fbpx
beragam akibat yang disebabkan rayap

Beragam Akibat yang Disebabkan Rayap Bagian 1

Jika selama ini Anda masih menganggap rayap sebagai hama kecil yang sepele, maka segera hilangkan anggapan tersebut dan rubah dengan anggapan baru bahwasanya makhluk kecil ini ternyata bisa mendatangkan beragam akibat yang merugikan, baik secara moril maupun materil. Karena walaupun ukuran makhluk ini kecil, namun sifatnya yang senantiasa hidup berkoloni dengan jumlah hingga ribuan atau bahkan lebih banyak dari itu, menjadikan banyak hal luar biasa yang bisa mereka lakukan.

Ketika menemukan rayap, yang kemudian salah satu diantaranya menggerayangi tubuh Anda, atau paling seramnya hingga menggigit Anda, mungkin gigitan tersebut tidak seberapa dan tidak begitu berarti. Namun jangan pernah samakan perumpamaan tersebut jika rayap kecil mungil tersebut mulai bergotong royong untuk membuat kerusakan di rumah Anda. Inilah sebabnya, kenapa binatang ini banyak disebut sebagai hama penghancur rumah yang merugikan.

Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang beragam akibat yang bisa disebabkan oleh rayap, agar kita semakin tahu dan peka dengan kondisi rumah manakala ada indikasi keberadaan rayap di dalamnya, tentunya supaya bisa dilakukan tindakan pencegahan dan penanganan untuk mengatasinya.

Akibat yang dimaksud antara lain :

Kayu menjadi lapuk dan keropos

Ketika melihat adanya kotoran rayap berupa butiran kecil dengan ukuran teratur berwarna kecoklatan di lantai rumah, itu menjadi indikasi adanya rayap.

Coba Anda ketuk kayu yang berada tepat di atas kotoran tersebut! Apakah ketika diketuk suaranya menggema atau padat? Jika suara menggema, itu menjadi tanda bahwa dalam kayu tersebut terdapat rongga kosong yang disebabkan oleh rayap.

Baca juga  Jasa Pembasmian Hama Pestcontrol Lalat dll daerah Kadu Agung Telp 021-29049130

Inilah salah satu akibat yang disebabkan oleh rayap, yakni bisa membuat kayu menjadi lapuk dan keropos. Mereka menggerogoti bagian dalam kayu terlebih dahulu yang membuat kita tidak menyadari hal yang sedang terjadi di dalamnya, hingga akhirnya baru tersadar ketika kayu sudah mulai terbuka dan menampakkan rongga-rongganya.

Sebelum terjadi hal yang lebih parah, kita perlu segera melakukan tindakan pencegahan sebelum kayu-kayu di dalam rumah kita semakin rusak. Belum lagi jika kayu yang diserang adalah bagian pondasi dari rumah kita, maka silahkan Anda bayangkan sendiri apa yang akan terjadi.

Rusak dan Hancurnya Plafon

Salah satu bagian rumah yang banyak menggunakan material kayu adalah bagian plafon. Jika rayap sudah mulai menyerang bagian tersebut, maka langit-langit rumah Anda akan terlihat jelas tanpa adanya perlindungan. Bekas dari serangan rayap ini pun akan semakin terlihat jika terus diabaikan, hingga akhirnya seluruh tulang plafon Anda habis dimakan oleh serangga kecil tersebut.

 

Rusaknya Dokumen dan Arsip penting

Rumah menjadi salah satu tempat penyimpanan dokumen dan arsip penting lainnya. Tanpa penyimpanan yang aman dan rapi, atau bahkan hanya terpendam di sudut rumah yang lembab, maka bersiaplah dengan kemungkinan buruk berupa rusaknya dokumen dan arsip penting tersebut ketika rayap sudah mulai menginvasi rumah Anda.

Selain kayu, buku dan kertas menjadi salah satu benda yang menjadi makanan rayap. Dengan sangat lahap mereka mampu menggerogoti buku dan kertas dalam waktu yang cepat tanpa Anda sadari.

***

Pada kesempatan ini, hanya 3 hal itu saja yang bisa kami bagikan tentang beragam akibat yang disebabkan rayap. Insya Allah dalam artikel selanjutnya akan kami jelaskan tentang yang lainnya. Namun sambil menunggu info tersebut, ada baiknya Anda sembari melakukan penanganan serangan rayap, salah satunya dengan memanfaatkan jasa anti rayap yang sudah berpengalaman di bidangnya seperti Fumida.

Baca juga  Menerima Pembasmian Hama Pestcontrol Rayap dll daerah Badak Anom Telp 021-29049130

Semoga dengan upaya tersebut, serangan rayap bisa segera dihapuskan, dan Anda bisa menghindari berbagai akibat yang dijelaskan di atas. Selamat mencoba dan sampai jumpa.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123