fbpx

Kasur menjadi tempat tidur yang seharusnya bisa memberikan kenyamanan. Dari kenyamanan itulah, tidur berkualitas bisa didapat sehingga meningkatkan kesehatan tubuh. Sayangnya kasur seringkali justru menimbulkan masalah bagi penggunanya. Salah satunya keberadaan kutu kasur atau yang sering disebut tungau. Hewan kecil itu bisa menyebabkan gatal dan kemerahan pada kulit.

Kutu kasur atau tungau termasuk hama yang mengganggu manusia dengan cara menghisap darah. Bagian kulit yang terhisap hewan ini akan merasakan gatal, muncul benjolan dan bisa memerah. Umumnya hewan kecil ini begitu agresif di malam hari. Karena tubuhnya yang ringan, kutu kasur sangat mudah berpindah tempat. Tidak hanya kasur, benda lain seperti bantal, guling dan sofa sangat mungkin menjadi tempat tinggal kutu kasur.

Kasur yang dihuni kutu sebenarnya merupakan pertanda bahwa kebersihannya kurang terjaga. Maka untuk mencegahnya, pastikan selalu menjaga kebersihan tempat tidur dan terutama seluruh ruangan. Namun jika kasur sudah terlanjur dihuni kutu, perlu dilakukan upaya pembasmian. Anda bisa melakukan beberapa cara menghilangkan kutu busuk yang tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Jemur Kasur

Cara alami menghilangkan kutu busuk bisa dimulai dengan menjemur kasur. Sinar matahari mampu menjadi pemberantas kutu kasur yang efektif. Pasalnya kutu kasur sangat menyukai permukaan benda yang lembab dan kotor. Dengan menjemur kasur, maka kelembabannya akan berkurang dan itu membuat kutu kasur tidak betah berkembang biak di atasnya. Selain itu, panasnya sinar matahari juga akan mengusir kutu kasur dengan mudah.

Menjemur kasur menjadi cara menghilangkan kutu busuk secara alami yang sangat mudah dilakukan. Maka sebaiknya cara ini dilakukan dengan rutin setidaknya sekali dalam seminggu. Dengan melakukannya secara rutin, maka itu sama dengan tidak membiarkan kutu kasur hidup terlalu lama. Anda pun bisa merasakan tempat istirahat yang nyaman dan tidak terganggu dengan hama yang menyebabkan gatal hingga kemerahan.

Semprot dengan Air Panas

Menggunakan air panas juga bisa sangat efektif dalam mengusir kutu kasur. Cara ini bisa dilakukan bersamaan dengan menjemur kasur. Jadi saat kasur dijemur, Anda bisa memercikkan air panas di atas permukaan kasur. Air panas ini akan melenyapkan kutu kasur secara perlahan. Tidak hanya pada kasur, Anda juga bisa menyemprotkan air panas pada benda lain yang ditinggali kutu busuk seperti sofa, celah lantai atau dinding.

Untuk benda-benda yang memungkinkan untuk dicuci, Anda bisa tetap menggunakan air panas untuk cara menghilangkan kutu busuk. Misalnya untuk sarung bantal dan sarung guling yang juga menjadi sarang kutu busuk. Rendam selama beberapa saat sarung bantal dan sarung guling tidak hanya dengan deterjen. Air panas akan membantu menghilangkan kutu busuk yang biasanya menempel sangat erat pada kain. Jangan lupa keringkan di bawah sinar matahari.

Teknik Penguapan

Apabila tidak memungkinkan mendapatkan sinar matahari untuk menjemur, lakukan saja teknik penguapan. Efek yang dihasilkan pun sama seperti dua cara sebelumnya, yaitu suhu panas yang bisa membuat kutu busuk menyingkir. Penguapan ini lebih praktis karena Anda tidak perlu mengangkat kasur ke luar rumah untuk mendapatkan sinar matahari. Kasur juga tidak akan basah karena penguapan tidak memerlukan penyiraman air langsung.

Teknik penguapan bisa dilakukan dengan memanfaatkan ketel atau benda sejenisnya. Tambahkan selang kecil pada ketel agar bisa menjangkau area yang lebih jauh. Setelah uap tercipta, alirkan uap ke seluruh bagian kasur melalui selang tersebut. Pastikan tidak melewatkan bagian tersembunyi dari kasur karena biasanya itu menjadi tempat favorit kutu untuk bersembunyi. Cara menghilangkan kutu busuk ini cukup simpel dan cepat.

Gunakan Minyak Tanah dan Kapur Barus

Anda tentu tidak ingin kutu busuk di kasur hanya menyingkir sementara kemudian bisa kembali lagi dalam waktu cepat. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa kutu kasur benar-benar mati. Akan lebih baik jika telurnya juga ikut mati supaya tidak ada lagi kutu busuk muda yang mengganggu kenyamanan tempat tidur. Jadi Anda harus mencari bahan yang akan membuat kutu busuk mati sampai ke telurnya.

Anda bisa menggunakan campuran dua bahan yang sangat ampuh untuk memberantas kutu kasur yaitu minyak tanah dan kapur barus. Haluskan kapur barus dengan cara ditumbuk. Kemudian campurkan dengan minyak tanah secukupnya. Tempatkan pada botol yang dilengkapi semprotan lalu semprotkan pada seluruh bagian kasur. Anda dapat melakukan cara menghilangkan kutu busuk dengan cairan ini pada benda lain.

Manfaatkan Silica Gel

Silica gel atau gel silika bisa ditemukan pada beberapa kemasan produk, seperti di kemasan sepatu atau tas. Di beberapa kemasan makanan tertentu juga terdapat gel silika. Jika menemukannya, sebaiknya jangan dibuang karena gel silika bermanfaat untuk mengusir kutu busuk di kasur. Cukup keluarkan isinya dan taburkan butirannya di seluruh permukaan kasur yang ditinggali kutu kasur. Kutu akan menempel pada gel ini dan mati secara perlahan.

Dalam penggunaan gel silika, Anda perlu berhati-hati. Jika kutu di kasur sudah mati, sebaiknya hentikan pemakaian. Pasalnya gel silika bisa berbahaya apabila tertelan manusia atau hewan peliharaan. Efeknya bisa menyebabkan dehidrasi. Apabila telah berhasil melakukan cara menghilangkan kutu busuk di kasur dengan gel silika, sebaiknya bersihkan sisanya.

Teteskan Cairan Lilin

Ternyata lilin tidak hanya bisa dimanfaatkan saat listrik padam. Sumber cahaya tersebut juga ampuh untuk melenyapkan kutu busuk di kasur. Anda bisa menggunakannya dengan membakar sumbunya terlebih dahulu. Kemudian teteskan cairannya yang meleleh langsung pada tempat yang menjadi sarang kutu kasur.

Untuk melakukan cara menghilangkan kutu busuk dengan cairan lilin, Anda harus menemukan terlebih dahulu tempat kutu busuk. Anda bisa memanfaatkan alat seperti senter dan kaca pembesar untuk melihat di mana kutu kasur bersembunyi. Setelah tahu di mana tepatnya kutu kasur bersarang, Anda bisa langsung meneteskan cairan lilin dengan tepat.

Manfaatkan Kulit Durian

Kalau tidak ingin mengotori kasur dengan cairan lilin atau campuran bahan lain, Anda bisa melakukan cara yang satu ini. Kulit durian bisa dimanfaatkan sebagai alat pengusir kutu busuk di kasur karena baunya yang sangat menyengat. Kutu busuk tidak menyukai bau yang terlalu menyengat maka akan lebih mudah menyingkir apabila didekatkan dengan kulit durian. Anda cukup meletakkan kulit durian di kasur atau mana saja yang menjadi tempat berkumpulnya kutu.

Pakai Garam atau Cuka

Dua bahan dapur yaitu cuka dan garam ternyata tidak hanya bermanfaat untuk masakan. Keduanya juga dikenal ampuh memberantas kutu busuk di kasur. Keduanya harus digunakan secara terpisah. Artinya Anda harus memilih apakah ingin menggunakan cuka atau garam lalu mencampurkannya dengan air dan menyemprotkan ke area yang diperlukan.

Jasa Pembasmian Kutu Busuk

Cara menghilangkan kutu busuk di kasur secara alami memang sangat mudah. Namun untuk cara yang lebih praktis, Anda bisa mempercayakannya pada PT Fumida Pestindo Jaya sebagai jasa pemberantas kutu busuk dan sejenisnya. Fumida merupakaan perusahaan yang ahli dalam bidang pembasmian kutu busuk. Percayakan layanan pembasmian kutu busuk di rumah anda kepada kami. Hubungi seger layanan customer service kami di 0822-1123-1123  atau 021-29049130.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123