fbpx
Gambar 1 - 3 Cara pakai disinfektan yang tepat

Untuk perlindungan diri dan lingkungan, lakukanlah cara pakai disinfektan yang tepat agar bisa terhindar dari persebaran virus yang meningkat setiap harinya.

Langkah antisipasi ini sebenarnya sudah dilakukan oleh pemerintah pusat, daerah, hingga RT. Namun, bila Anda mau lebih aman. Silakan antisipasi persebaran virus di rumah pribadi.

Jadi, pada saat belanja dan membawa barang baru masuk ke rumah, bisa langsung disemprot menggunakan disinfektan dulu supaya lebih aman. Namun, pastikan bahwa cara penggunaannya benar.

Bila bingung, silakan baca ulasan ini sampai selesai.

3 Cara pakai disinfektan yang tepat

Bila membahas tentang penggunaan disinfektan, perlu diketahui bahwa secara umum bahan ini hanya digunakan pada benda mati saja. Bila digunakan langsung pada kulit, maka dampaknya kurang bagus.

Salah satu bahaya yang ditimbulkan adalah iritasi pada kulit yang terkena cairan desinfektan tersebut.

Maka dari itu, WHO sempat memberi anjuran agar orang Indonesia tidak menyemprotkan cairan ini langsung ke tubuh manusia karena ada tingkat bahayanya sendiri.

Silakan perhatikan bagaimana cara pakai desinfektan yang tepat seperti yang kami ulas di bawah ini:

  3 Cara pakai disinfektan yang tepat

Bahan aktif dan dosis yang dianjurkan

Sebelum masuk ke proses penyemprotan, sudah jelas Anda harus membuat cairannya terlebih dulu. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah pemutih pakaian. Saking banyaknya yang menggunakan bahan ini, ketersediaannya di supermarket kini makin menipis.

Kandungan penting dari pemutih pakaian ini adalah sodium hipoklorit yang secara khusus ampuh untuk membunuh virus. Termasuk virus covid-19 atau yang lebih sering disebut virus corona.

Pada masing-masing pemutih pakaian, kandungan sodium hipoklorit ini berbeda, ada yang 5% dan 2,5%. Tentu saja, sebelum membuat campurannya dengan air, persentase kandungan ini harus sangat diperhatikan.

Khusus untuk pemutih pakaian yang umum digunakan, Anda bisa mencampurkah 4 sendok teh ke dalam 1 liter air. Campuran ini sangat cocok untuk penggunaan skala kecil karena pas dengan ukuran botol semprot kecil. Bila pemakaiannya di rumah, semprotan ini akan sangat berguna.

Baca juga  Cara Membuat Disinfektan Sendiri di Rumah

Selain sodium hipoklorit, berikut ini adalah beberapa bahan yang ampuh membasmi virus covid-19 menurut berbagai studi:

  1. Accelerated hydrogen peroxide 0,5%.
  2. Chloroxylenol 0,12%.
  3. Ethanol atau etil alkohol 62 % sampai 71%.
  4. Isopropanol 50%.
  5. Pine oil 0,23%.
  6. Sodium chlorite 0,23%.
  7. Sodium dichloroisocyanurate 0,1% sampai dengan 0,5%.
  8. Povidone iodine 1%.
  9. Iodine in iodophor 50 ppm.
  10. Benzalkonium chloride 0,05%.

Bila Anda membeli produk-produk rumah tangga yang bisa membunuh bakteri dan virus, silakan cek kandungan atau komposisinya. Siapa tahu ada nama-nama bahan di atas di jajaran komposisi tersebut.

Pemakaian rutin

Untuk menjaga semua benda di dalam rumah, pemakaian secara rutin diperlukan. Terlebih bila Anda adalah pekerja lapangan yang tidak bisa menghindar dari aktivitas di luar rumah.

Kondisi lain yang memungkinkan adalah Anda memiliki sebuah kantor yang sering didatangi orang atau berada di fasilitas umum.

Pemakaian rutin yang dimaksud di sini adalah penyemprotan dilakukan setiap hari. Dalam sehari, usahakan untuk menyemprot benda yang sering disentuh sekali saja. Hal ini dilakukan karena efek dari disinfektan hanya bertahan sebentar atau sementara saja.

Apalagi, efeknya juga tergantung pada pH, suhu, lamanya paparan, dan yang lainnya. Faktor-faktor ini bisa memperlemah kandungan disinfektan tergantung bahan apa yang Anda gunakan.

Cara pakai desinfektan pada permukaan benda elektronik

Sebagaimana diketahui, di dunia digital seperti sekarang, smartphone atau HP merupakan kebutuhan yang sangat mendasar. Setiap hari, gagdet menjadi teman yang sering disentuh dan dioperasikan. Bahkan bisa dibilang, manusia masa kini tidak bisa dipisahkan dengan gadget.

Gambar Cara pakai desinfektan pada permukaan benda elektronik

Untuk itu, pembersihan dan pemakaian disinfektan pada seluruh permukaannya amat sangat diperlukan. Caranya adalah dengan menyemprotkan secara tidak langsung, melainkan menggunakan perantara seperti kain atau tisu.

Mudahnya, Anda bisa menyemprotkan disinfektan ke kain atau tisu kemudian mengelapkannya ke seluruh permukaan smartphone. Lakukanlah secara rutin.

Baca juga  Perbedaan Desinfektan dan Antiseptik

Penanganan virus pada manusia

Karena disinfektan tidak bisa digunakan pada manusia, maka Anda harus melakukan cara lain supaya bisa terhindar dari virus. Caranya adalah dengan:

Mencuci tangan secara rutin

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara rutin. Bila diperhatikan, kini di semua tempat umum seperti rumah ibadah, perbankan, kantor, SPBU, dan yang lainnya sudah tersedia tempat cuci tangan dan sabunnya.

Manfaatkanlah fasilitas ini dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, Anda bisa mengantisipasi penularan virus covid-19.

Menggunakan hand sanitizer

Bila khawatir dengan persebaran virus dengan cepat, Anda juga bisa jaga-jaga dengan membawa hand sanitizer saat bepergian. Jadi ketika tidak ada tempat cuci tangan, Anda tetap bisa menjaga kebersihan tangan dengan sangat baik.

Selain bisa dibuat dengan bahan kimia, hand sanitizer juga bisa dibuat dari bahan alami, salah satunya adalah daun sirih.

Cara mengatasi virus dan bakteri secara efektif dan aman

Bila dengan cara pakai disinfektan yang tepat di atas Anda masih cukup khawatir dan ragu, sebaiknya segera panggil jasa pembasmi virus dan bakteri terbaik.

Cara mengatasi virus dan bakteri secara efektif dan aman

Dengan bantuan dari tim yang sudah ahli di bidangnya, virus dapat teratasi dengan baik. Selain itu, dosis dan bahan yang digunakan sudah pasti bagus dan aman.

Tim ahli dari Fumida siap membantu Anda untuk menerapkan cara pakai desinfektan yang paling aman dan efektif. Hubungi kami di nomor 0822.1132.1132 atau 0822.1177.1166. Demi keamanan, jangan tunggu lebih lama!

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]