fbpx

Kutu busuk adalah salah satu spesies serangga yang memiliki tubuh berbentuk oval kecil pipih, dengan warna coklat yang panjangnya sekitar 5 milimeter dan terlihat sangat menjijikkan. Selain dari penampakannya yang tidak membuat selera makan, kutu ini juga memiliki aroma dan bau yang sangat busuk menyengat.

Pastinya Anda tidak akan tahan dengan bau yang ditimbulkan oleh kutu ini. Untuk kutu ini sendiri sering terdapat pada kasur-kasur yang terbuat dari kapuk ataupun kasur springbad yang telah kusam kumuh dan isi dalam telah hancur lebur. Biasanya kutu ini akan terlihat seperti koloni-koloni serangga kecil yang terdapat di sela-sela tempat tidur yang membuat sebuah noda yang sangat sulit untuk dibersihkan.

Menangkap kutu jenis ini juga sangatlah sulit untuk dilakukan, sebab selain memberikan aroma dan bau yang sangat menyengat kutu ini dapat mengisap darah manusia dengan gigitannya yang dilakukan ketika malam hari. Sebab kutu ini hanya keluar pada malam hari saja untuk mengisap darah manusia. Bahaya dari kutu ini untuk kesehatan adalah menimbulkan penyakit gatal seperti scabies dan jenis penyakit pernapasan yang membahayakan.

Namun Anda jangan khawatir sebab Anda bisa melakukan beberapa cara menghilangkan kutu busuk secara tradisional, akan tetapi menghilangkan kutu jauh lebih sulit dibandingkan mencegah datangnya kutu busuk pada kasur yang Anda miliki. Oleh karenanya lebih baik Anda mencegah adanya kutu busuk pada kasur yang Anda miliki dengan cara senantiasa menjaga kebersihan dari kasur Anda.

Anda bisa membersihkan kasur Anda dengan cara menjemurnya setiap minggu, mengganti seprai secara rutin, dan menyapu kasur setiap paginya agar kutu-kutu yang berada di dalam kasur akan merasa terguncang dan memilih meninggalkan kasur Anda.  Bukan hanya kasur saja yang harus Anda jaga kebersihannya, namun semua daerah kasurpun harus Anda jaga dan tetap bersih agar menghindari munculnya berbagai serangga seperti kutu busuk.

Akan tetapi apabila kutu-kutu tersebut telah terlanjur ada pada kasur Anda maka Anda bisa menggunakan beberapa cara menghilangkan kutu busuk secara tradisional berikut ini. Simak dan baca dengan teliti agar Anda bisa menerapkannya untuk menghilangkan kutu busuk dari kasur Anda.

Campuran Minyak Kayu Putih

Cara menghilangkan kutu busuk pertama menggunakan cara tradisional adalah dengan campuran minyak kayu putih. Cara ini tergolong menjadi cara yang cukup mudah dan praktis untuk Anda lakukan. Caranya yakni Anda hanya harus memasukkan minyak kayu putih sekitar 20 tetes ke dalam botol semprot yang kemudian dicampurkan dengan 200 mililiter air dan kocok campai tercampur rata.

Apabila telah tercampur rata maka Anda hanya harus menyemprokan larutan ini pada daerah-daerah yang menjadi sarang dari kutu busuk. Untuk lebih yakin bahwa kutu busuk berhasil lenyap dari tempat tidur Anda, maka Anda bisa mengulangi cara ini selama 10 hari berturut-turut.

Baking Soda

Cara menghilangkan kutu busuk secara tradisional berikutnya adalah dengan menggunakan bahan kue yang satu ini, yakni baking soda. Caranyapun cukuplah mudah Anda hanya harus mengambil baking soda lalu taburkan pada area kasur yang terkena kutu busuk. Setelah itu simpan baking soda tersebut selama berhari-hari kemudian apabila Anda telah yakin bahwa kutu busuk telah hilang maka Anda bisa membersihkan baking soda tersebut.

Baking soda atau soda kue memiliki manfaat dalam mengeringkan kulit secara fisik sehingga dapat menyebabkan kutu busuk tersebut mati. Tidak hanya mematikan kutu busuknya saja, namun bekas dari kutu yang memiliki bakteri juga ikut hilang dan tidak akan mengganggu kulit Anda lagi.

Cuka

Cuka merupakan sebuah bahan dapur yang memiliki rasa asam yang menyengat, selain rasanya yang menyengat cuka juga memiliki aroma yang sangat tajam sehingga dapat digunakan untuk mengusir serangga seperti kutu busuk yang ada pada kasur. Cara menghilangkan kutu busuk secara tradisional ini telah terbukti mampu menghilangkan kutu yang sangat mengganggu.

Caranyapun cukup mudah, Anda hanya harus menaruh cuka tanpa campuran air pada bagian-bagian kasur yang menjadi sarang kutu serta menaruhnya pada sudut-sudut kasur agar kutu tidak tahan akan bau cuka yang sangat menyengat. Cara menaruh cuka bisa langsung diteteskan dan juga bisa dengan cara disemprotkan.

Alkohol

Cara berikutnya yang sangat simpel tetapi ampuh adalah dengan menggunakan bahan alkohol, tidak perlu menyemprotkan ataupun memberikannya pada sarang kutu busuk. Anda hanya harus menyimpan alkohol di sekitar tempat tidur yang mana dapat mengeluarkan aroma dan bau alkohol yang menyengat sehingga ketika kutu busuk tersebut menghirup bau alkohol maka akan mati seketika.

Sebab kutu busuk tidak menyukai dan tidak tahan akan bau alkohol yang menyengat. Cara menghilangkan kutu busuk secara tradisional  ini menjadi cara yang paling ampuh dan sangat mudah. Bila Anda memiliki alkohol di rumah Anda maka Anda bisa mencoba cara yang satu ini.

Garam

Garam merupakan bahan tradisional dan alami berikutnya yang memiliki sifat penolak untuk kutu busuk. Garam dapat berfungsi mematikan kutu busuk hanya dengan waktu yang sangat singkat. Untuk menggunakan cara ini sebagai cara tradisional mengusir dan menghilangkan kutu, maka Anda hanya harus mencampurkan garam dengan air dalam satu wadah botol semprot kemudian kocok garam sampai benar-benar larut.

Apabila larutan garam telah selesai maka selanjutnya Anda hanya perlu menyemprotkan larutan garam ini pada sarang kutu busuk dan juga di sela-sela jaitan kasur yang Anda miliki agar larutan garam masuk hingga ke dalam-dalam kasur dan membuat kutu mati seketika. cara menghilangkan kutu busuk secara tradisional  ini adalah cara yang paling terjangkau untuk dilakukan sebab bahan pembuatannya selalu ada di rumah.

Bawang

Selain cuka yang memiliki aroma yang sangat menyengat, bawang juga menjadi bahan tradisional yang memiliki aroma yang teramat begitu menyengat. Aroma bawang yang kuat ini mampu memutus pernapasan dari seekor serangga seperti kutu. Caranyapun cukup mudah, Anda hanya harus membuat jus bawang kemudian masukkan ke dalam botol semprot yang selanjutnya Anda harus menyemprotkannya pada sarang kutu dan area yang telah dilalui kutu.

Boraks

Boraks tidak hanya berbahaya untuk manusia, tetapi juga sangat berbahaya untuk serangga seperti kutu busuk. Cara menghilangkan kutu busuk secara tradisional menggunakan borak cukup simpel Anda hanya harus menaruh boraks pada permukaan kasur yang merupakan tempat bersarangnya kutu busuk, kemudian semprotkan air di atas taburan boraks tersebut maka tidak butuh waktu lama kutu tersebut akan mati.

Daun Lavender

Daun lavender memiliki aroma yang sangat wangi namun menyengat sehingga kutu busuk tidak menyukai bau ini karena dapat mengganggu zona pernapasannya. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan daun ini untuk mengusir kutu busuk. Caranya cukup mudah, Anda hanya harus menyimpan daun lavender kering bersama sebuah kain yang diletakkan di sekitar kasur.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan kutu busuk secara tradisional namun telah terbukti ampuh dan juga sangat praktis untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan jasa PT Fumida Pestindo Jaya untuk mengatasi masalah seperti ini dengan menghubungi customer service di 0822-1123-1123 atau 021-29049130. Tim professional kami akan segera membantu anda untuk menyelesaikan permasalahan kutu busuk di rumah anda.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123