fbpx
cara basmi rayap dengan bahan alami

Adanya serangan rayap merupakan hal yang sering terjadi di setiap rumah. Perabotan dan furniture rumah yang terbuat dari kayu menjadi sasaran empuk serangga sosial infrafrodo ini. Jika telat menyadari, kayu akan berbunyi nyaring ketika diketuk dan menjadi empuk sebab struktur di dalamnya telah habis dimakan rayap. Bukan hal yang mudah untuk mengetahui bahwa kayu telah diserang rayap jika tak mengerti ciri-cirinya dan rutin mengecek. Jika di rumah Anda telah terlanjur terserang rayap, terdapat bahan-bahan berikut yang bisa membantu basmi rayap.

 

Cara Basmi Rayap dengan Bahan Alami

Sebenarnya terdapat banyak langkah yang bisa digunakan untuk membasmi rayap. Yang paling umum, Serangan hama rayap dibasmi dengan menggunakan bahan kimia. Akan tetapi, selain menggunakan bahan tersebut, Anda bisa juga mencoba basmi rayap dengan menggunakan bahan alami. Bahan-bahan alami digunakan karena lebih tidak memberikan efek samping yang memungkinkan akan membahayakan anggota keluarga. Berikut adalah bahan-bahan yang bisa digunakan.

 

  • Minyak jeruk

Bahan basmi rayap pertama yang bisa dicoba adalah minyak jeruk. Ekstrak minyak jeruk sangat efektif untuk membasmi hama ini dengan angka kematian mencapai 68 hingga 96 persen. Hal tersebut disebabkan karena minyak jeruk mengandung bahan aktif d-limonene yang dikenal sebagai racun ampuh bagi serangga. Cara yang bisa Anda lakukan cukup mudah, yakni dengan membuat lubang pada sarang rayap lalu masukkan minyak jeruk ini ke dalamnya.

 

  • Garam

Bahan yang dapat dengan mudah ditemukan di dapur ini ternyata juga ampuh untuk basmi rayap. Cara yang bisa Anda lakukan pun cukup sederhana dan mudah. Pertama, campurkan garam dengan air. Setelah itu masukkan pada botol semprot lalu semprotkan pada area yang terserang rayap. Selain itu, Anda juga bisa merendam kapas ke dalam air garam kemudian letakkan pada area rayap. Selain efektif untuk mengusir rayap, cara ini juga mampu untuk mencegah rayap datang kembali.

Baca juga  Jenis Rayap yang Perlu Anda Ketahui dan Waspadai

 

  • Cuka

Selain garam, bahan dapur lain yang bisa digunakan untuk membasmi serangan rayap adalah cuka. Caranya adalah dengan menuangkan cuka pada sarang rayap atau bagian yang terkena rayap. Anda harus melakukan langkah ini selama kurang lebih 8 hari. Setelah itu, rayap-rayap yang bersarang akan mulai angkat kaki dari rumah Anda.

 

  • Minyak Esensial

Beberapa jenis minyak esensial dipercaya ampuh untuk membasmi serangan rayap secara efektif. Salah satunya adalah minyak cengkeh. Minyak cengkeh sangat efektif karena dapat membunuh rayap hingga ke akar-akarnya. Dengan begitu, rayap tidak akan bisa berkembang biak dan menyerang kembali. Cara yang bisa Anda lakukan cukup mudah, yakni dengan menuangkan minyak esensial ke dalam botol semprot. Setelah itu, semprotkan pada lubang atau sarang rayap.

 

  • Lidah Buaya

Bahan terakhir yang bisa digunakan adalah lidah buaya. Selain dikenal akan khasiatnya pada rambut, lidah buaya ternyata juga efektif untuk membunuh hama rayap. Pun bahan ini mudah ditemukan dan banyak ditanam di rumah-rumah. Cara yang perlu Anda lakukan yakni, pertama bersihkan lalu blender lidah buaya hingga lumat. Selanjutnya, masukkan hasil blenderan tersebut ke dalam botol semprot. Dan terakhir, semprotkan lidah buaya ke dalam area yang menjadi sarang rayap dan bagian-bagian kayu yang terserang.

***

Demikianlah cara-cara untuk basmi rayap secara alami. Selain melalui beberapa cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan alternatif lain, yakni dengan menggunakan jasa anti rayap yang professional. Salah satunya adalah jasa anti rayap Fumida. Dengan tenaga yang professional dan terlatih, masalah serangan hama rayap di rumah Anda akan berakhir secepatnya.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123