fbpx
Perbedaan mendasar jenis rayap kayu kering dan basah

Secara umum, ada tiga jenis rayap yang harus Anda tahu bila sedang berurusan dengan hama pemakan kayu satu ini. Jenis rayap tersebut yakni rayap tanah, kayu kering, dan basah.

Kalau pengelompokannya diperkecil lagi, maka ada dua kategori besar. Yakni rayap kayu dan tanah. Nah, dari dua kategori inilah terpecah jenisnya lebih rinci lagi.

Kali ini kami akan membahas secara lebih rinci mengenai rayap kayu, yakni tipe kering dan basah. Keduanya memiliki perbedaan mendasar dari sisi karakteristik dan habitat.

Perbedaan mendasar jenis rayap kayu: kering dan basah

Meski sama-sama memakan kayu, hama ini memiliki habitat dan cara mencegah rayap yang berbeda. Agar lebih jelas, simaklah ulasan berikut:

  Perbedaan mendasar jenis rayap kayu kering dan basah

Kering

Hama yang hidup di area kayu kering sering dijuluki sebagai silent destroyer. Hal ini karena lokasinya berada di kayu-kayu kering dan sulit sekali ditemukan sampai kerusakannya terlihat secara kasat mata.

Sesuai dengan namanya, hama satu ini memiliki habitat di dalam ruangan dan bisa hidup di area yang kering.

Sebagaimana diketahui, hama pemakan kayu ini secara umum suka dengan area lembap. Tapi tidak dengan jenis yang hidup di kayu kering. Sebab mereka justru sangat pandai beradaptasi dengan lingkungannya dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang kering.

Umumnya, jenis ini ditemukan di area-area dalam rumah seperti kusen, tangga kayu, furnitur, hingga plafon. Terkadang juga ditemukan di dalam tembok.

Bila dibandingkan dengan jenis lainnya, mencari sarang tipe hama ini adalah yang paling sulit sebab lokasinya yang dalam. Selain itu, jumlah koloninya juga tidak sebanyak yang lain. Sehingga mereka mudah berpindah tempat sambil terus menggerogoti kayu yang sudah jadi sarang.

Di Indonesia, keberadaan rayap jenis ini lumayan banyak. Kerugian yang mereka ciptakan sangat besar karena sulit ditemukan. Meski begitu, tetap ada cara mencarinya. Salah satunya adalah dengan lebih jeli melihat kotoran mereka.

Basah

Sesuai dengan namanya, hama ini juga hidup di kayu basah. Artinya, mereka hidup outdoor di area-area lembap. Misalnya di taman, kebun, ladang yang ditanami kayu berkambium, atau semacamnya.

Hama ini biasanya hidup di kayu basah, misalnya kayu-kayu yang sudah dibiarkan terbengkalai di luar. Soal sarang, kadang ada yang ditemukan di bawah tanah yang terhubung langsung ke kayu basah di atasnya.

Jenis ini sangat suka dengan area lembap dan tidak mampu beradaptasi dengan area yang kering seperti tipe sebelumnya.

Itulah perbedaan mendasar antara jenis rayap kayu kering dan basah. Meski memiliki perbedaan yang cukup signifikan, keduanya memiliki kasta yang sama. Apa saja?

Kasta rayap kayu kering dan basah

Secara umum, kasta hama pemakan kayu ini terdiri dari 3 kasta berbeda, yakni:

Kasta rayap kayu kering dan basah

Pekerja

Kasta pekerja merupakan koloni pertama dan paling banyak jumlahnya. Soal ukuran, kasta inilah yang bisa dibilang paling kecil dan warnanya terlihat lebih muda.

Tugasnya adalah bekerja setiap hari, sepanjang waktu. Mereka adalah tim operasional sarang. Bekerja untuk mencari makan, mengurus sarang, dan yang lainnya. Inilah penyedia makanan untuk kasta lainnya.

Kalau Anda pernah melihat rayap yang keluar dari sarangnya, maka inilah yang biasanya paling banyak terlihat di permukaan.

Prajurit

Hama pemakan kayu berkasta prajurit memiliki tugas sebagai tim keamanan di sarang. Mereka yang memastikan sarang aman dan sukanya menggigit. Cirinya, badannya berukuran sedikit lebih besar dibanding prajurit dan umumnya memiliki warna kulit lebih tua.

Kalau Anda pernah bermain-main di sarang hama pemakan kayu ini dan digigit saat hendak memegang, maka hampir bisa dipastikan kalau yang menggigit itu adalah prajurit.

Selain bertugas di permukaan, mereka juga menjaga ratu dan raja di bagian terdalam sarang. Semakin masuk ke dalam, jumlahnya semakin banyak dibanding yang ada di permukaan.

Reproduksi

Selanjutnya adalah tim penerus koloni rayap, yakni reproduksi. Yang ada di dalam kasta ini adalah raja dan ratu rayap. Kasta inilah yang paling unik meski jumlahnya juga tak sebanyak kasta lainnya dalam satu koloni.

Bahkan bisa dibilang bahwa jumlahnya yang paling sedikit. Sepasang raja dan ratu rayap dilindungi langsung oleh ratusan bahkan ribuan pekerja dan prajurit.

Ukuran kasta ini lebih besar dari yang lainnya. Khususnya sang Ratu yang memang bisa melar sampai seukuran jari karena badannya berisi telur.

Pencegahan rayap kayu kering dan basah

Salah satu alasan kenapa hama pemakan kayu ini sulit dibasmi adalah karena hidupnya berkoloni. Mereka terus bahu membahu untuk mempertahankan diri supaya koloninya tetap ada. Kerja sama mereka bisa diandalkan dalam hal mencari makan dan bertahan.

Pencegahan rayap kayu kering dan basah

Meski begitu tetap saja ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh jasa anti rayap. Celah tersebut yakni sifat mereka yang kanibal.

Selain itu, tim pembasmi hama yang berpengalaman Fumida juga sudah mengerti bagaimana trik menemukan sarangnya sehingga dapat dengan mudah melakukan tindakan pembasmian sampai koloninya tidak bersisa.

Maka dari itu, bila saat ini Anda sedang bingung karena masalah rayap tak kunjung pergi dari rumah atau bangunan, serahkan pada kami.

Tim ahli kami sudah paham mengenai jenis rayap kayu kering dan penanganannya. Kami bisa dihubungi di nomor 0822.1777.1166 atau 021.2904.9130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123