Semut merah merupakan salah satu hewan yang sangat sering Anda temukan di rumah ataupun dijaln. Populasi dari hewan yang satu ini memang cukup banyak sehingga semut merah cukup sering ditemui baik di rumah ataupun di luar rumah seperti kebun atau jalanan.

Sekumpulan semut merah memang menjadi parasit bagi hidup kita karena bisa menggigit tubuh dan mengganggu aktivitas kita. Setelah semut ini menggigit Anda maka akan menimbulkan rasa gatal pada kulit yang biasanya sulit hilang. Menghindari semut merah sebenarnya cukup mudah yaitu dengan menjaga kebersihan dan tidak menyimpan makanan dan minuman sembarangan. Namun, jika rumah Anda sudah terlanjur banyak ditemukan hewan tersebut, berikut ini beberapa cara mengusir semut merah dengan mudah.

Peppermint

Cara menghilangkan semut merah di rumah yang pertama adalah menggunakan Peppermint menjadi pembasmi serangga yang alami. Campurkan sepuluh hingga lima belas tets minyak esensial peppermint dengan dua gelas air. Selanjutnya semprotkan campuran cuka dan air di sekitar lantai dan jendela rumah lalu biarkan mengering. Seperti kebanyakan minyak esensia pada umumnyal, jauhkan minyak pappermint ini dari jangkauan hewan.

Cuka dan Air

Cara berikut ini yaitu membersihkan semut dengan larutan cuka dan air berkomposisi 50 banding 50. Namun, Anda sebenarnya bisa menggunakan cuka secara langsung tanpa campuran air. Cuka yang paing bagus adalah Cuka putih yang bisa membasmi semut.

Jika Anda memiliki masalah semut yang banyak, coba gunakan cuka encer untuk membersihkan permukaan keras seperti meja dan lantai, di seluruh permukaan rumah. Mengapa cuka memiliki fungsi menghilangkan semut? Hal ini dikarenakan semut dapat mencium bau cuka bahkan setelah mengering walaupun aromanya tidak tercium lama.

Lemon

Cara menghilangkan semut merah di rumah yang ketiga yaitu menggunakan buah lemon, tidak hanya kaya akan kandungan vitamin C, oleh karen itu lemon menjadi buah yang sangat ampuh dijadikan pengusir semut merah. Cara mengusir semut merah menggunakan  buah lemon ini pastinya sangat mudah.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memotong lemon kemudian  peras hingga mengeluarkan sari buahnya. Masukkan sari buah yang telah Anda peras tadi  ke dalam sebuah wadah. Terakhir, semprotkan sari buah lemon lemon tersebut ke tempat yang biasa dipenuhi dengan semut merah.

Ternyata selain sari buah lemon, kulit dari lemon itu sendiri juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut merah. Potong dengan ukuran kecil  kulit lemon tersebut, kemudian sebarkan potongan kulit lemon disekitar pintu atau tempat berkumpulnya semut. Lemon memiliki aroma asam sehingga tidak disukai oleh semut merah, jadi Anda bisa langsung mencobanya di rumah.

Tepung Terigu

Cara menghilangkan semut merah di rumah yang keempat adalah dengan menggunakan tepung terigu. Ternyata selain bermanfaat sebagai bahan untuk membuat makanan, , tepung terigu juga sangat bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut merah yang ada di rumah Anda.

Cara menggunakan tepung terigu ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu menaburkan tepung terigu tersebut di tempat berkumpulnya semut merah. Misalnya saja di lantai dapur. Atau di atas meja makan . Tepung terigu yang  Anda taburkan akan menghalangi semut merah tersebut agar tidak menyebar kemana. Setelah semut merah tersebut Anda usir, tepung terigu bisa Anda bersihkan agar tidak mengotori rumah Anda.

Lada Bubuk

Cara menghilangkan semut merah di rumah yang kelima adalah lada bubuk. Selain bisa memberikan  rasa yang pedas pada makanan, ternyata lada bubuk juga bisa dijadikan alat pengusir semut merah yang sangat efektif. Lada bubuk memiliki aroma panas dan pedas yang ternyata tidak disukai oleh semut merah. Jadi saat Anda menaburkan lada bubuk di sekitar meja atau tempat berkumpulnya maka semut merah dijamin akan terbasmi.

Kapur Anti Serangga

Cara selanjutnya adalah Kapur serangga yang telah menjadi salah satu bahan yang paling sering digunakan dalam mengusir semut merah yang sering bermunculan di rumah. Kapur ini  akan sangat mudah Anda temukan  karena sudah tersedia di pasar atau swalayan. Kapur ini sangat ampuh mengusir semut karena terbuat dari Calsium Carbonat.

Jangan khawatir karena untuk menggunakan kapur serangga  untuk mengusir semut merah juga sangat mudah. Anda hanya perlu membuat garis dari kapur serangga tersebut di sekitar tempat berkumpulnya  oleh semut merah. Dengan cara berikut semut merah tidak akan bisa melewati garis yang telah Anda buat, jadi Anda tidak perlu resah lagi jika semut tersebut akan kembali ke rumah Anda.

Garam Dapur

Banyak orang yang beranggapan bahwa garam hanya berguna sebagai bumbu dapur karena memiliki rasa asin. Namun, ternyata garam juga bisa dijadikan cara menghilangkan semut merah di rumah  yang paling ampuh. Anda hanya perlu menaburkan garam di sekitar pintu, meja, lantai atau tempat berkumpulnya semut. Tapi sebaiknya Anda menaburkan garam dengan tebal agar semut tidak bisa lewat kembali.

Minyak Kayu Manis

Senyawa dalam minyak esensial kayu manis termasuk cinnamaldehyde telah ditemukan sebagai cara menghilangkan semut merah di rumah  yang paling efektif. Bahkan kandungan yang ada di dalam kayu manis bisa mengusir semut merah. Bukti  menunjukkan jika bubuk kayu manis juga sangat efektif menghilangkan semut. Caranya yaitu gunakan bola kapas dan minyak kayu manis. Lalu gariskan di area tempat banyak semut merah.

Cengkeh

Cara mengusir semut tanpa perlu air dengan bahan dapur, bisa menggunakan cengkeh. Anda bisa menempatkan 5-10 cengkeh di tempat yang banyak semut. Aroma cengkeh yang kuat tidak disukai semut sehingga mereka akan pergi dengan sendirinya. Efektif, sederhana dan sangat aman bukan? Layak dicoba nih!

Bubuk Kopi

Bubuk kopi tidak hanya nikmat ketika diminum saja, bubuk kopi juga ternyata mampu mengusir semut yang bandel. Caranya mudah cukup letakkan bubuk kopi di daerah yang biasanya semut datang. Semut tidak suka bubuk kopi sehingga akan membuat mereka menjauh dari tempat tersebut.

Bubuk Cabai Rawit

Cara menghilangkan semut merah di rumah  yang terkahir adalah menggunakan bahan alami. Bahan alami lainnya yang sangat dipercaya untuk mengusir semut yaitu bubuk cabai rawit. Hewan berbadan kecil ini rupanya tidak suka dengan aroma pedas. Bubuk cabai yang pedas ampuh untuk mengusir semut. Aroma cabe rawit yang sangat pedas akan  membuat semut lari dari tempat perkumpulannya.

Caranya sangat mudah yaitu simpan bubuk cabai rawit di tempat yang biasa dilalui oleh semut. Anda tidak perlu menaburkannya, cukup dengan menyimpannya ke wadah kecil. Jika bubuk cabai rawit sudah lama terbuka  atau penampakannya terlihat menggumpal, sebaiknya Anda mengganti bubuk cabai rawit dengan yang baru.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan semut merah di rumah  yang paling ampuh dan efektif. Namun, jika Anda sulit menemukan bahan-bahannya atau tidak punya waktu untuk membasmi semut merah. Kami akan memberikan solusi terbaik yaitu menggunakan jasa  dari Fumida. Fumida merupakan perusahaan jasa anti rayap dan pest control yang profesional dibidangnya. Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi website fumida atau hubungi segera customer service Fumida di 0822-1123-1123 atau 021-29049130 semoga Anda berhasil!

 

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123