fbpx
Gambar 1 - Cara memusnahkan rayap yang bisa dilakukan sendiri

Betapa jengkelnya bila cara memusnahkan rayap yang selama ini dilakukan hasilnya nihil. Untuk itu, perlu dilakukan cara yang benar dan terbaik agar hasilnya sesuai ekspektasi.

Bila Anda ingin mengusir atau membasminya sendiri. Silakan simak ulasan kami ini sampai habis. Namun, bila semua usaha yang dilakukan tak berbuah manis. Kami ada solusinya. Jadi, selamat membaca.

Cara memusnahkan rayap yang bisa dilakukan sendiri

Silakan cek beberapa opsi tips dan tutorial untuk menghilangkan rayap di bawah ini. Mana yang belum dan sudah Anda lakukan. Jika belum pernah dilakukan, silakan coba. Tapi jika sudah, coba cara lainnya.

Cara memusnahkan rayap yang bisa dilakukan sendiri

Cara membasmi rayap tanah secara alami

Ada banyak bahan pembasmi rayap alami yang bisa dicoba. Semuanya memiliki efektivitas masing-masing. Jadi, untuk mengetahuinya Anda harus mencobanya satu-satu. Berikut ini adalah bahan alami yang bisa digunakan:

  1. Air garam.
  2. Air kapur sirih.
  3. Kapur barus.
  4. Air cucian beras.
  5. Pengaturan pendingin udara atau AC.
  6. Lavender.
  7. Daun mint.
  8. Minyak jeruk.
  9. Minyak kayu putih, dll.

Pilihlah yang paling mudah untuk diaplikasikan terlebih dulu. Bila yang paling mudah sudah bisa memberikan hasil yang baik, Anda bisa melakukan hal tersebut secara teratur untuk menambah efektivitas dari cara memusnahkan rayap.

Sebagai catatan, bahan-bahan alami di atas tidak hanya bisa digunakan pada rayap tanah, tetapi juga bisa dilakukan pada rayap kayu kering dan basah.

Cara membasmi rayap dengan oli dan solar

Selain bahan alami di atas, Anda juga bisa mencoba mengantisipasi hadirnya hama pemakan kayu dengan mengaplikasikan oli dan solar.

Pengaplikasiannya sangat mudah, tinggal ditaruh di kayu sebelum di buat jadi furnitur atau ditaruh di bagian bawah furnitur untuk mencegah naiknya rayap. Pemakaian solar dan oli ini bisa terpisah. Bisa juga dengan cara dikombinasikan.

Memakai obat anti rayap bubuk dan cair

Salah satu cara yang sangat efektif dalam memusnahkan koloni rayap sampai sarangnya adalah dengan obat kimia. Ada banyak opsi yang bisa dipilih dan dapat dibeli dengan bebas baik secara online maupun ke toko terdekat.

Obat-obatan tersebut terdiri dari dua jenis utama, yakni bubuk dan cair. Versi cair biasanya perlu dicampurkan atau diencerkan dulu menggunakan air atau minyak tanah sebelum diaplikasikan.

Pengaplikasiannya biasanya dengan cara disemprotkan atau dipoleskan. Sangat cocok untuk dipakai pada saat hendak membangun rumah atau saat menemukan sarang hama di luar ruangan. Misalnya di kebun, halaman, atau yang lainnya.

Sementara versi bubuk ada yang harus dilarutkan dalam air atau minyak tanah, ada juga yang bisa langsung diterapkan.

Salah satu merek yang bisa langsung diterapkan adalah Dust. Sesuai dengan namanya, produk ini berbentuk serbuk yang menyerupai serbuk kayu.

Maka dari itu, ketika diterapkan di sarang hama, mereka akan menganggap Dust sebagai makanan. Mereka pun akan memakannya layaknya menemukan serbuk gergajian. Bila sudah termakan, racun dalam produk tersebut akan langsung bereaksi melemahkan dan mematikan rayap.

Bila sudah mati, maka rayap lainnya akan memakannya karena hewan ini bersifat kanibal. Bila sudah demikian, maka residu racun akan berpindah dari satu hama ke hama lainnya. Proses ini terus berlangsung sampai koloni mereka habis dan keracunan masal.

Dampak baik dari pemakaian bahan kimia memang bisa dilihat dari efektivitasnya. Namun, bukan berarti cara ini tidak memiliki nilai negatif.

Salah satu hal yang cukup bikin khawatir dari pemakaian produk kimia adalah efek sampingnya. Sebab ada beberapa produk yang memang racunnya bisa berbahaya buat manusia dan hewan peliharaan.

Artinya, pemakaiannya tidak bisa sembarangan. Anda perlu menggunakan alat pelindung diri yang lengkap. Selain itu, sebaiknya hewan peliharaan diungsikan terlebih dulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Perawatan berkelanjutan

Jika semua cara di atas sudah dilakukan, maka jangan langsung berhenti. Bila ingin hama ini tidak menyerang lagi maka ada langkah pencegahan dan berkelanjutan yang harus dilakukan.

Perawatan berkelanjutan

Berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan:

  1. Menjaga kebersihan rumah.
  2. Membuka rumah setiap pagi hari.
  3. Saat musim hujan, jangan biarkan ada genangan. Begitu ada genangan air, langsung dihilangkan atau dikuras.
  4. Pastikan seluruh ruangan, khususnya yang ada perabot kayunya selalu terkena sinar matahari.
  5. Buatlah rumah yang memiliki ventilasi yang lebar. Sirkulasi udara harus bagus dan cahaya matahari bisa keluar masuk dengan bebas.
  6. Letakkan perabot dengan cara yang benar. Jangan menempel pada dinding.
  7. Jaga dengan baik kelembapan udara di dalam rumah. Rayap suka dengan tempat yang lembap. Jangan sampai rumah atau bangunan Anda jadi surga mereka.
  8. Bila ada kebocoran rumah, pipa, atau saluran air lainnya segera perbaiki sehingga tidak menyebarkan kelembapan pada bagian rumah lainnya.

Cara memusnahkan rayap yang paling efektif (solusi terbaik)

Bila seluruh usaha di atas sudah dilakukan namun rayap masih saja kembali, datanglah pada jasa anti rayap.

Cara memusnahkan rayap yang paling efektif (solusi terbaik)

Tim Fumida memiliki lisensi untuk melakukan penanganan pada hama sampai benar-benar tuntas. Obat yang kami gunakan sangat efektif dengan cara pengaplikasian yang beragam sesuai dengan lokasi sarang mereka.

Anda bisa menghubungi kami di 0822.1177.1166 atau 021.2904.9130 untuk melakukan cara memusnahkan rayap sampai benar-benar musnah. Tim akan segera datang dan menangani masalah secara berkelanjutan! Bergaransi!

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123