fbpx
Gambar 1 - Macam-macam kutu yang umum terlihat di sekitar kita

Kenali macam-macam kutu, cara identifikasi, dan mengusirnya dari rumah. Pastikan rumah bersih dan kesehatan Anda tidak terganggu karena kehadiran mereka.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda melihat beberapa jenis kutu yang umum dilihat oleh manusia dan masing-masing cara untuk mengatasinya. Jadi, selamat menyimak satu per satu ya?

Macam-macam kutu yang umum terlihat di sekitar kita

Inilah beberapa jenis hewan yang biasanya mengganggu kehidupan manusia dan umum terlihat di sekitar kita:

  Macam-macam kutu yang umum terlihat di sekitar kita

Jenis kutu kecil, kutu kepala

Meski sudah mulai jarang orang yang mengalami gatal di kepala akibat kutu rambut, bukan berarti sudah tidak ada yang memilikinya. Masih banyak orang, bahkan anak-anak yang kutunya berkembang pesat dan hidup di kulit kepala.

Ukuran hewan ini beragam. Dari kecil hingga cukup besar saat sudah dewasa. Untuk mengidentifikasinya, Anda bisa melihat telur yang menempel di rambut, telur yang menetas akan menjadi larva yang ukurannya sangat kecil dan warnanya terang sehingga sulit ditemukan. Kemudian larva ini akan berkembang jadi dewasa.

Mereka menyedot darah melalui kulit kepala dan menyebabkan rasa gatal yang teramat sangat. Bahkan kadang sampai bikin tangan ingin terus menggaruk-garuk karena tidak betah.

Tentu ini sangat menjengkelkan, apalagi jika Anda memakai jilbab. Cukup sulit menjangkau area yang gatal tersebut.

Solusi yang mungkin dilakukan adalah menggunakan obat pembasmi dan menjaga kebersihan rambut. Cara yang pertama bisa mengusir secara cepat. Namun, cara kedua butuh ketelatenan dan waktu yang lebih lama.

Jenis kutu anjing dan bahayanya pada manusia

Salah satu jenis kutu anjing bernama Ctenocephalides canis. Serangga ini bisa memakan darah anjing dan kucing. Meski begitu, kadang juga menggigit manusia.

Saat menggigit manusia inilah dia berperan sebagai vektor cacing pita yang pada kelanjutannya bisa berpengaruh pada manusia.

Salah satu dari macam-macam kutu ini memiliki tampilan berwarna hitam kecokelatan saat sudah dewasa. Ketika selesai memakan darah, tubuhnya tampak terlihat merah kehitaman.

Ukuran tubuhnya sekitar 1 sampai 4 milimeter. Larvanya tanpa kaki dengan warna yang terang memiliki ukuran sekitar 5 milimeter. Bila versi dewasa memakan darah segar, larvanya justru bisa memakan zat organik dan darah yang mengering.

Perlu diketahui bahwa hewan ini bisa mudah berpindah dari satu korban ke korban lainnya karena dapat melompat.

Macam dan bahaya kutu busuk / kutu kasur

Kutu busuk merupakan salah satu serangga yang jadi musuh manusia. Anda bisa dengan mudah menemukannya di kasur saat membersihkannya secara detail.

Macam dan bahaya kutu busuk kutu kasur

Salah satu cara identifikasi yang mungkin atas keberadaan jenis ini adalah rasa gatal yang amat sangat saat malam hari atau saat bangun tidur.

Hewan satu ini bersembunyi saat siang dan bergerilya mencari mangsa pada saat manusia sedang tidur terlelap di malam hari.

Karena aktivitasnya inilah hewan ini sangat perlu sekali untuk segera dihilangkan. Apalagi saat menggigit mereka akan meninggalkan bekas gigitan merah yang sangat gatal secara acak. Bekas gigitan dan rasa gatal ini bisa bertahan lama, tak seperti bekas gigitan nyamuk.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mereka:

  1. Bersihkan sprei dan pakaian dengan air hangat begitu tahu ada tanda-tanda keberadaan hewan ini.
  2. Gunakan pengering dengan kecepatan tinggi.
  3. Gunakan vacuum untuk membersihkan kasur.
  4. Jemur kasur.
  5. Pakai sikat kaku untuk membersihkan kasur.
  6. Tutup retakan yang ada di dinding.
  7. Rapikan kasur setelah dipakai.
  8. Jangan taruh pakaian yang tak terpakai di kasur.
  9. Biasakan untuk menjemur handuk setelah dipakai. Jangan biarkan di atas kasur, dll.

Lantas, bagaimana Anda bisa yakin ada kutu busuk di atas kasur?

Untuk meyakinkan, silakan cek tanda-tanda di bawah ini:

  1. Adanya bekas darah baik yang masih merah maupun yang sudah mengering.
  2. Bau busuk yang menyengat dan mengganggu.
  3. Terlihat adanya bintik-bintik telur di lipatan atau daerah-daerah tersembunyi saat Anda mencarinya.

Kutu busuk berasal dari mana?

Bila Anda bertanya asal dari kutu busuk bisa sampai di tempat Anda, jawabannya mudah. Hewan ini bisa menular melalui pakaian. Misalnya, Anda habis bepergian menggunakan pakaian dan duduk di sofa atau kursi yang ada kutunya.

Sampai rumah, Anda langsung ke kasur dan menggunakan pakaian yang sama. Maka saat itulah terjadi transfer lokasi terjadi dengan cepat.

Selain jenis kutu di atas, masih banyak jenis lainnya yang harus Anda tahu. Misalnya adalah kutu kemaluan, lumpuh, kucing, dll.

Nah, sama halnya dengan kecoa terbang yang berbahaya, Anda juga harus segera melakukan penanganan yang serius pada masing-masing jenis hewan di atas. Silakan simak caranya di bawah ini.

Cara agar tidak digigit kutu busuk

Pada beberapa jenis kutu yang disampaikan di atas, Anda bisa menanganinya sendiri. Namun khusus untuk kutu busuk, tampaknya jasa pembasmi kutu profesional amat dibutuhkan. Pasalnya, hewan ini cepat menyebar dan menimbulkan kegelisahan langsung pada seluruh penghuni rumah.

Cara agar tidak digigit kutu busuk

Kami, Fumida, menjadi salah satu tim yang siap memberikan layanan terbaik dan mengatasi masalah di rumah Anda dengan cepat. Tim sudah berpengalaman dan memiliki lisensi sehingga penanganan masalah yang dilakukan sudah pasti benar dan terbukti hasilnya.

Hubungi kami segera di 0822-1123-1123 atau 021-29049130 untuk menghilangkan macam-macam kutu busuk dengan cepat.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123