fbpx

Tips-tips Mencegah Tikus Masuk Rumah

Tikus menjadi salah satu hewan pengerat yang sering dibasmi oleh masyarakat. Hal tersebut karena tikus sering mengganggu petani. Tidak hanya itu, tikus juga sering masuk ke dalam rumah. Tentu hal tersebut sangat mengganggu penghuni rumah karena tikus merupakan hewan yang gemar merusak, memakan dan mengotori rumah.

Berbagai upaya kerap dilakukan untuk mengusir atau membasmi tikus. Berikut ini akan dibahas tips-tips mencegah tikus masuk rumah, cara tersebut juga ampuh untuk mengusir tikus dari rumah dengan menggunakan pilihan bahan-bahan alami.

Lada Bubuk

Cara pertama untuk mencegah tikus agar tidak masuk rumah, Anda bisa menggunakan lada bubuk. Taruh lada bubuk di tempat yang kira-kira menjadi jalan masuk tikus atau lokasi persembunyian tikus. Lada memiliki senyawa piperin yang sangat menyengat dan akan membuat tikus merasa terganggu dan pergi.

Irisan Bawang

Bawang juga ternyata menjadi sesuatu yang sangat menjijikkan bagi tikus. Tikus sama sekali tidak menyukai menyukai aroma bawang. Irisan bawang sangat efektif untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah. Letakkan irisan bawang di tempat persembunyian atau yang sering didatangi tikus. Tikus tak akan mau masuk ke tempat yang telah diletakkan irisan bawang tersebut.

Kulit Telur

Kulit telur yang biasanya menjadi limbah rumah tangga juga ternyata ampuh untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah. Caranya dengan menghaluskan kulit telur menjadi bubuk. Kemudian taburkan bubuk kulit telur tersebut di tempat yang menjadi jalan lalu lintas tikus.

Kulit Durian

Selain kulit telur, kulit durian juga ampuh untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah. Caranya adalah dengan memotong kulit durian lalu letakkan kulit tersebut di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus. Aroma yang tajam dan menyengat dari kulit durian ampuh untuk mencegah tikus-tikus masuk ke dalam rumah.

Baca juga  Cara Mengusir Tikus dengan Kapur Barus

Bubuk atau Saus Cabai Campur Detergen dan Air

Cara ampuh mengusir tikus lainnya yaitu dengan menggunakan saus cabai yang dicampur dengan deterjen. Caranya larutkan saus cabai dan detergen ke dalam air lalu letakkan campuran tersebut ke dalam botol semprotan. Semprotkan cairan tersebut ke beberapa tempat yang mungkin menjadi jalan masuk tikus. Cairan tersebut efektif mencegah tikus karena tikus masuk karena panas dan perih. 

Minyak Peppermint

Minyak peppermint juga dapat Anda gunakan untuk mencegah tikus sebab baunya yang sangat menyengat membuat tikus tidak tahan. Caranya yaitu dengan mencelupkan beberapa bola kapas dalam minyak peppermint dan menempatkannya di daerah rawan tikus.

Daun Mint

Daun mint juga dapat digunakan sebagai bahan alami mencegah kehadiran tikus. Aromanya yang tajam membuat tikus tidak tahan selain itu juga aroma daun mint dapat membuat tikus terkulai lemas. Cara menggunakan daun mint untuk mencegah tikus adalah dengan menyiapkan seikat daun mint kemudian mengambil sarinya ketika dilarutkan dalam air. Setelah larut, semprotkan cairan mint ke area yang sering dilewati tikus.

Baking Soda

Baking soda dapat menjadi pilihan bahan untuk mencegah tikus masuk ke rumah secara alami. Caranya dengan mencampurkan baking soda ke makanan yang menjadi incaran tikus. Tubuh tikus yang memakan makanan tersebut akan menggembung karena tidak dapat mengeluarkan gas yang dihasilkan soda. Tikus tidak akan langsung mati di tempat, tetapi akan lari ke ruang terbuka sebelum mati karena menahan gas tersebut.

Kantung Teh

Kantung teh di rumah Anda juga dapat digunakan untuk bahan mencegah tikus secara alami. Peppermint dalam kantung teh akan bertugas mencegah tikus karena dapat menyebabkan iritasi pada hidung tikus jika terhirup. Indra penciuman tikus tidak akan berfungsi dengan baik, sehingga tikus akan segera meninggalkan rumah. Cara mencegah tikus dengan kantung teh yaitu dengan menempatkan beberapa bekas kantong teh di dekat tempat jalur masuk tikus.

Baca juga  Melayani Pembasmian Hama Pestcontrol Tikus dll daerah Jati Mulya Hub 021-29049130

Buah Mengkudu

Buah mengkudu juga sangat bermanfaat untuk mencegah tikus secara alami. Caranya dengan menghancurkan buah mengkudu lalu larutkan ke dalam air. Kemudian, semprotkan larutan tersebut ke area yang sering dilewati oleh tikus atau semprotkan pada lubang tikus. Cara ini efektif untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah.

Kopi

Bubuk kopi bisa mengecoh penciuman tikus karena aromanya yang harum, sehingga tidak kembali pada tempat tersebut. Hal ini karena tikus kerap meninggalkan jejak yang telah dilewati dan dijadikan jalur untuk mereka kembali pada tempat yang sama. Aroma dari kopi juga sangat tidak disukai oleh tikus. sehingga, kopi diyakini ampuh untuk menyingkirkan tikus.

Cuka dan Bola Kapas

Penciuman tikus yang sangat sensitif membuat bau cuka yang menyengat dapat mengganggu indra penciumannya. Caranya dengan membersihkan terlebih dahulu lantai atau area yang menjadi lalu lintas tikus. Kemudian, lumuri bola kapas dengan cuka putih lalu simpan bola kapas tersebut di tempat yang sering dilalui tikus. Apabila bola kapas sudah mulai mengering, lumuri kembali dengan cuka putih.

Anda bisa melakukan cara ini berkali-kali hingga tikus benar-benar dirasa sudah kabur dari rumah. Kandungan asam yang ada di cuka bisa membahayakan tangan oleh karena itu gunakanlah sarung tangan saat menuangkan cuka ke bola kapas.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123