Pengendalian Kutu Bisul

Kutu bisul pucuk mangga menimbulkan beberapa dampak merugikan, bahkan bisa membuat para pebisnis buah mangga menjadi gagal panen. Sebab hasil buah yang diserang kutu bisul ini bisa mengurangi kualitas serta membuat hasil buah menjadi berkurang daripada biasanya. Untuk lengkapnya, simak gejala dan penyebab dari kutu bisul yang menyerang bagian pucuk pohon mangga.

Gejala Yang Ditimbulkan Kutu Bisul Terhadap Pohon Mangga

Kutu bisul mengalami penyebaran yang lebih tinggi ketika memasuki musim semi. Dimana sang betina meletakkan telur dengan arah membujur yang berwarna coklat kehitaman. Peletakkan telur tersebut ditaruh pada bagian pelepah ataupun bilah daun pohon mangga yang berada di bagian bawah.

Kisaran 200 hari setelah meletakkan telurnya, nimfa kemudian menetas dan bergerak merangkak hingga ke kuncup terdekat. Tusukan dari kutu bisul pucuk mangga memberikan injeksi bahan kimia yang masuk ke dalam jaringan tanaman saat mereka memakan pucuk mangga.

Dampak dari tusukan itu yakni berupa bisul keras yang berbentuk kerucut dengan warna hijau tua. Adanya bisul ini tentu saja merugikan karena bisa mencegah bunga mengalami pertumbuhan dan juga pembentukan buah yang kurang tepat hingga menyebabkan buah mangga tidak bisa dikonsumsi.

Kerugian yang ditimbulkan bergantung pada jumlah telur yang telah diletakkan oleh kutu bisul. Apabila telur memiliki jumlah yang banyak, maka efek yang terjadi juga berpotensi tinggi untuk pembungaan pohon mangga yang tidak bisa berkembang. Sebaliknya jika telur yang diletakkan dalam jumlah yang sedikit, bunga pohon mangga masih bisa tumbuh tetapi rawan mengalami kerusakan.

Cara Mengendalikan Keberadaan Kutu Bisul

Sebagai upaya pengendalian berkembang biaknya kutu bisul pucuk mangga yang semakin merajalela, anda bisa memulainya dengan pemberian abu industri yang kaya akan silikat. Pada ranting dan juga pucuk yang telah terinfeksi harus dipotong dengan kisaran 15 hingga 30 centimeter dari lokasi gejala dari hama kutu bisul. Hal tersebut dilakukan guna untuk mengurangi jumlah bisul.

Selain itu anda juga bisa melakukan pengendalian kimiawi dengan memberikan perlakuan pada kulit pohon dengan pasta dimetoat untuk bisa mengurangi kutu yang bergerak keatas dan juga ke bawah area pohon mangga. Di langkah pengendalian kimiawi ini, dianggap menjadi cara ampuh agar kutu bisa pergi dengan cepat.

Lakukan Pencegahan Sedini Mungkin

Lakukan pencegahan lebih dini juga bisa anda lakukan untuk mengurangi potensi pohon mangga dihinggapi kutu bisul pucuk mangga. Yang harus diterapkan yakni anda harus menjaga kebersihan kebun melalui penyemprotan insektisida organik secara berkala dan juga menggunakan dosis yang tepat dan sesuai.

Melakukan penggemburan tanah bisa mengurangi perkembang biakan kutu bisul. Dimana serangga dewasa yang baru saja muncul akan jatuh dari bisul pohon ke tanah. Setelah itu, mereka akan memanjat kembali pohon mangga untuk dapat kawin, bertelur, dan melakukan perkembang biakannya dengan mudah apabila anda mencegahnya.

Memantau kebun secara teratur juga bisa digunakan sebagai cara mendeteksi serangan kutu agar tidak semakin menyebar. Selain itu pengaturan penggunaan pupuk agar tidak berlebih juga wajib dilakukan untuk anda yang ingin memiliki pohon mangga terbebas dari kutu bisul yang menggerogoti.

Cara terakhir dalam langkah pencegahan kutu bisul yaitu dengan menyiram cukup air secara teratur apabila sudah masuk musim kemarau. Cara ini dilakukan guna untuk menghindari tumbuhan menjadi stres karena kekeringan. Sebab apabila kekeringan, tidak menutup potensi kutu bisul akan semakin cepat berkembang biak pada area pohon mangga.

Itulah ulasan singkat seputar gejala dan juga cara pengendalian kutu bisul yang berpotensi menyerang pohon mangga. Jika perkembangan hama ini sudah tak bisa dikendalikan, anda bisa menggunakan FUMIDA sebagai jasa pembasmi hama rumah dan hama tanaman yang bisa membantu permasalah terkait hama yang ada di pohon mangga.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123