Mengusir tomcat dari rumah perlu Anda ketahui caranya. Sebab kedatangan tomcat dapat pula membahayakan untuk Anda yang tidak terencana mengusik area mereka. Toksin yang terdapat dalam badan mereka dapat membuat iritasi pada kulit Anda.

Serangga tomcat adalah hewan berisiko Arthopoda serta tercantum dalam keluarga besar Kumbang (Staphylinidae). Tomcat merupakan salah satu tipe serangga dengan badan berdimensi 7- 8 mm. Tipe serangga ini mempunyai kepala bercorak gelap, dengan corak belang orange ataupun merah pada tubuhnya, dan mempunyai sepasang sayap yang keras.

Karakteristik hewan ini mempunyai badan bercorak kemerahan pada bagian atasnya. Sedangkan pada bagian perut serta kepalanya mempunyai corak hitam. Sesungguhnya tomcat bermanfaat buat mengusir hama padi di sawah. Bila rumah Anda dekat dengan pesawahan hingga masa kemarau ataupun masa peralihan dari kemarau ke masa penghujan, tomcat dapat masuk rumah.

Tidak harus takut serta risau bila kita seketika didatangi oleh serangga tomcat yang belum lama ini jadi hit pemberitaan. Serbuan tomcat yang meresahkan masyarakat sebab racunnya bisa menyebabkan kulit melepuh serta panas nyatanya bisa diduga lewat sebagian metode. Namun demikian, Anda perlu berhati-hati dan harus mengetahui cara mengusir tomcat, jika serangga ini menjadi sebuah wabah.

Biasanya, tomcat hidup di zona aliran air serta saluran drainase. Pada saat  hujan deras tomcat bisa lari ke tempat yang lebih kering. Apalagi, bisa jadi tidak terkecuali masuk ke dalam rumah. Pada siang hari, tomcat dapat berjalan di atas tanah, dengan sayap yang dirahasiakan sehingga nampak menyamai semut. Sedangkan, pada saat malam hari, tomcat bisa ditemukan di tempat yang banyak matahari .

Bahaya Serbuan Tomcat

Tomcat sendiri ialah salah satu serangga yang berisiko. Bila Anda memegang serangga ini, kulit Anda dapat melepuh seperti dibakar. Berikutnya kulit akan bernanah serta butuh penindakan yang tepat. Oleh karena itu, perihal cara mengusir tomcat dari rumah merupakan jalan yang tepat agar serangga ini tidak bersentuhan dengan kulit Anda.

Ingat kulit Anda dapat melepuh semacam dibakar bila memegang hewan  ini. Bila kulit Anda terserang gigitan tomcat, hingga racun tomcat akan membuat kulit Anda mengalami radang semacam terserang herpes, tetapi tidak sama.

Cara Mengusir Tomcat dengan Menggunakan Bahan Alami

Bila tomcat masuk ke rumah Anda, metode alami  dapat dilakukan adalah memakai bahan- bahan dari tanaman. Pertama, sajikan daun mimba, lengkuas, serta pula serai. Tiap- tiap sebanyak satu kilogram. Sediakan juga lima liter air.

Kedua, haluskan lengkuas dan daun mimba  serta serai dalam air lima liter. Simpan larutan ini dalam wadah sepanjang 2 hingga 3 hari. Ketiga, baru sehabis Anda simpan sepanjang 3 hari, masukkan larutan tersebut dalam botol semprot. Berikutnya Anda dapat menyemprotkan larutan pembasmi tomcat ini ke serangga.

Larutan pembasmi tomcat yang terbuat dari bahan- bahan natural ini jitu buat mengusir tomcat dari rumah. Apabila dibanding dengan pestisida, larutan ini pula lebih murah.

Cara Mengusir Tomcat dari Rumah dengan Bahan Kimia

Mengerti kah Anda jika obat nyamuk semprot serangga dapat membasmi tomcat yang masuk ke rumah? Obat nyamuk yang disemprotkan pula jitu buat membasmi tomcat. Tinggal semprotkan ke arah serangga ini dipastikan tomcat langsung mati.

Kemudian bagaimana jika kedatangan tomcat jadi wabah di area rumah Anda? Bila, di area Anda sangat banyak tomcat sehingga dapat diucap dengan wabah tomcat, hingga lakukanlah metode membasminya dengan pestisida. Metode mengusir tomcat dapat dicoba dengan menyemprotnya memakai pestisida.

Meski lebih mahal, namun pestisida jauh lebih jitu dibanding obat nyamuk semprot serta. Pestisida hendak membasmi hingga mematikan populasi tomcat yang nampak ataupun tidak nampak. Karena pembasmiannya akan lebih merata.

Tidak hanya itu, pestisida juga  tidak hanya menjadi bahan sebagai cara mengusir tomcat yang  jitu ternyata pestisida bisa membasmi populasi tomcat yang hidup di dekat rumah Anda. Menyemprot area dengan pestisida dapat membasmi tomcat secara merata. Baik tomcat yang jelas nampak ataupun tomcat yang tidak nampak.

Panduan  untuk  Menghindari Gigitan Tomcat

Buat menjauhi gigitan tomcat, Anda bisa mencegahnya di rumah dengan melakukan sebagian panduan dibawah ini:

  • Tutup pintu serta jendela rapat- rapat, ataupun pakai kassa nyamuk buat menghindari tomcat masuk ke dalam rumah
  • Matikan lampu kala tidur, sebab tomcat senantiasa mendekati arah cahaya
  • Gunakan baju yang tertutup bila bermain di area- area yang penuh tumbuhan dan tempat lembab
  • Selalu bilas area rumah yang menumpuk ataupun yang tidak dipakai lagi
  • Semprotkan ruangan dengan obat nyamuk ataupun insektisida
  • Selalu bilas tempat tidur tiap hari dengan penghisap debu

Langkah- Langkah Pertolongan Pertama Terserang Gigitan Tomcat

Hilangkan Toksin Tomcat

Pertolongan awal gigitan tomcat merupakan melenyapkan racunnya yang bisa jadi melekat pada zona badan ataupun tangan Anda terlebih dulu. Tetapi, jangan memegang toksin tomcat dengan jari tangan Anda secara langsung sebab bisa membuat jari turut terserang toksin yang melekat.

Mencuci Area Badan serta Kulit

Pertolongan awal gigitan tomcat selanjutnya merupakan lekas mencuci zona badan serta kulit yang yang terserang toksin tomcat memakai sabun serta air bersih. Langkah ini bisa menolong meminimalisir masuknya toksin masuk ke dalam kulit ataupun badan.

Kompres Air Dingin

Kompres air dingin pula dapat jadi pertolongan pertama gigitan tomcat berikutnya. Triknya, kompres zona badan serta kulit yang terserang gigitan tomcat memakai kain bersih yang sudah dibasahi air es. Dengan mengompresnya degan air dingin bisa menolong meringankan kemerahan, pembengkakan, serta perih yang bisa jadi Anda rasakan. .

Oleskan Lidah Buaya

Dengan mengoleskan lidah buaya juga bisa jadi opsi pertolongan pertama akibat toksin tomcat dengan lekas. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya fresh langsung dari tanamannya ke zona kulit ataupun badan. Tetapi, apabila tumbuhan aloe vera tidak ada, Anda dapat mengoleskan produk gel yang dibuat dari lidah buaya murni.

Oleskan Krim Antihistamin

Bila Anda merasa perih serta gatal, Anda dapat mengoleskan krim antihistamin, semacam lotion calamine, pada zona kulit yang terpapar toksin tomcat bagaikan pertolongan awal digigit tomcat. Anda dapat pula melaksanakan metode natural, ialah dengan mengoleskan kombinasi air serta soda kue.

Jauhi  untuk Tidak Memecahkan Benjolan

Bila timbul tonjolan, jangan membongkar tonjolan ataupun menggaruknya. Tonjolan yang mencuat hendak berisi air serta bila rusak bisa memperburuk kondisi. Biasanya gatal- gatal serta rasa panas dibakar hendak sembuh dalam kurun waktu 6 hingga 10 hari. Bila sisa cedera terus menjadi parah, lekas jalani pengecekan kedokteran. Konsultasikan ke dokter supaya memperoleh penindakan lebih lanjut.

Nah, itulah beberapa cara mengusir tomcat  yang paling ampuh. Namun, jika Anda sulit menemukan bahan-bahannya atau tidak punya waktu untuk membasmi tomcat tersebut. Kami akan memberikan solusi terbaik yaitu menggunakan jasa  dari Fumida. Fumida merupakan perusahaan jasa anti rayap dan pest control yang profesional dibidangnya. Untuk info lebih lanjut silahkan konsultasikan dengan tim professional kami melalui customer service di 0822-1123-1123 atau 021-29049130. 

 

 

 

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123