Sawah merupakan salah satu tempat yang menjadi sasaran empuk untuk para tikus bersarang dan mencari makan. Apabila dibiarkan, tikus dapat merusak tanaman sehingga menyebabkan gagal panen. Oleh karena itu, segera atasi tikus yang menyerang sawah agar tidak gagal panen. Namun, tentu saja harus memperhatikan berbagai hal agar tidak merusak tanaman saat membasminya.

Hama ini memang sangat sulit untuk dibasmi jika sudah ada dalam jumlah yang cukup banyak. Namun, jika jumlahnya masih sedikit maka bisa langsung dibasmi agar tidak menyebar. Saat hendak membasmi tikus di sawah sebaiknya menggunakan bahan-bahan alami. Sehingga tidak akan merusak tanaman. Ada beberapa ramuan pengusir tikus di sawah yang bisa Anda gunakan, yaitu sebagai berikut.

Ekstrak Mengkudu

Tahukah Anda bahwa mengkudu dapat digunakan untuk membasmi tikus? Tidak hanya untuk membasmi hewan tersebut ekstrak mengkudu juga bisa digunakan untuk mengusir hama serangga. Jadi, tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan manusia juga bisa juga untuk membasmi hama.

Cara untuk menggunakan ramuan pengusir tikus di sawah ini adalah dengan mengambil ekstrak buah mengkudu. Cara mengambil ekstraknya bisa dengan cara medimkan buahnya pada tempat tertutup sampai ekstraknya keluar sendiri. Setelah itu, saring hingga hanya tersisa ekstraknya saja. Jika sudah, Anda tinggal mencampurkannya dengan air dan memasukkannya ke dalam penyemprot.

Untuk membasmi tikus dan hama lainnya, semprotkan ekstrak mengkudu tersebut pada tanaman yang diserang. Dengan demikian, tidak akan ada lagi hama yang datang mendekat tapi tetap aman untuk tanaman.

Ekstrak Brotowali

Ramuan lainnya yang bisa digunakan untuk membasmi hama adalah ekstrak brotowali. Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus bagian batangnya sampai ekstraknya keluar. Setelah itu, masukkan ekstrak brotowali pada alat penyemprot dengan dicampurkan air. Semprot ekstrak brotowali pada tanaman untuk menjaga dari hama.

Kulit Jengkol

Bau menyengat dari jengkol juga sangat tidak disukai oleh tikus. Oleh karena itu, kulit jengkol sering digunakan para petani untuk membasmi hama. Sebab, dengan menyemprotkan secara rutin tanaman akan lebih terjaga dari hama.

Cara membuatnya adalah dengan mengambil bagian kulit jengkol setelah itu di blender atau ditumbuk sampai halus. Jika sudah, bubuk kulit jengkol tersebut bisa langsung dilarutkan ke dalam air dan disemprotkan pada tanaman yang terkena hama.

Umbi Gadung

Ramuan yang paling terkenal untuk menghalau hama adalah ekstrak umbi gadung. Pada umbi gadung terdapat kandungan yang tidak disukai oleh tikus yaitu antioksidan, alkaloid, steroid, dan glikosida. Cara menggunakan ekstrak ini adalah dengan merebusnya untuk mendapatkan ekstrak umbi gadung. Setelah itu dicampurkan dengan air dan disemprotkan pada tanaman yang terkena hama.

Buah Jeruk

Tidak hanya memiliki rasa yang nikmat dan khasiatnya untuk tubuh, buah jeruk juga bisa digunakan untuk membasmi tikus. Caranya adalah dengan memotong hingga halus jeruk kemudian dicampurkan dengan kapur barus yang telah dihancurkan. Setelah itu, ramuan ini bisa langsung digunakan untuk menghalau hama. Bisa ditaburkan di sarangnya maupun di tempat yang sering dilalui tikus. Ramuan ini pun sangat aman untuk tanaman.

Anda bisa menggunakan semua ramuan pengusir tikus di sawah tersebut untuk membasmi semua hama yang ada. Apabila jumlahnya sudah terlalu banyak dan sulit untuk dikendalikan sendiri bisa langsung menghubungi PT Fumida Pestindo Jaya di nomor 0822-1123-1123 dan 021-29049130. PT Fumida merupakan pemilik layanan jasa membasmi hama termasuk tikus yang dapat bekerja secara cepat dan efektif.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123