Cara Membasmi Lalat Paling Ampuh

Lalat sering dianggap sebagai hewan kotor, karena suka hinggap di tumpukan sampah. Sehingga masyarakat kerap khawatir jika serangga ini menyebarkan sumber penyakit. Karena faktanya lalat dapat memindahkan bakteri ke makanan yang dihinggapinya. Maka dari itu sebelum mengganggu kesehatan, anda perlu tahu cara membasmi lalat agar cepat musnah. Simak ulasan berikut.

Usir Lalat Agar Tak Menimbulkan Penyakit

1. Buang Sampah Teratur

Lalat gemar berkembang biak di tempat kotor dan bau, seperti area pembuangan sampah atau saluran selokan. Oleh sebab itu anda perlu menghindari tumpukan sampah di dalam rumah. Usahakan jangan menimbun sisa makanan atau kulit buah di sampah dapur. Langsung saja buang ke sampah yang letaknya agak jauh dari teras rumah.

Hal ini untuk menghidari si serangga masuk ke dalam rumah, dan menyebarkan virus penyakit. Anda juga harus rajin membuang sampah secara teratur, agar lalat tak mudah hinggap di makanan. Tujuannya untuk meminimal masuknya virus supaya tidak menurunkan imun tubuh. Cara membasmi lalat ini terbukti menghindarkan penghuni rumah dari sumber penyakit.

2. Campuran Cengkeh dan Buah Jeruk

Lalat termasuk serangga yang membenci aroma buah jeruk karena terlalu menyengat. Anda bisa menggunakan jenis jeruk mandarin, lemon, atau nipis untuk mengusir lalat. Masukkan jeruk tersebut dalam satu wadah lalu campur dengan 10-15 cengkeh. Anda bisa menaruh wadahnya di sekitar rumah, atau masukkan ke dalam plastik lalu digantung di sekitar jendela.

3. Letakkan Tanaman Berbau Kuat

Ada beberapa tumbuhan yang aromanya tidak disukai oleh lalat. Umumnya adalah kemangi yang dikenal mempunyai sifat anti bakteri. Sedangkan tumbuhan lain, anda dapat menanam mint, daun salam, atau lavender. Sama halnya kemangi, lavender mempunyai warna dan wangi yang dibenci lalat. Cara membasmi lalat ini mudah, letakkan saja tumbuhan tersebut di sekeliling area rumah.

4. Gunakan Kapur Barus

Sama seperti kemangi dan lavender, kapur barus mengandung sifat anti virus yang mampu menghalangi serangga. Selain itu bau kamper benar-benar dibenci lalat, karena terlalu menyengat. Anda bisa membeli kapur barus, boleh bentuk balok atau tablet, lalu letakkan di piring tak terpakai. Taruh di bawah jendela dan biarkan harumnya menyebar untuk mengusir lalat.

5. Pakai Air Cuka

Anda bisa membuat perangkap lalat dengan memanfaatkan air cuka. Cukup membutuhkan cuka sari apel, sabun cuci piring, gelas, karet gelang, dan kantong plastik. Tuang sedikit cuka ke dalam gelas dan tambahkan setetes sabun cuci piring. Lalu letakkan kantong plastik di atas gelas yang diikat dengan karet gelang. Beri lubang cukup besar di permukaan plastik agar lalat bisa masuk.

Cara membasmi lalat ini cukup efektif karena bau cuka sangat disukai lalat. Jadi saat serangga ini berkeliaran di dalam rumah akan tergoda dengan aroma cuka. Sehingga lalat mendekat tanpa sadar dan masuk ke dalam perangkap. Tunggu beberapa jam sampai plastik terisi lalat lalu buang airnya ke selokan.

6. Gunakan Minyak Ensensial

Minyak ensensial mengandung bau yang tidak disenangi lalat. Anda bisa menggunakan minyak yang beraroma mint atau lavender. Caranya dengan mencampur minyak dan air lalu dimasukkan ke dalam botol semprot. Kemudian semprot campuran tersebut di dapur dan sela-sela pintu.

Kehadiran lalat memang meresahkan penghuni rumah, pasalnya serangga ini sering hinggap di tempat-tempat kotor. Akan sangat berbahaya jika lalat terbang di sekitar makanan, lalu mengeluarkan sumber penyakitnya. Anda bisa mengandalkan FUMIDA selaku jasa untuk membasmi berbagai jenis hama. Bahkan FUMIDA juga membuka layanan khusus penyemprotan disinfektan.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123