Penyebab Rayap Masuk Ke Dalam Rumah

Rayap memang merupakan salah satu serangga pengganggu yang dapat menyebabkan kerusakan di dalam rumah. Segala perabotan yang terbuat dari kayu akan dengan mudah ia rusak. Tak hanya satu, namun jumlahnya yang selalu hidup dalam sebuah koloni membuat rayap sulit untuk dibasmi. Berikut adalah 4 penyebab rayap masuk ke dalam rumah.

Waspadai 4 Penyebab Rayap Masuk Rumah

1. Rumah kotor

Menjaga kebersihan rumah merupakan salah satu keharusan yang wajib untuk dilakukan. Kebersihan rumah yang tidak terjaga dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit dan juga masuknya berbagai hewan pengganggu atau hama ke dalam rumah. Salah satu hama pengganggu yang dapat masuk adalah rayap.

Jika rumah anda kotor, maka rayap dapat dengan mudah membentuk sarang di tempat yang sulit anda jangkau. Tak heran jika keberadaan rayap akan sangat sulit untuk dideteksi. Rayap akan membuat sarang menyerupai terowongan yang lama kelamaan akan semakin panjang. Di tempat itu juga ia akan berkembang biak menjadi banyak.

Menyikapi hal tersebut, menjaga kebersihan sangat penting untuk dilakukan karena merupakan salah satu penyebab rayap masuk ke dalam rumah. Sebenarnya tak hanya rayap, dengan selalu menjaga kebersihan maka serangga lain seperti kecoa juga tidak akan singgah ke dalam rumah anda. Serangga serangga seperti itu memang identik dengan tempat yang kotor dan tidak terawat.

2. Rumah yang Lembab

Pernahkah anda melihat laron beterbangan setelah hujan sehari semalam? Kondisi seperti inilah yang disukai oleh kebanyakan serangga. Saat terjadi hujan maka kelembaban di wilayah tersebut juga akan meningkat, tak heran jika laron banyak yang berdatangan. Jika banyak laron maka anda harus menjauhkan kayu kayu yang basah agar tidak menjadi sarang rayap.

Rayap sangat menyukai kayu karena memang kayu merupakan sumber selulosa yang merupakan makanan utama dari rayap. Kayu yang semula kuat lama kelamaan akan keropos bagian dalamnya. Keroposnya kayu menjadi salah satu tanda bahwa rayap telah membentuk koloni sehingga anda dapat buang jauh jauh kayu tersebut sebelum rayap merusak perabot lainnya.

3. Tanah yang Subur

Tanah yang subur merupakan salah satu tempat yang sangat disukai rayap. Jika anda membangun rumah maka akan lebih aman jika anda mencari wilayah yang tanahnya terlihat tidak subur. Jika rumah anda dulunya adalah lahan yang subur, maka memiliki potensi yang tinggi sebagai salah satu penyebab rayap masuk ke dalam rumah.

Tanah yang subur merupakan tempat yang baik untuk tumbuhnya koloni rayap, mengapa demikian? Karena pada lahan yang subur terdapat banyak zat organik yang terkandung didalam tanah. Senyawa organik inilah yang dapat menjadi salah satu sumber nutrisi bagi koloni rayap. Sebenarnya tak hanya rayap, serangga lain juga banyak yang tinggal dalam tanah yang subur.

4. Udara Dingin

Udara yang dingin identik dengan kondisi yang lembab. Tak heran jika saat udara dingin maka rayap akan semakin aktif untuk membentuk koloni baru dan mencari tempat tinggal layak lainnya. Untuk mensiasati hal tersebut, saat musim penghujan anda dapat mengamankan segala produk furniture anda agar tidak basah terkena air.

Tersedianya banyak furniture kayu terutama di luar rumah bisa menjadi salah satu penyebab rayap masuk ke dalam rumah. Ditakutkan jika suatu saat anda membawa barang tersebut masuk ke dalam rumah, rayap akan semakin menyebar. Jika hal ini terjadi maka akan lebih sulit untuk dibasmi.

Demikianlah 4 penyebab rayap dapat masuk ke dalam rumah. Jika anda menemukan gejala serangan rayap, akan lebih baik untuk mengatasinya sebelum jumlah rayap akan semakin banyak. Rayap dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Anda dapat menggunakan jasa FUMIDA sebagai salah satu jasa pembasmi serangga yang terpercaya.

Leave Comment

FUMIDA sangat bangga dapat menjadi partner dalam menjaga kenyamanan di rumah maupun perusahaan Anda. Jangan ragu mempercayakan Fumida untuk mengendalikan hama pada bangunan Anda karena kami selalu menjaga kepercayaan yang Anda berikan.

PT Fumida Pestindo Jaya

Kirimkan Kami Pesan

    [recaptcha id:1 class:g-recaptcha theme:light]

    Call Now ButtonTelp Sekarang 0822-1123-1123