fbpx
Cara membasmi rayap tanah secara alami

Terdapat perlakuan yang sedikit berbeda dalam cara membasmi rayap tanah bila dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Hal ini disebabkan oleh perbedaan karakteristik dan habitat masing-masing hama tersebut.

Seperti diketahui, ada penggolongan 3 jenis rayap, yakni kayu kering, basah, dan tanah. Ketiganya memiliki tempat hidup sendiri dan cara beradaptasi dengan lingkungan yang cukup berbeda.

Maka dari itu, pencegahan dan pembasmiannya juga agak sedikit beda. Perbedaan ini terletak pada pencarian sarang. Di mana ini jelas berkaitan langsung dengan habitat dan serangan mereka di dalam rumah, kebun, atau tempat lainnya.

Soal metode pembasmian, pada dasarnya hampir sama antara satu dengan yang lainnya.

Nah, pencarian sarang dan pemakaian metode yang tepat bisa memberikan hasil yang maksimal. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah bila punya banyak waktu.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa trik untuk membasmi hama pemakan kayu yang hidup di tanah. Bagaimana mengenalinya, mencari sarangnya, hingga melakukan pembasmian.

Mengenali rayap tanah

Hal pertama yang harus dilakukan bila Anda ingin membasmi rayap tanah adalah dengan mengenalinya. Paling tidak, Anda tahu ciri umumnya.

Ciri umum yang dimiliki oleh hama ini adalah tempat hidupnya yang berada di dalam tanah. Bila ke permukaan, mereka juga memerlukan lumpur untuk melindungi diri.

Bentuk perlindungan ini terlihat dari dibuatnya tabung lumpur sepanjang jalan mereka menuju sumber makanan. Bila Anda melihat ada tabung lumpur menempel di lantai, tembok, kayu, tanaman, atau yang lainnya di sekitar rumah, cobalah hancurkan sedikit.

Jika di dalamnya ada yang sedang berbaris seolah mencari makan, itulah rayap tanah.

Cara mencari sarang rayap tanah

Proses pencarian sarang rayap tanah gampang-gampang susah. Berikut ini adalah beberapa langkahnya:

Cara mencari sarang rayap tanah

Mengikuti jalur tabung lumpur

Karena mereka menggunakan tabung lumpur untuk mencari makan, maka inilah yang akan mengantarkan Anda langsung ke sarangnya. Ikuti tabung lumpur tersebut sampai ke pangkalnya.

Para rayap pekerja yang bekerja untuk mencari makanan akan tetap menggunakan jalur ini untuk mengantarkan hasil pencariannya kepada ratu. Sedangkan ratu selalu bersembunyi di sarang. Jadi, jalur ini akan bermuara ke sarang tersebut.

Berada jauh di dalam tanah

Hal tersulitnya adalah mencari bagian terdalam sarang. Ratu biasanya bersembunyi di inti sarang. Kalau Anda tidak berniat mencari ratu, maka langkah ini bisa di-skip.

Namun bila masih tetap ingin mencarinya, maka mungkin Anda perlu menggali tanah hingga beberapa meter untuk menemukan pusat sarangnya.

Untuk perlakuan sementara, sebaiknya basmi rayap di tabung lumpur yang mengganggu di sekitar rumah. Gunakan metode yang tepat agar pembasmian ini bisa berimbas pada keseluruhan koloni.

Cara membasmi rayap tanah secara alami

Metode pertama yang bisa dilakukan untuk membasmi mereka adalah dengan melakukan beberapa treatment alami. Ada beberapa barang di dalam rumah yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pembasmian secara mudah, yakni:

Cara membasmi rayap tanah secara alami

Membasmi rayap dengan garam

Kalau tujuannya adalah untuk membunuh rayap, maka larutan garam bisa menjadi pilihan yang sangat pas. Silakan campur air dengan garam, kemudian aduk sampai terbentuk larutan homogen.

Air garam merupakan musuh buat para serangga, termasuk hama pemakan kayu. Anda bisa menyiramkannya langsung ke tabung lumpur atau sarangnya bila memang bisa menemukan lokasinya.

Gambar 2 - Membasmi rayap dengan garam

Anda juga bisa menaruh air garam dalam botol semprot bila menemukan tabung lumpur di tembok, kusen, atau furnitur yang notabene tidak bisa disiram atau dibasahi dalam jumlah yang banyak karena bikin becek.

Air cucian beras

Air cucian beras juga menjadi salah satu opsi yang bisa dipakai untuk mengusir hama pemakan kayu. Oleh karena itu, setiap kali memasak nasi, silakan sisihkan bekas air yang digunakan untuk mencuci beras dan pakailah dengan bijak.

Anda bisa menerapkannya dengan cara oles, siram, dan semprot. Sesuaikan dengan lokasi yang diserang oleh hama.

Larutan sabun

Campurkan sabun dengan air dan gunakan untuk menyemprot bagian-bagian yang diserang oleh rayap tanah. Cara ini efektif dan cepat membunuh rayap. Anda bisa menggunakan sabun detergen yang selalu tersedia di rumah.

Air kapur sirih

Opsi alami lainnya yang bisa digunakan adalah air kapur sirih. Metode ini cukup efektif dan sudah dibuktikan oleh orang zaman dulu. Di mana mereka mengoleskan air kapur sirih di kayu dan rayap enggan untuk menyerang kayu tersebut.

Cara membasmi rayap tanah pada tanaman

Meski hidupnya di tanah, jenis rayap ini bisa menyerang tanaman. Membuat tabung lumpur di pohon dan membuat sarang di bawah tanah dekat dengan pohon tersebut.

Cara membasmi rayap tanah pada tanaman

Bila ini terjadi, Anda bisa menggunakan bahan alami di atas. Siramkan saja langsung bahan-bahan alami seperti air cucian beras, larutan garam, dan atau mengoleskan air kapur sirih ke beberapa titik di tanaman.

Panggil jasa pembasmi rayap

Selain bahan di atas, ada cara yang lebih efektif dan bisa Anda lakukan. Yaitu dengan memanggil jasa anti rayap. Tim dari Fumida bisa melakukan pembasmian dengan sistem pipa yang ditanam dalam tanah sehingga rayap tanah akan datang dan teracuni.

Panggil jasa pembasmi rayap

Metode lain yang masih berkesinambungan juga kami terapkan seperti penyemprotan bahan aktif yang ramah lingkungan.

Hasilnya, cara membasmi rayap tanah yang kami lakukan akan membebaskan lingkungan Anda dari hama tersebut. Silakan hubungi kami di 0822-1123-1123.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123