Cara Bebaskan Rumah dari Lalat Buah

Bagaimana jika di tengah tengah anda menikmati santap hidangan, namun tiba tiba datang segerombolan lalat buah ingin turut mencicipi makanan tersebut ? Tentu mendapati kondisi ini akan membuat sebagian orang kehilangan nafsu makan. Terlebih lalat buah ini juga bisa mengontaminasi makanan, maka dari itu ikuti cara mengusir lalat buah di rumah berikut untuk mengatasinya.

Tips Mengusir Lalat Buah

1. Simpan Bahan Makanan

Perlu anda ketahui bahwa lalat buah ini ukurannya lebih kecil dibandingkan lalat biasa pada umumnya. Sehingga terkadang anda tidak menyadari keberadaan mereka, bahkan anda bisa tidak sadar bahwa serangga tersebut sudah berhasil mencicipi makanan serta hinggap di bahan makanan anda yang ada di dapur.

Oleh karena itu untuk mengantisipasi situasi tersebut, dimana lalat buah bisa mengontaminasi dan menyebarkan bakteri di bahan makanan, maka anda wajib menyimpan bahan makanan yang ada di wadah tertutup. Untuk lebih amannya, sebaiknya masukkan bahan makanan yang mudah busuk di dalam lemari es.

2. Hindari Bahan yang Bisa Mengundang Lalat

Mengusir lalat buah di rumah juga bisa dengan cara menghindari bahan bahan yang dapat mengundang serangga tersebut. Biasanya lalat buah akan terbang ke dapur anda apabila mencium aroma makanan, yang mulai membusuk atau bahkan sudah busuk. Di samping itu, botol kecap atau sirup yang tidak tertutup rapat juga bisa mengundang serangga satu ini.

Mengingat bahwa ukuran lalat buah ini sangat kecil, tidak menutup kemungkinan bahwa serangga ini bisa berhasil masuk ke dalam botol dan terperangkap hingga mati di dalamya. Ini tentu dapat mengontaminasi bahan makanan anda dan menyebarkan bakteri di sana. Oleh karena itu pastikan tutup rapat semua botol di dapur, dan buang bahan makanan yang sudah mulai membusuk.

3. Sabun Cuci Piring dengan Aroma Lemon

Sabun cuci piring yang memiliki aroma lemon bisa anda manfaatkan untuk mengusir lalat buah di rumah. Sebab aroma lemon ini sangat tidak disukai oleh serangga tersebut, dan membuatnya enggan mendekat. Tuangkan sedikit sabun ke dalam botol semprot, campurkan dengan air dan semprotkan ke sudut sudut rumah anda atau daerah yang banyak lalatnya.

4. Jeruk Nipis

Tidak hanya lemon, jeruk nipis yang masih serupa dengan lemon pun bisa anda gunakan. Di sini anda bisa langsung memanfaatkan jeruk nipis yang digunakan sebagai bumbu dapur, maupun sabun cuci piring yang memiliki aroma jeruk nipis. Untuk cara selanjutnya tidak jauh berbeda apabila anda menggunakan sabun cuci piring yang beraroma jeruk nipis.

Sedangkan untuk jeruk nipis yang berfungsi sebagai bumbu dapur, anda perlu menghaluskannya terlebih dahulu dengan blender dan dicampur bersama air. Tambahkan juga daun jeruk, EM4 25 atau mikroorganisme aktif, dan gula pasir. Simpan di dalam wadah selama 7 hingga 10 hari baru bisa digunakan.

5. Cuka Apel

Cuka apel pun bisa digunakan untuk mengusir lalat buah di rumah. Bahan ini bahkan bisa anda temukan dengan mudah, dan dinilai cukup ampuh. Siapkan cuka apel, gula, beberapa tetes sabun cuci piring, dan air. Campurkan semua bahan ke dalam wadah, dan letakkan di tempat yang dihinggapi lalat. Ini bisa menjadi perangkap yang membuat lalat buah terjerat hingga mati.

Lalat buah memang dapat menyebarkan bakteri dan kuman, sama halnya dengan lalat pada umumnya. Yang menjadi masalah adalah ukuran serangga satu ini cukup kecil, sehingga keberadaannya cukup sulit ditengarai. Oleh sebab itu, anda bisa memilih menggunakan jasa FUMIDA. Dengan penggunaan jasa profesional, berbagai masalah hama akan lebih cepat teratasi.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123