fbpx
klasifikasi rayap

Klasifikasi rayap dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan kebiasaan mereka yang suka memakan apa atau berdasarkan tempat tinggalnya juga. Rayap dominan bersarang di dalam tanah dan pada keadaan tertentu mereka juga dapat memakan kayu perabotan dan kerangka bangunan rumah Anda. Hewan ini masih memiliki keluarga dengan semut. Maka tak heran jika ada rayap yang bisa sebesar semut. Hewan tersebut juga bisa tumbuh hingga memiliki sayap, namun rayap yang hidup sampai  memiliki sayap akan menjadi laron.

 

Klasifikasi Rayap yang Perlu Anda Ketahui

Klasifikasi rayap bisa dibedakan menjadi beberapa berdasarkan makanan, tingkatannya serta berdasarkan golongannya. Berikut ini klasifikasinya yang perlu Anda ketahui lebih detail tentang rayap agar Anda tidak salah memilih jasa anti rayap saat membasmi mereka.

 

  1. Berdasarkan Tingkatan

Rayap dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu rayap tingkat rendah dan rayap tingkat tinggi. Rayap tingkat rendah memiliki protozoa pada perut untuk membantu mencerna partikel kayu dan tanah. Rayap tingkat rendah ini masih mudah untuk dibasmi dan tidak terlalu berbahaya. Sedangkan pada rayap tingkat tinggi tidak memiliki protozoa pada perutnya namun memiliki bakteri. Rayap jenis ini sangat berbahaya karena bisa memakan segala apa yang di depannya dan yang menjadi sasaran.

 

  1. Berdasarkan Makanan

Rayap bisa juga dibedakan berdasarkan makanannya. Ada rayap yang memakan kayu mati dan rumput. Jenis rayap ini memiliki usus sederhana karena makanan yang dimakan juga masih sederhana. Kemudian ada juga rayap yang bisa memakan rumput, seresah daun dan kayu atau mikroepifit. Rayap jenis ini cenderung memiliki usus yang kompleks.

Selain itu, ada pula rayap yang menyukai humus atau bahan makanan yang mengandung mineral tinggi, seperti tanah. Dan yang terakhir adalah rayap yang suka makan tanah yang mengandung banyak silika dengan bahan organik rendah.

Baca juga  Mau Tahu Tikus Takut dengan Apa? Ini Cara Mengusirnya!

 

  1. Berdasarkan Golongan

Berdasarkan golongan klasifikasi rayap dibedakan menjadi lima, yaitu rayap pohon, rayap kayu lembab, rayap kayu kering, rayap subteran dan rayap tanah.  Jenis rayap pohon dapat menyerang pohon yang masih hidup dan bersarang di dalam pohon yang menjadi inangnya dan serta hidupnya memilih untuk jauh dari tanah. Sedangkan rayap kayu lembab menyerang kayu yang sudah mati dan lembab. Mereka bersarang di dalam kayu tersebut.

Selain itu, ada rayap kayu kering, yang mana klasifikasi rayap ini terdapat di rumah-rumah. Mereka mampu memakan perabotan meja, kursi yang sudah dicat atau diberi tinner.  Kemudian untuk rayap subteran ini hidup di dalam tanah yang banyak mengandung bahan kayu yang membusuk. Jenis rayap yang terakhir adalah rayap tanah yang suka bersarang di dalam tanah dan memakan bahan-bahan yang berasal dari tanah dengan kandungan mineral tinggi.

***

Nah, itulah tadi beberapa klasifikasi rayap yang perlu Anda ketahui. Walaupun dari segi tingkatan, golongan ataupun makanan yang sering di makan, rayap tentu wajib untuk dibasmi. Karena jika rayap sedang dalam keadaan genting meskipun bukan makanan kesukaannya atau tempat tinggal yang biasanya, jika sudah tidak memiliki pilihan lain untuk bertahan hidup mereka bisa berpindah alih memakan apa yang ada saja tidak pandang bulu. Maka dari itu mereka adalah jenis rayap yang sangat berbahaya. Maka dari itu, rayap tersebut harus dibasmi dengan bantuan jasa anti rayap Fumida. Segera basmi rayap yang selalu mengganggu Anda di rumah dan lingkungan sekitar. Kenyamanan bisa terlihat jika tidak ada hama yang berkeliaran.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]