di rumah Anda, bahkan sampai ke larvanya.

Tanah diatom

Rayap selalu menjauhi tanah diatom. Inilah yang membuat bahan alami ini dipercaya bisa mengusir hama tersebut dari rumah. Cara pemakaian bahan alami ini sangat mudah, Anda cukup menaburkan tanah diatom di kusen, jendela, pintu, dan yang lainnya.

Taburkan juga mengelilingi rumah, termasuk pada bagian pintu masuk. Bisa jadi, di sinilah spot-spot hama masuk ke rumah Anda. Jadi, sebagai langkah antisipasi buat mereka, taburkan ke seluruh area.

Larutan kapur sirih

Ini merupakan cara tradisional yang sangat ampuh. Orang jaman dulu bahkan menaruh larutan kapur sirih untuk perabot dan tembok kayu yang mereka miliki agar bisa bertahan dari rayap dan serangga lainnya.

Hasilnya, memuaskan. Kayu-kayu tersebut jadi awet dan jauh dari serangan serangga.

Cara pemakaiannya adalah dengan mencampurkan kapur sirih dengan air kemudian menyemprotkannya menggunakan botol spray.

Semprotan air sabun

Kalau mau yang lebih praktis, cobalah semprotan air sabun. Campurkan air dengan detergen kemudian taruh di botol semprot dan bahan alami siap digunakan.

Jebakan kardus

Ambil kardus lalu kasih sedikit air. Taruh di salah satu spot terdekat dengan serangan rayap. Tunggu sampai mereka berkumpul ke kardus lalu bakar.

Begitulah cara tersimpel untuk membuat umpan kardus, kertas, atau tisu buat hama ini.

AC

Serangga kecil perusak kayu ini sangat tidak suka dengan hawa dingin. Untuk menjaga furnitur di dalam ruangan, setel pendingin udara di angka terdingin.

Cahaya matahari

Tidak hanya suhu dingin, rayap juga bermusuhan dengan udara dan cahaya matahari. Maka dari itu, pastikan bahwa ruangan yang ada furnitur kayunya memiliki ventilasi yang baik sehingga cahaya bebas keluar masuk.

Alternatif terbaik membasmi rayap dengan cepat dan tepat

Apabila Anda memilih bahan pembasmi rayap alami karena khawatir dengan efek samping bahan kimia, kami tawarkan solusi terbaiknya, yakni memanggil jasa anti rayap.

Alternatif terbaik membasmi rayap dengan cepat dan tepat

Jasa anti rayap Fumida merupakan tim ahli yang melakukan pengendalian hama dengan bahan terbaik. Bahan yang digunakan pasti efektif dan proses pembasmian dilakukan sesuai SOP karena tim sudah berlisensi.

Jadwalkan segera pembasmian hama di rumah Anda dengan menghubungi kami di nomor 0822.1177.1166 atau 021.2904.9130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123