fbpx
Gambar 2 - Kasta rayap kayu kering dan basah

Kenali Tanda-tanda Serangan Rayap di Rumah

Rayap merupakan salah satu binatang pengganggu di rumah kita. Biasanya, hewan ini akan membentuk sarang di tempat-tempat yang lembab. Salah satu kerugian yang diakibatkan oleh keberadaan rayap di rumah adalah rusaknya benda-benda. Mengenali tanda-tanda serangan rayap di rumah sangatlah penting.

Itulah sebabnya mengapa Anda perlu memastikan keberadaan binatang kecil tersebut dan membasminya. Sebelum Anda memutuskan untuk membasmi keberadaan rayap di rumah Anda, ada baiknya Anda harus mengetahui beberapa jenis serangan dan tanda-tanda keberadaan rayap di rumah Anda.

Tanda-tanda serangan rayap di rumah

Gambar 3 - Cara membasmi rayap tanah pada tanaman

Berikut ini merupakan tanda-tanda keberadaan dan serangan rayap di rumah yang mudah Anda kenali dan deteksi sejak awal. Selain dapat meminimalisir kerusakan yang diciptakan, mengetahui tanda-tanda serangan rayap di rumah bisa mencegah serangan di masa mendatang.

  • Pondasi kayu terasa kopong dan tipis

Perbedaan mendasar jenis rayap kayu kering dan basah

Untuk mengetahui keberadaan rayap di rumah Anda, cobalah cari sebuah pondasi kayu atau benda lainnya yang terbuat dari kayu. Coba Anda ketuk-ketuk kayu tersebut. Jika terasa kopong dan kosong, maka dapat dipastikan terdapat rayap di dalam pondasi kayu tersebut.

Rayap biasanya memakan lapisan kayu yang mereka temui. Sekumpulan rayap akan menyelinap ke dalam lapisan kayu dengan cara memakan lapisan luar terlebih dahulu, kemudian mulai menggerogoti ke dalam.

Oleh karena itu, sebuah pondasi kayu yang sudah dimakan rayap akan terasa kopong, ringan dan kosong karena lapisan dalam kayu tersebut sudah dimakan oleh rayap.

  • Terdapat kotoran rayap

Gambar 2 - Obat anti rayap lainnya

Tanda-tanda keberadaan rayap berikutnya yang bisa Anda kenali adalah dengan melihat kotorannya. Cara mengetahui kotoran rayap bisa dilihat di bagian pojokan dari pondasi kayu tersebut.

Baca juga  Jasa Anti Rayap di Gresik

Jika terdapat sekumpulan benda berbentuk serbuk pasir berwarna putih kekuning kuningan serta serbuk tersebut mengeras seperti tanah terkena air dan mengeras, maka dapat dipastikan bahwa itu adalah kotoran rayap.

Kotoran tersebut merupakan hasil dari konsumsi sekumpulan rayap yang memakan pondasi kayu tersebut dari dalam. Selain itu, keberadaan kotoran rayap juga bisa dideteksi dengan baunya.

Biasanya, kotoran rayap akan mengeluarkan bau apek dan tercium seperti kayu lembab. Berhati-hatilah saat membersihkan kayu atau benda yang terdapat kotoran rayap.

  • Pondasi kayu terasa ringan

Gambar 2 - Cara menghilangkan rayap di kayu

Setelah Anda curiga terhadap keberadaan rayap di sebuah pondasi kayu, untuk membuktikan kecurigaan Anda, coba goyangkan atau angkat sebuah benda atau pondasi kayu yang menurut Anda telah digerogoti rayap. Jika benda atau pondasi tersebut ringan, maka dapat dipastikan memang terdapat rayap di dalamnya.

Bagian dalam sebuah pondasi kayu telah habis dimakan dan digerogoti oleh rayap sehingga bagian dalam dari sebuah pondasi kayu akan menjadi kopong. Kondisi kayu yang kopong membuat terbentuknya ruang udara di bagian dalam sebuah pondasi batang kayu. Hal ini membuat berat sebuah pondasi terasa sangat ringan

  • Terdapat jalur

Tanda-tanda keberadaan serangan rayap di rumah Anda selanjutnya adalah keberadaan jalur rayap di sekitar fondasi. Setelah memakan dan menggerogoti sebuah pondasi kayu dari dalam ataupun mengkonsumsi beda lainnya, koloni rayap akan membuat sebuah kerajaan koloni.

Kerajaan koloni ini mereka bangun di sekitar benda atau pondasi kayu yang mereka jadikan sebagai sumber makanan. Setelah membangu kerajaan koloni, para rayap tersebut akan membangun jalur yang menghubungkan sumber makanan mereka dengan kerajaan koloni mereka.

Biasanya, kerajaan kolni mereka bangun di bawah tanah atau di celah tembok. Atau untuk mengetahui letak kerajaan koloni sebuah rayap, cukup perhatikan jalur rayap yang menghubungkan sumber makanan rayap tersebut dengan kerajaan koloni yang mereka bangun.


Cara Membasmi Rayap di Rumah

Setelah Anda mengetahui tanda-tanda serangan rayap di rumah Anda, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara membasminya. Berikut merupakan tips bagi Anda yang hendak membasmi sarang rayap di rumah Anda.

  • Buat jebakan

Cara ini merupakan cara yang cukup umum digunakan, yaitu dengan membuat jebakan. Cara ini cukup ampuh karena membuat rayap terkecoh dan keluar dari sarangnya.

Baca juga  Jasa Pembasmi Rayap di Pasar Rebo Jakarta Timur

Untuk membuat jebakan rayap, hal yang harus Anda siapkan sangat sederhana, yakni berupa kardus basah secukupnya. Pertama, tempelkan kardus basah tersebut di sekitar pondasi kayu atau benda lainnya yang merupakan sumber makanan rayap.

Anda juga bisa menempatkan kardus basah tersebut di sekitar kerajaan koloni rayap. Diamkan kardus tersebut selama beberapa hari. Rayap akan berpindah ke kardus tersebut karena rayap sangat tertarik dengan benda-benda yang lembab.

Jika semua rayap sudah berpindah ke dalam kardus basah yang sebelumnya sudah Anda siapkan, maka basmilah rayap tersebut. Anda bisa menggunakan cairan desinfektan atau cairan pembasmi serangga lainnya yang dijual bebas di minimarket atau warung.

  • Gunakan air sabun

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan cara menggunakan cairan sabun. Caranya sangat mudah dan praktis. Cukup siapkan sebuah semprotan yang terisi air sabur. Kemudian semprotkan ke bagian kayu atau sumber kerajaan koloni rayap.

Agar hasilnya maksimal, Anda dapat menyemprotnya sehari beberapa kali agar rayap cepat hilang dan pergi dari kerajaan koloni yang mereka bangun di dekat sumber makanan.

Sangat penting mengetahui tanda-tanda serangan rayap di rumah guna mencegah dan menanggulangi dampak dan kerusakan yang diakibatkan rayap lebih besar.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123