fbpx
kotoran rayap

Kotoran Rayap dan Fakta Menarik Tentangnya

Jika berbicara tentang kotoran, maka jangan langsung terbayang hal-hal yang kotor dna menjijikkan! Karena ternyata di alam yang begitu kaya dengan keanegaraman hewani ini, terkandung banyak fakta menarik, khususnya yang berhubungan dengan kotoran binatang rayap.

Dalam artikel ini akan coba kami jelaskan tentang kotoran rayap dan fakta menarik tentangnya! Mungkin bagi sebagian besar orang, hal ini tidak begitu penting untuk diketahui. Akan tetapi bagi mereka yang ingin mencari tahu lebih dalam tentang proses hidup rayap, maka penjelasan tentang kotoran rayap ini menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan.

Agar tidak terlalu panjang lebar, mari kita mulai saja pembahasan tentangnya! Selamat menyimak…

 

Tentang Kotoran Rayap

Setiap hewan yang hidup tentu menghasilkan kotoran yang merupakan bagian akhir dari sistem pencernaan. Demikian juga rayap, konsumsi bahan mengandung selulosa yang setiap hari mereka konsumsi pada akhirnya menghasilkan kotoran yang menjadi topik pembicaraan utama kita kali ini.

Kotoran rayap merupakan salah satu diantara hasil produksi sendiri yang dimanfaatkan juga dalam kehidupan mereka, yaitu untuk membuat sarang. Inilah yang membuat rayap menjadi serangga yang paling unik di dunia. Ternyata makhluk kecil itu sudah dibekali insting yang luar biasa untuk menjalani hidup dan mempertahankan diri di dalam sarangnya.

Fakta Menarik tentang Kotoran Rayap

Adapun yang menarik dari kotoran rayap, adalah :

#1 : Kotoran Rayap tidak Menjijikkan

Tidak seperti kotoran pada umumnya, yang jorok, menjijikkan, dan berbau tajam. Kotoran rayap tidak menjijikkan sama sekali, bahkan jika dalam kondisi kering, kotoran tersebut tampak seperti butiran kecil yang sama rata berwarna coklat mirip kayu.

Baca juga  Jasa Pembasmi Rayap di Pulo Gadung Jakarta Timur

Kenapa bisa demikian? Karena kotoran rayap dihasilkan dari kayu atau barang-barang lain yang terbuat dari bahan baku kayu! Karena yang dikonsumsi bukan sesuatu yang menjijikkan dan mudah busuk, maka kotorannya pun tidak menjijikkan dan tidak berbau. Dari makanan yang dikonsumsi tersebut, yang diambil adalah unsur selulosanya, sedangkan yang lainnya dicerna dengan bantuan mikroba alami dalam tubuh rayap dari spesies Reticulitermes speratus.

 

#2 : Sistem Pencernaan Rayap Memberikan Keuntungan Bagi Manusia

Dalam sistem pencernaan rayap, terdapat sebuah bagian yang disebut dengan hidgut (jika dalam tubuh manusia sejenis usus besar). Penelitian membuktikan, ternyata dalam hidgut rayap terdapat mikroba tertentu yang memproduksi centrin dengan sangat baik. Dalam dunia kedokteran, centrin ini dikenal sebagai salah satu protein yang memiliki keterkaitan dengan proses pembelahan sel.

Dengan adanya proses produksi centrin pada rayap, menjadi jalan dunia medis dan kedokteran dalam meneliti dan menggali informasi tentang pembelahan sel.

 

#3 : Kotoran Rayap Saling Dikonsumsi

Selain dijadikan sebagai bahan baku pembuatan sarang, ternyata kotoran rayap juga bermanfaat sebagai salah satu makanan yang dikonsumsi. Tidak seperti konsumsi kayu, kotoran ini mereka konsumsi untuk manfaat dan dengan cara yang berbeda.

Kotoran yang dikonsumsi bukan kotorannya sendiri, akan tetapi kotoran yang dihasilkan oleh kawannya yang lain. Inilah yang dimaksud dengan kalimat kotoran rayap saling dikonsumsi.

Adapun tujuan dikonsumsinya kotoran ini, adalah untuk menyalurkan bakteri baik yang membantu proses kerja tubuhnya dalam menjalani siklus hidup. Hal ini dilakukan karena ketika lahir rayap tidak dibekali dengan bakteri-bakteri baik dalam tubuhnya, sehingga untuk mendapatkannya, cara inilah yang mereka lakukan secara alami dan berdasarkan insting yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca juga  Tips Memilih Jasa Anti Rayap

***

Demikianlah informasi tentang kotoran rayap dan fakta menarik tentangnya. Semoga apa yang dibagikan ini bisa menambah wawasan kita tentang salah satu makhluk kecil yang berada di sekitar kita, yang jika kita biarkan tanpa penanganan, bisa merugikan kita karena mereka akan menggerogoti bahan material rumah, terutama yang terbuat dari kayu.

Penanganan rayap ini bisa dikatakan cukup sulit, terlebih bagi orang yang belum tahu tentang teknik dan caranya. Namun jangan khawatir! Sebab saat ini sudah hadir solusi untuk membasmi rayap secara mudah dan praktis dengan memanfaatkan jasa anti rayap Fumida.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa…

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu untuk memberikan kepercayaan dalam hal mengendalikan hama di tempat Anda, karena kami tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

[recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123